• Home
  • /
  • Alami Hipotiroidisme, Haruskah Hindari Garam?

Alami Hipotiroidisme, Haruskah Hindari Garam?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Alami Hipotiroidisme, Haruskah Hindari Garam?

Halodoc, Jakarta – Sebagian besar pengidap hipotiroidisme harus bergantung pada obat-obatan, bahkan beberapa di antaranya harus mengonsumsinya seumur hidup. Sayangnya, tidak sedikit pula pengidap yang mengaku lupa mengonsumsi obat ini secara rutin, yang mengakibatkan kambuhnya gejala masalah kesehatan ini. Apabila kamu adalah salah satunya, sebaiknya imbangi dengan pola hidup dan pola makan yang sehat agar gejalanya tidak memburuk. 

Pola Hidup dan Pola Makan Pengidap Hipotiroidisme, Harus Hindari Garam?

Sebenarnya, adakah cara lain untuk mengurangi tingkat keparahan gejala hipotiroidisme selain mengonsumsi obat-obatan? Pola hidup dan pola makan yang baik dapat membantu meringankan gejalanya, tetapi tetap tidak bisa menggantikan pengobatan medis yang kamu jalani. Kamu harus tetap mengonsumsi obat secara teratur agar gejalanya tidak berkembang semakin buruk. 

Baca juga: Susah Turun Berat Badan, Mungkinkah Hipotiroid?

Lalu, pola hidup dan pola makan yang seperti apa yang dianjurkan untuk pengidap hipotiroidisme? 

  • Makanan yang Dianjurkan dan Dipantang

Ternyata, gejala hipotiroidisme bisa sering kambuh karena pola makan yang kurang tepat. Makan tidak teratur yang menjadi kebiasaan juga bisa mengakibatkan kenaikan berat badan yang mengacu pada semakin buruknya gejala hipotiroidisme. Sudah pasti, memilih makanan yang tepat dan menghindari jenis makanan tertentu bisa membantu mengendalikan tingkat keparahan gejalanya. 

Sebenarnya, tidak ada jenis makanan khusus yang dapat membantu meningkatkan kadar hormon dalam tubuh atau mengobati masalah hipotiroidisme hingga sembuh. Meski begitu, memang ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk sering dikonsumsi agar gejala yang terjadi lebih mudah dikendalikan. 

Makanan yang dianjurkan ini termasuk sayuran, buah-buahan, omega-3, serat, dan protein tanpa lemak. Semuanya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga kesehatan pun lebih terjaga dan tubuh aman dari serangan penyakit. Misalnya, makanan yang tinggi kandungan seratnya dapat membantu tubuh menyerap obat hipotiroid lebih mudah dan lebih maksimal. 

Baca juga: Jangan Dianggap Remeh, Hipotiroidisme Bisa Berakibat Fatal

Sementara itu, makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pengidap hipotiroidisme termasuk makanan dengan kandungan garam tinggi, termasuk mi instan dan kentang goreng. Pasalnya, hipotiroidisme berisiko dengan tekanan darah tinggi, sehingga asupan garam harus dibatasi.

Lalu, makanan yang berbahan dasar kedelai yang justru bisa menurunkan efektivitas dari obat hipotiroid dan sayuran seperti brokoli, pakcoy, dan kubis yang mengganggu sintesis hormone tiroid karena mengandung senyawa goitrin.

  • Aktivitas Fisik seperti Olahraga

Olahraga seperti obat alami untuk kesehatan tubuh, karena bisa meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke bagian kelenjar tiroid. Jalan kaki ringan, jogging, yoga, berenang, atau olahraga apa pun yang kamu sukai baik untuk dilakukan asal tidak berlebihan.

Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pada dokter sebelum memulai olahraga tertentu ya, bisa jadi olahraga pilihanmu tidak cocok dengan kondisi kesehatanmu. Kamu bisa bertanya pada dokter kapan saja melalui aplikasi Halodoc, jadi tidak perlu repot dan menunggu lama lagi. 

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Gondok dan Kanker Tiroid

  • Tidak Merokok dan Mengendalikan Stres

Terkait dengan masalah hipotiroidisme, semua zat berbahaya yang terkandung dalam rokok bisa mengakibatkan terganggunya produksi hormon tiroid. Tidak hanya itu, kandungan zat tersebut juga menjadikan penyerapan obat tiroid menjadi kurang efektif. Jadi, sebaiknya berhentilah merokok. 

Tidak kalah pentingnya, kendalikan stres dengan melakukan aktivitas yang kamu sukai, seperti mendengarkan musik, berolahraga, membaca buku, atau pergi ke pusat perbelanjaan. Stres dapat menjadikan metabolisme tubuh menjadi lebih lambat, sehingga gejala hipotiroidisme bisa menjadi lebih buruk. Jadi, jangan sampai stres membuat kesehatan terganggu, ya!

Referensi: 
Verywell Health. Diakses pada 2020. 8 Best Practices for Taking Care of Yourself with a Thyroid Condition.
WebMD. Diakses pada 2020. Do Natural Treatments Work for Hypothyroidism?
Everyday Health. Diakses pada 2020. How Diet and Lifestyle Choices Can Help You Manage Hypothyroidism.