• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Ciri-ciri Kanker Serviks yang Perlu Diwaspadai

8 Ciri-ciri Kanker Serviks yang Perlu Diwaspadai

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
8 Ciri-ciri Kanker Serviks yang Perlu Diwaspadai

Halodoc, Jakarta – Kanker serviks merupakan penyakit berbahaya yang perlu diwaspadai wanita. Penyakit yang berawal pada leher rahim ini bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain, sehingga bisa membahayakan nyawa pengidapnya.

Sayangnya, pada tahap awal, ciri kanker serviks mungkin tidak terlalu terlihat jelas. Bahkan pengidap bisa tidak mengalami gejala apapun hingga kanker mencapai stadium akhir. Itulah mengapa kanker serviks seringkali terlambat ditangani. Padahal peluang kanker serviks untuk disembuhkan lebih besar bila diobati lebih dini. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri kanker serviks agar penyakit tersebut bisa terdeteksi sedini mungkin.

Baca juga: Usia Berapa Wanita Harus Sadar Kanker Serviks?

Ciri-ciri Kanker Serviks

Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah jenis kanker yang terjadi di sel-sel leher rahim yang disebabkan oleh human papilloma virus atau HPV. Meskipun gejala kanker serviks baru muncul saat kanker sudah berkembang, namun ada beberapa hal yang bisa menjadi ciri-ciri kanker serviks:

1. Keputihan Tidak Normal

Keputihan yang tidak normal merupakan salah satu ciri kanker serviks. Kamu perlu waspada bila muncul keputihan yang lendirnya mengalami perubahan warna, berbau tidak sedap, serta teksturnya berubah.

Meski begitu, keputihan yang tidak biasa ini juga bisa disebabkan oleh penyakit lain. Karena itu, kamu dianjurkan untuk berbicara pada dokter bila mengalami kondisi ini.

2. Nyeri saat Berhubungan Intim

Pada tahap yang lebih lanjut, ciri kanker serviks yang bisa terjadi adalah nyeri saat berhubungan intim. Jadi, bila kamu mengalami keluhan ini, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebabnya. Pasalnya, selain dikaitkan dengan kanker serviks, nyeri saat berhubungan intim juga bisa disebabkan oleh penyakit lain yang juga perlu mendapat perhatian khusus, seperti endometriosis.

3. Perdarahan Vagina yang Tidak Normal

Perdarahan vagina yang tidak normal, seperti perdarahan setelah berhubungan seks, perdarahan setelah menopause, perdarahan dan bercak di antara periode menstruasi, atau memiliki menstruasi yang lebih lama atau lebih berat dari biasanya, bisa menjadi ciri kanker serviks. Selain itu, perdarahan setelah douching pun juga bisa terjadi.

Baca juga: Mitos Tentang Ciri Kanker Serviks yang Terbukti Salah

4. Nyeri Panggul

Nyeri panggul yang terjadi di luar siklus menstruasi normal juga bisa menjadi ciri khas kanker serviks. Nyeri bisa tajam atau tumpul, menyebar atau hanya di satu area tertentu. Bagaimanapun rasa nyeri adalah cara tubuh memberikan sinyal peringatan. Jadi, segera periksakan diri ke dokter bila kamu mengalaminya.

5. Masalah dalam Buang Air Kecil

Kanker serviks terkadang bisa mengubah kebiasaan buang air kecil seorang wanita menjadi lebih sering dari biasanya. Jadi, berhati-hatilah bila kamu terus menerus ingin buang air kecil. Tidak hanya itu, penyumbatan ginjal juga bisa terjadi akibat kanker serviks. Penyumbatan ginjal bisa menyebabkan rasa tidak nyaman atau terkadang sulit buang air kecil.

6. Pembengkakan pada Kaki

Kanker serviks yang sudah memasuki stadium lanjut biasanya bisa menyebabkan berbagai komplikasi. Salah satunya adalah pembengkakan pada kaki. Kondisi ini terjadi ketika sel kanker menekan pembuluh darah di panggul, sehingga menghambat aliran darah ke kaki. Akibatnya, terjadi penumpukan cairan yang menyebabkan kaki menjadi bengkak.

7. Kehilangan Nafsu Makan

Ciri kanker serviks lainnya adalah menurun atau hilangnya nafsu makan. Hal ini karena sel kanker yang sudah menyebar bisa menyebabkan metabolism tubuh berubah, sehingga bisa memengaruhi nafsu makan. Penurunan berat badan drastis tanpa penyebab yang jelas juga perlu dicurigai sebagai gejala kanker.

8. Kelelahan

Kelelahan juga bisa menjadi gejala yang dialami pengidap kanker serviks. Perdarahan tidak normal dari vagina yang dialami pengidap lama kelamaan bisa membuat tubuhnya kekurangan sel darah merah atau anemia, sehingga akhirnya menyebabkan kelelahan.

Baca juga: Ketahui Pemeriksaan Penting untuk Cegah Kanker Serviks

Itulah ciri-ciri kanker serviks yang perlu diwaspadai. Namun, ciri-ciri di atas juga bisa disebabkan oleh kondisi atau penyakit lainnya. Jadi, penting untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebabnya. Kamu juga bisa membicarakan gejala kesehatan yang kamu alami pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
American Cancer Society. Diakses pada 2021. Signs and Symptoms of Cervical Cancer.
WebMD. Diakses pada 2021. Cervical Cancer.
Weill Cornell Medicine. Diakses pada 2021. Learn the Common Signs and Symptoms of Cervical Cancer
UnityPoint Quad Cities. Diakses pada 2021. 7 Signs Of Cervical Cancer.