05 June 2018

Sembuhkan Sakit Punggung dengan Akupuntur, Bisakah?

Sembuhkan Sakit Punggung dengan Akupuntur, Bisakah?

Halodoc, Jakarta – Meski terdengar sepele, kamu tidak boleh menganggap remeh sakit punggung atau rasa nyeri di bagian tulang belakang. Rasa sakit di punggung bisa menjadi pemicu terjadinya kelainan tulang belakang atau ada saraf di bagian punggung yang terjepit, sehingga menimbulkan rasa nyeri yang amat sangat.

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan di Amerika Serikat, sakit punggung menjadi salah satu jenis penyakit dengan jumlah pengidap paling banyak. Lalu, pengobatan seperti apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit punggung ini? Operasi mungkin menjadi salah satu cara yang paling banyak dipilih. Namun, kamu bisa mempertimbangkan metode lain, yaitu akupuntur.

Akupuntur Bisa Menyembuhkan Sakit Punggung

Diadaptasi dari Cina, akupuntur merupakan metode pengobatan dengan menggunakan media jarum tipis. Jarum ini akan ditusukkan ke dalam kulit di titik tertentu pada tubuh, seperti wajah atau punggung. Uniknya, kamu tidak akan merasakan sakit seperti saat tubuh kamu tertusuk jarum saat menjalani proses pengobatan ini.

Faktanya, dibandingkan dengan pengobatan medis lainnya, akupuntur ternyata menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengatasi sakit punggung. Hal ini dibuktikan dalam hasil penelitian yang telah dilakukan oleh University Medical Center of Berlin yang menyatakan bahwa pengidap sakit punggung yang menerima pengobatan akupuntur secara teratur ternyata mengalami perbedaan yang sangat signifikan.

(Baca juga: 3 Penyebab Nyeri Punggung yang Jarang Diketahui)

Hasil studi ini diperkuat oleh penelitian lain yang dilakukan oleh Memorial Sloan-Kettering Department of Epidemiology and Biostatistics yang mengungkapkan bahwa pengobatan akupuntur ternyata bisa mengurangi beberapa penyakit kronis, seperti sakit kepala kronis, sakit punggung dan leher, serta osteoarthritis. Pastinya, kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk proses pemulihan seperti ketika kamu memilih metode operasi untuk mengatasi sakit punggung.

Bagaimana Cara Kerja Akupuntur untuk Atasi Sakit Punggung?

Saat jarum-jarum akupuntur ditusukkan pada kulit kamu, terjadi stimulasi pada titik akupuntur tersebut dengan melepaskan hormon dinorfin dan endorfin, dua hormon yang berperan sebagai pereda sakit alami yang langsung berasal dari dalam tubuh. Stimulasi ini juga turut merilis suatu substansi kimia yang mampu memengaruhi mood dan persepsi rasa nyeri, serta suatu zat yang bertugas untuk membawa pesan penyembuhan penyakit pada tubuh, juga mengaktifkan kelenjar adrenal dalam tubuh.

Intinya, akupuntur bekerja secara langsung dalam memengaruhi sistem saraf tubuh. Misalnya, kamu sedang mengidap nyeri punggung dan terdapat otot yang tegang di bagian tersebut. Tusukan jarum akupuntur akan langsung membuat otot tersebut mengendur. Cara kerja ini juga sama untuk pengidap saraf terjepit. Meski begitu, jika ternyata penyakit yang kamu alami cukup parah, kamu tetap harus menjalani operasi sebagai cara terakhir.

(Baca juga: Agar Terhindar dari Nyeri Punggung Saat Bekerja, Kamu Harus Lakukan Gerakan Ini!)

Berikan Perhatian Lebih untuk Kesehatan Punggung

Punggung kamu tersusun atas struktur kompleks yang terdiri dari otot, tulang, tendon, ligamen, dan tulang rawan yang berperan sebagai bantalan yang berada di antara kedua tulang punggung. Nyeri punggung yang kamu alami bisa berasal dari kelainan atau masalah yang terjadi dari salah satu bagian tersebut. Beberapa faktor lain yang memicu terjadinya sakit punggung adalah obesitas, usia, kekuatan otot, hingga pola hidup yang tidak sehat.

Tak harus dengan akupuntur, kamu bisa mengatasi sakit punggung cukup dengan rutin berolahraga, terutama melakukan gerakan aerobik, berenang, atau berjalan kaki. Kamu juga bisa langsung bertanya pada dokter jika mengalami gejala sakit punggung yang tidak biasa. Supaya lebih mudah, pakai aplikasi Halodoc. Fitur live chat akan langsung menghubungkan kamu dengan dokter ahli sesuai bidangnya. Aplikasi Halodoc bisa kamu download di ponsel Android atau iPhone.