Alami Episkleritis, Lakukan 5 Perawatan Rumahan Ini

Alami Episkleritis, Lakukan 5 Perawatan Rumahan Ini

Halodoc, Jakarta – Episkleritis adalah kondisi gangguan kesehatan pada mata. Kondisi ini adalah peradangan yang terjadi diantara jaringan sklera dan konjungtiva pada mata. Sklera merupakan lapisan putih pada bola mata, sedangkan konjungtiva adalah lapisan yang melapisi sklera. Peradangan yang kamu alami membuat mata terlihat memerah. Namun, jangan khawatir kondisi ini masih tergolong dalam kondisi kesehatan yang ringan.

Baca juga: Cara Sederhana Tingkatkan Kemampuan Mata

Gejala Episkleritis

Ada beberapa gejala yang dialami pengidap episkleritis, namun gejala yang paling terlihat adalah mata menjadi kemerahan. Kondisi ini bisa dialami oleh salah satu sisi mata atau kedua mata. Selain itu, pengidap episkleritis juga mengalami kondisi mata yang berair, sensitif terhadap cahaya, sensasi mata yang panas dan gatal, serta terasa seperti ada benda asing pada mata.

Ada dua jenis kondisi episkleritis yang tentu berbeda satu sama lain. Pertama adalah episkleritis sederhana, jenis yang paling banyak terjadi. Kondisi episkleritis sederhana menyebabkan satu atau kedua mata memerah dan menyebabkan rasa tidak nyaman pada mata. Kedua adalah episkleritis nodular. Kondisi ini membuat adanya benjolan yang meradang di sekeliling pembuluh darah. Seseorang yang mengalami kondisi ini mengalami rasa yang lebih tidak nyaman dibandingkan kondisi episkleritis sederhana.

Baca juga: Bagaimana Vitamin Memengaruhi Kesehatan Mata?

Diagnosis Episkleritis

Penyebab dari kondisi episkleritis belum diketahui secara pasti. Tapi, episkleritis bisa muncul akibat adanya gangguan kesehatan karena penyakit yang lain seperti lupus, rheumatoid arthritis, dan crohn’s disease.

Sebelum memastikan kondisi kesehatan mata kamu, ada beberapa tes yang dilakukan dokter untuk mendiagnosis kondisi episkleritis. Selain dengan melakukan tes pada mata, dokter akan memeriksa kondisi mata kamu. Ketika perubahan warna mata lebih ke biru daripada merah, kondisi ini memungkinkan adanya penyakit lain dibandingkan episkleritis.

Perawatan Episkleritis

Jika kondisi episkleritis bukan disebabkan karena adanya komplikasi penyakit lain, kondisi ini nyatanya bisa hilang dengan sendirinya. Jika kondisi ini cukup mengganggu dan membuat kamu merasa tidak nyaman mengunjungi dokter mata bisa menjadi pilihan. Gunakan perawatan di rumah untuk mengobati episkleritis, yaitu:

1. Mengompres Mata

Lakukan pengompresan terhadap mata ketika kamu mengalami episkleritis. Gunakan es batu yang sudah dibalut dengan handuk lembut untuk mengompres mata yang tertutup agar kondisi episkleritis segera membaik. Kamu bisa menggunakan kompres mata yang berbahan alami seperti buah timun atau kantong teh yang sudah didinginkan.

2. Menggunakan Obat Tetes Mata

Kamu bisa menggunakan obat tetes mata untuk mengurangi gejala yang diakibatkan dari kondisi episkleritis.

3. Gunakan Pelindung Mata

Gunakan pelindung mata ketika keluar ruangan pada siang hari. Hal ini untuk mengurangi gejala episkleritis agar tidak mengganggu kegiatan sehari-hari.

4. Istirahatkan Mata

Saat di rumah, sebaiknya istirahat mata. Kurangi penggunaan gadget atau kegiatan yang membuat mata menjadi lelah.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat

Tidak ada salahnya mengonsumsi makanan yang sehat untuk mata kamu agar nutrisi dan gizi untuk mata selalu terpenuhi. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari gangguan kesehatan mata.

Sebaiknya, kamu rutin untuk melakukan cek kesehatan, khususnya kesehatan mata. Pengecekan ini untuk mengetahui gangguan yang ada pada mata lebih dini. Jika kamu memiliki keluhan terhadap kesehatan mata kamu, gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: 7 Cara Mudah Dalam Menjaga Kesehatan Mata