• Home
  • /
  • Amankah Minum Pil saat Alami Gangguan Menstruasi?

Amankah Minum Pil saat Alami Gangguan Menstruasi?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Amankah Minum Pil saat Alami Gangguan Menstruasi?

Halodoc, Jakarta – Setiap bulan, endometrium (lapisan rahim) mempersiapkan diri untuk memberi makan janin, namun jika pembuahan tidak terjadi, tubuh akan melepaskan endometrium sehingga menstruasi terjadi. Pada beberapa kasus, menstruasi bisa saja jadi tidak teratur, wanita pasti pernah mengalami kondisi semacam ini atau gangguan lain terkait menstruasi

Namun, wanita tak perlu khawatir berlebihan karena memiliki periode yang tidak teratur selama beberapa tahun pertama menstruasi adalah hal yang normal. Beberapa hal dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur, termasuk perubahan kadar hormon. Masalahnya, bagaimana jika kita merasa terganggu dengan ketidakteraturan ini dan kemudian mengonsumsi pil untuk meringankan gejala inu. Apakah hal tersebut aman jika dilihat dari sisi medis?

Baca juga: 7 Tanda Haid Tidak Normal yang Harus Kamu Waspadai

Minum Pil saat Alami Gangguan Menstruasi

Pada beberapa kasus, dokter mungkin akan meresepkan pil KB untuk mengatur periode karena mereka dapat membantu mengontrol kadar hormon. Sayangnya, kamu tidak bisa konsumsi obat ini karena ada beberapa efek samping yang bisa terjadi. Efek tersebut yaitu mual, kemungkinan kenaikan berat badan, sakit kepala, perubahan suasana hati, nyeri payudara, dan pembekuan darah.

Namun, kebanyakan wanita muda yang menggunakan pil KB tidak memiliki efek samping, atau mungkin ada efeknya tetapi sangat kecil. Jika anak perempuan menggunakan pil KB, maka sebaiknya ia tidak merokok karena merokok dapat meningkatkan risiko beberapa efek samping, seperti pembekuan darah.

Pil KB dapat menjadi cara yang efektif untuk mengatur periode. Namun, satu-satunya cara untuk mengetahui penyebab menstruasi tidak teratur dan untuk menemukan perawatan yang tepat untuk mengatasinya dengan memeriksakannya dengan dokter.

Kamu bisa diskusikan masalah ini terlebih dahulu dengan dokter di Halodoc melalui chat. Dokter akan selalu siaga memberikan semua tips dan saran kesehatan yang kamu perlukan untuk mengatasi gangguan menstruasi yang kamu alami.

Baca juga: Lebih Lengkap tentang Mitos & Fakta Menstruasi

Cara Alami untuk Atasi Gangguan Menstruasi

Selain dengan mengikuti pengobatan yang disarankan dokter, kamu bisa mengikuti cara alami berikut untuk atasi gangguan menstruasi, yaitu:

Yoga

Olahraga satu ini telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk berbagai masalah menstruasi. Sebuah studi 2013 dengan 126 peserta menemukan bahwa 35 hingga 40 menit yoga, 5 hari seminggu selama 6 bulan menurunkan kadar hormon yang berhubungan dengan menstruasi tidak teratur.

Yoga telah terbukti mengurangi nyeri haid dan gejala emosional yang terkait dengan menstruasi, seperti depresi dan kecemasan, dan meningkatkan kualitas hidup pada wanita dengan dismenore. Kamu bisa melakukan yoga sendiri di rumah dengan melihat video tutorial atau bergabung dengan kelas yoga.

Makanlah Nanas

Buah tropis satu ini adalah buah populer untuk atasi masalah menstruasi. Buah ini mengandung bromelain, enzim yang diklaim dapat melunakkan lapisan rahim dan mengatur menstruasi, meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikannya. Bromelain di dalam nanas diyakini memiliki sifat antiinflamasi dan menghilangkan rasa sakit. 

Baca juga: Mengapa Olahraga Baik Dilakukan saat Menstruasi?

Konsumsi Jahe

Jahe digunakan sebagai obat rumahan untuk mengobati menstruasi yang tidak teratur, meski penelitian lebih lanjut masih diperlukan. Hasil dari satu penelitian terhadap 92 wanita dengan perdarahan menstruasi yang berat menunjukkan bahwa suplemen jahe harian dapat membantu mengurangi jumlah darah yang hilang selama menstruasi.

Ini adalah penelitian kecil yang hanya mengamati anak perempuan usia sekolah menengah, sehingga dibutuhkan lebih banyak penelitian. Mengonsumsi 750 hingga 2.000 mg bubuk jahe selama 3 atau 4 hari pertama menstruasi terbukti sebagai pengobatan yang efektif untuk meringankan rasa nyeri. Studi lain menemukan mengonsumsi jahe selama tujuh hari sebelum menstruasi meredakan suasana hati yang buruk dan gejala sindrom pramenstruasi (PMS).

Itulah beberapa cara untuk mengatasi gangguan menstruasi. Hal penting lainnya yang juga harus dilakukan adalah menerapkan pola makan sehat dan selalu ingat minum air putih untuk mencegah dehidrasi saat menstruasi.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 8 Science-Backed Home Remedies for Irregular Periods
Kids Health. Diakses pada 2020. Should I Take Pills to Regulate My Period?