10 February 2019

Hati-Hati, 7 Jenis Pekerjaan Ini Rentan Terkena Nyeri Punggung

Hati-Hati, 7 Jenis Pekerjaan Ini Rentan Terkena Nyeri Punggung

Halodoc, Jakarta - Apa pun jenis pekerjaan yang kamu geluti sekarang, apakah itu hanya seorang pegawai bank, seorang desain grafis, hingga seorang akuntan pajak, memainkan peran besar dalam kesehatan kamu secara keseluruhan. Sayangnya, peran ini tidak ditunjukkan dengan cara yang baik.

Faktanya, ada beberapa profesi yang dapat menjadi penyebab nyeri punggung. Kamu mungkin tidak menyadarinya, karena gangguan kesehatan ini memakan waktu yang cukup lama hingga akhirnya kamu merasakannya. Lalu, apa saja jenis pekerjaan itu? Berikut ulasannya untuk kamu:

  • Pekerja Konstruksi

Mereka yang menggeluti pekerjaan konstruksi bangunan paling berisiko mengalami sakit punggung. Faktor risiko utama meliputi pengangkatan, penarikan, hingga berkali-kali membungkuk. Terdapat pula risiko ketegangan berulang dalam pilihan karier ini. Selain sakit punggung, risiko jatuh dan terluka juga tinggi.

  • Pekerja Gudang

Orang-orang yang bekerja di gudang juga menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menarik dan mengangkat. Gerakan mengangkat dan pergerakan yang membutuhkan kekuatan dalam jumlah besar adalah penyebab signifikan ketegangan punggung dalam profesi ini.

Baca juga: Sembuhkan Sakit Punggung dengan Akupuntur, Bisakah?

  • Layanan Publik

Dari petugas pemadam kebakaran yang berlomba-lomba untuk naik turun tangga dan mengangkat korban kebakaran hingga petugas kepolisian yang memerlukan reaksi cepat untuk membantu orang lain, tidak sedikit pekerja layanan publik mengalami nyeri punggung. Penyebab nyeri punggung ini berasal dari seringnya menghabiskan banyak waktu dengan duduk di mobil, yang lebih sering dilakukan oleh orang-orang ini.

  • Tenaga Medis Profesional

Dokter gigi, ahli bedah, dan dokter lain yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka dengan berdiri berisiko mengalami nyeri punggung yang terkait dengan pekerjaan.

Hal ini sering datang dari berbagai posisi yang dilakukan, mulai dari membungkuk, mengangkat, hingga berbagai pose tubuh yang kurang nyaman. Akibat dari kondisi kerja yang sering membuat para profesional medis berdiri berjam-jam, banyak yang akhirnya mengalami sakit punggung kronis.

Baca juga: 6 Penyebab Sakit Punggung dan Cara Mengatasinya

  • Perawat

Perawat memiliki tugas utama yaitu memindahkan pasien secara teratur, terlebih yang bekerja di panti jompo. Hal ini disebabkan karena kurangnya mobilitas banyak pasien. Selain itu, risiko juga terjadi karena banyaknya gerakan memegang, berputar dan mendorong.

  • Pengemudi Truk

Cedera punggung dan leher adalah salah satu cedera paling umum yang diidap pengemudi truk profesional. Mereka mengemudi selama 5 hingga 7 hari dalam seminggu, 8 hingga 10 jam dalam sehari bahkan lebih, puluhan ribu kilometer dalam setahun dengan waktu istirahat yang terbilang terbatas.

  • Petani dan Tukang Kebun

Nyeri punggung adalah hal yang biasa terjadi di kalangan petani karena kondisi fisik harian yang begitu menuntut. Banyak tugas bercocok tanam membutuhkan gerakan mengangkat, gerakan berulang, membungkuk, dan ketahanan berjalan. Begitu pula yang terjadi pada tukang kebun. Gerakan berulang ini menyebabkan cedera punggung berkepanjangan.

Baca juga: Jenis Sakit Punggung yang Perlu Diketahui

Itu tadi jenis pekerjaan yang menjadi penyebab nyeri punggung. Namun, kamu tetap bisa melakukan tindakan pencegahan. Caranya bisa kamu tanyakan langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Jadi, download segera aplikasi Halodoc di ponsel kamu, yuk!