• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Sayuran untuk Kesehatan Ginjal
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Sayuran untuk Kesehatan Ginjal

7 Sayuran untuk Kesehatan Ginjal

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 September 2021
7 Sayuran untuk Kesehatan Ginjal

“Dipercaya jika konsumsi sayuran secara rutin dapat menjaga kesehatan ginjal sehingga terhindar dari gagal ginjal. Ada beberapa sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin, seperti kubis, kembang kol, dan lobak.”

Halodoc, Jakarta – Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting dalam menghilangkan kotoran dan racun di dalam tubuh. Bukan hanya itu, ginjal juga berguna untuk mengendalikan tekanan darah, mengatur penyerapan air, dan menyeimbangkan kadar elektrolit di dalam tubuh.

Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal agar dapat berfungsi dengan normal sehingga tidak ada masalah yang terjadi saat terganggu. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, salah satunya adalah dengan mengonsumsi sayur-sayuran. Nah, ketahui beberapa sayuran yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal pada ulasan berikut ini!

Baca juga: Cari Tahu Pentingnya Fungsi Ginjal bagi Tubuh

Sayuran yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Jika kamu ingin menerapkan diet sehat untuk mendapatkan ginjal yang sehat dan berfungsi dengan baik, pastikan untuk memasukkan beberapa sayuran pada pola makan harian. Terlebih jika kamu sudah mengidap penyakit ginjal layaknya gagal ginjal. Umumnya, beberapa makanan memang dapat membantu ginjal untuk tetap sehat, tetapi tidak semuanya.

Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa sayuran yang sangat baik untuk dikonsumsi agar ginjal tetap sehat dan dapat menurunkan risiko terjadinya gangguan ginjal, termasuk gagal ginjal. Berikut adalah beberapa sayuran yang disarankan:

1. Kubis

Kubis merupakan salah satu sayuran dengan gizi lengkap yang baik untuk menjaga ginjal tetap sehat dan menghindari gagal ginjal. Sayuran ini mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko kanker, penyakit kardiovaskular, dan disfungsi ginjal. Selain itu, kubis juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan ginjal.

2. Asparagus

Kandungan asparagin dalam asparagus yang membuat sayuran yang satu ini memiliki aroma yang kuat. Namun, kandungan tersebut juga lah yang bermanfaat untuk membersihkan ginjal sehingga menurunkan risiko penyakit, termasuk gagal ginjal. Selain itu, asparagus juga kaya akan antioksidan, vitamin C, dan serat. Untuk menjaga kesehatan ginjal, ada baiknya untuk menambahkan asparagus pada menu makanan harian kamu.

Baca juga: Terlalu Banyak Kalsium, Hati-Hati Batu Ginjal

3. Kembang Kol

Kembang kol termasuk salah satu sayuran yang kaya akan vitamin C, folat, serat, dan senyawa. Kandungan ini penting untuk kesehatan ginjal untuk menetralisir zat beracun di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi kembang kol secara rutin, maka kesehatan dan fungsi ginjalmu akan tetap terjaga dan terhindar dari penyakit gagal ginjal.

4. Paprika Merah

Selanjutnya, ada paprika merah yang tidak hanya berwarna cantik, tapi juga baik untuk ginjal karena rendah potassium. Kandungan vitamin C, B6, A, asam folat dan serat juga membuat paprika menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi secara rutin. Selain itu, paprika merah juga berkhasiat untuk melindungi kamu dari risiko kanker berkat kandungan lycopene antioksidan yang terdapat di dalamnya.

5. Bawang Putih

Walaupun baunya sangat menyengat, tapi nyatanya bawang putih memiliki khasiat yang besar dalam menjaga kesehatan ginjal, lho. Kandungan quercetin pada bawang putih dapat membantu dalam mencegah kerusakan ginjal bagi perokok. Sedangkan untuk orang yang tidak merokok, quercetin dan lemak membantu fungsi ginjal dalam menyaring darah dari kotoran.  

Bawang putih juga bersifat diuretik, sehingga dapat membantu tubuh dalam menghilangkan garam dari dalam tubuh dan membuat ginjal menghasilkan natrium lebih banyak lagi. Jika kamu terbilang banyak mengonsumsi makanan asin, ada baiknya diseimbangkan dengan konsumsi bawang putih secara rutin.

Baca juga: 5 Tanda Awal Gagal Ginjal yang Perlu Diketahui

6. Lobak

Lobak merupakan sayuran renyah yang bisa kamu tambahkan dalam menu makananmu untuk ginjal yang sehat. Hal ini karena lobak memiliki kandungan kalium yang rendah, tapi kaya akan fosfor dan nutrisi penting lainnya. Bukan hanya itu, lobak merupakan sumber vitamin C dan antioksidan yang telah terbukti mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan katarak.

7. Jamur Shiitake

Jamur shiitake bisa dikonsumsi sebagai pengganti daging nabati bagi kamu yang sedang menjalani diet ginjal, tapi perlu membatasi protein. Jamur ini kaya akan vitamin B, tembaga, mangan, dan selenium. Selain itu, jamur shiitake juga mengandung sejumlah protein nabati dan serat serta rendah potassium, sehingga makanan ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi kesehatan ginjal.

Nah, itulah beberapa sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari guna menjaga kesehatan ginjal. Cara ini juga sangat baik untuk menghindari gagal ginjal yang dapat berbahaya saat terjadi. Bukan hanya ginjal, ada banyak manfaat lainnya yang bisa dirasakan oleh tubuh saat mengonsumsi sayuran tersebut secara rutin.

Lalu, jika kamu mempunyai pertanyaan tentang makanan sehat untuk ginjal atau memiliki masalah kesehatan dan butuh saran dokter, gunakan saja aplikasi Halodoc. Caranya gampang, cukup hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, dan dokter Halodoc siap membantumu kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. The 20 Best Foods for People with Kidney Disease.
Davita. Diakses pada 2021. A DaVita Dietitian's Top 15 Healthy Foods for People with Kidney Disease.