14 October 2018

8 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

8 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Plum menjadi salah satu buah yang memiliki warna menarik dan rasa yang lezat. Meskipun tidak tumbuh di Indonesia, kamu tetap bisa mendapatkannya di supermarket bahkan pasar tradisional. Buah plum telah terbukti kaya akan gizi karena mengandung banyak antioksidan, mineral, serat, dan vitamin yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Untuk lebih mengenal buah plum, yuk cari tahu manfaat buah plum di bawah ini.

1. Menurunkan Kolesterol

Serat larut yang ada dalam buah plum bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kamu. Kandungan ini bisa membersihkan racun yang ada dalam empedu dan membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat.

2. Kaya Antioksidan

Buah plum mengandung banyak antioksidan yang mampu mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Buah plum mengandung antioksidan polifenol yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang dan meminimalkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Antioksidan juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi inflamasi dan mencegah kerusakan sel. Jumlah antioksidan polifenol bisa mencapai dua kali lipat lebih tinggi dari nektarin dan buah persik. Selain itu, plum juga mempunyai antioksidan yang aktif, yakni antosianin yang berkhasiat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

3. Mengandung Banyak Nutrisi

Buah plum banyak mengandung vitamin dan mineral yang berbeda serta serat dan antioksidan. Beberapa kandungannya, yakni vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, magnesium, zat besi, kalium, mineral, fenol, dan beberapa kandungan lainnya. Buah ini juga termasuk rendah kalori. Satu buah plum juga hanya mengandung sejumlah kecil vitamin B, fosfor, dan magnesium.

4. Mempertajam Penglihatan

Kandungan vitamin A dalam buah plum bisa membantu menjaga kesehatan mata dan membuat selaput lendir mata lebih sehat. Kandungan serat buah plum yang disebut dengan zea xanthin juga berguna untuk menjaga kesehatan retina.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah plum yang dikeringkan bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang. Di mana buah plum sendiri bisa membantu menurunkan risiko pelemahan tulang seperti osteoporosis dan osteopenia. Buah plum dipercaya bisa mencegah tulang yang keropos dan mengembalikan kondisi tulang yang sudah keropos.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah plum lainnya adalah untuk melindungi jantung dari kerusakan. Buah plum dipercaya bisa mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol yang menjadi penyebab penyakit jantung. Manfaat buah plum untuk kesehatan jantung ini diperoleh dari adanya kandungan serat, kalium, dan antioksidan yang tinggi.

7. Mencegah Kanker

Buah plum juga mengandung pigmen yang disebut dengan anthocyanin. Kandungan ini berguna melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan kanker. Ada pula kandungan beta-karoten di dalamnya yang membantu melindungi tubuh dari senyawa penyebab kanker, khususnya kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

8. Meredakan Sembelit

Adanya kandungan serat yang tinggi dalam buah plum bermanfaat untuk meredakan sembelit. Plum banyak mengandung serat yang tidak larut. Hal ini bisa mempercepat laju buang air besar dalam saluran pencernaan.

Itulah delapan manfaat buah plum untuk kesehatan. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang buah plum atau makanan sehat yang membawa manfaat bagi kesehatan lainnya, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berkomunikasi dengan dokter. Melalui aplikasi kesehatan ini kamu bisa memilih apakah ingin berbicara dengan dokter melalui fitur Contact Doctor via Chat, dan Voice/Video Call. Untuk menggunakan aplikasi Halodoc, kamu perlu download aplikasi Halodoc di App Store maupun, Google Play.

Baca juga: