05 December 2018

7 Sayuran untuk Kesehatan Ginjal

7 sayuran untuk kesehatan ginjal

Halodoc, Jakarta – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang dikenal akan peran pentingnya untuk menghilangkan kotoran dan racun dari dalam tubuh. Namun selain itu, ginjal juga masih punya banyak fungsi lainnya, antara lain mengendalikan tekanan darah, mengatur penyerapan air, mengontrol keasaman dalam tubuh, dan menyeimbangkan kadar elektrolit (kalium, fosfor, dan kalsium). Itulah mengapa menjaga kesehatan ginjal sangat penting agar organ tersebut tetap dapat berfungsi dengan baik. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan mengonsumsi sayur-sayuran. Dengan mengonsumsi sayur-sayuran berikut, bisa memperingan kerja ginjal, apalagi bagi kamu yang punya gangguan ginjal.

1. Kubis

Kubis merupakan salah satu sayuran dengan gizi lengkap. Kubis mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko kanker, penyakit kardiovaskular, dan disfungsi ginjal. Selain itu, kubis juga diperkaya dengan kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan ginjal.

2. Asparagus

Kandungan asparagin dalam asparagus memang menyebabkan sayuran yang satu ini memiliki aroma yang kuat. Namun, kandungan tersebut juga lah yang bermanfaat untuk membersihkan ginjal. Selain itu, asparagus juga kaya akan antioksidan, vitamin C, dan serat. Jadi, kalau kamu ingin ginjalmu senantiasa sehat, tambahkan asparagus ke dalam menu diet kamu.

3. Kembang Kol

Kembang kol kaya akan vitamin C, folat, serat, dan senyawa yang penting bagi hati untuk menetralisir zat beracun di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi kembang kol secara rutin, maka kesehatan dan fungsi ginjalmu akan tetap terjaga.

4. Paprika Merah

Selanjutnya, ada paprika merah yang tidak hanya berwarna cantik, tapi juga baik untuk ginjal karena rendah potassium. Kandungan vitamin C, B6, A, asam folat dan serat juga membuat paprika menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi secara rutin. Selain itu, paprika merah juga berkhasiat untuk melindungi kamu dari risiko kanker berkat kandungan lycopene antioksidan yang terdapat di dalamnya.

5. Bawang Putih

Walaupun baunya sangat menyengat, tapi nyatanya bawang putih memiliki khasiat yang besar dalam menjaga kesehatan ginjal, lho. Bawang putih mengandung quercetin yang dapat membantu mencegah kerusakan ginjal bagi perokok. Sedangkan untuk orang yang tidak merokok, quercetin dan lemak membantu fungsi ginjal dalam menyaring darah dari kotoran.   

Bawang putih juga bersifat diuretik, sehingga dapat membantu menghilangkan garam dari dalam tubuh dan membuat ginjal menghasilkan natrium lebih banyak lagi.

6. Lobak

Lobak merupakan sayuran renyah yang bisa kamu tambahkan dalam menu makananmu untuk ginjal yang sehat. Hal ini karena lobak memiliki kandungan kalium yang rendah, tapi kaya akan fosfor dan nutrisi penting lainnya. Lobak merupakan sumber vitamin C dan antioksidan yang telah terbukti mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan katarak.

7. Jamur Shiitake

Jamur shiitake bisa dikonsumsi sebagai pengganti daging nabati bagi kamu yang sedang menjalani diet ginjal, tapi perlu membatasi protein. Jamur ini kaya akan vitamin B, tembaga, mangan, dan selenium. Selain itu, jamur shiitake juga mengandung sejumlah protein nabati dan serat serta rendah potassium, sehingga makanan ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi kesehatan ginjal.

Nah, itulah beberapa sayuran yang bisa kamu konsumsi untuk ginjal yang sehat. Kalau kamu punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter, gunakan saja aplikasi Halodoc. Caranya gampang, cukup hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, dan dokter Halodoc siap membantumu kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: