Anak Takut ke Dokter Gigi? Ikuti 5 Trik Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Anak Takut ke Dokter Gigi? Ikuti 5 Trik Ini

Halodoc, Jakarta - Hal yang normal jika seseorang mempunyai rasa takut, tidak terkecuali pada anak-anak. Tidak sedikit anak-anak yang takut untuk bertemu dengan dokter gigi, karena banyak bayangan negatif tentang hal tersebut. Padahal, semua hal tersebut tidak selalu sesuai dengan yang dibayangkannya.

Meskipun rasa takut tersebut akan hilang ketika ia sudah dewasa, mengatasi anak takut ke dokter gigi akan menjadi tantangan tersendiri. Ketakutan seorang anak untuk ke dokter gigi dapat disebut dengan fobia atau kecemasan dental. Walau begitu, terdapat beberapa cara untuk mengatasi anak takut ke dokter gigi, salah satunya bawa ke dokter gigi sejak dini.

Disebutkan bahwa hampir 20 persen anak usia sekolah takut untuk mengunjungi dokter gigi. Masalah ini terbilang masih sulit untuk diatasi orangtua, meskipun berbagai cara telah digunakan. Hal yang lebih buruk dapat terjadi jika anak tersebut memerlukan perawatan dari dokter gigi, tetapi fobia terhadap hal tersebut lebih besar.

Baca Juga : Usia Ideal Anak Pergi ke Dokter Gigi

Berikut adalah beberapa cara yang dapat ibu lakukan terhadap mengatasi anak takut ke dokter gigi, yaitu:

1. Mengunjungi Dokter Gigi Sejak Usia Dini

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak takut ke dokter gigi adalah dengan mengunjungi dokter gigi sejak ia berusia dini. Ibu dan ayah dapat memulainya paling tidak pada ulang tahun pertamanya. Hal tersebut bukan hanya dapat mengatasi rasa takut, tetapi juga dapat menjaga kesehatan mulut dan gigi dari gangguan di masa yang akan datang. Dengan cara ini, kamu dapat membangun kepercayaannya terhadap dokter gigi sedari dini.

2. Jadilah Panutan yang Baik

Menjadi panutan yang baik bagi anak adalah salah satu cara untuk mengatasi anak takut ke dokter gigi. Ibu dan ayah dapat membawa Si Kecil ketika melakukan kunjungan ke dokter gigi, sehingga ia mengetahui bagaimana yang sebenarnya terjadi. Perlihatkan apa yang dilakukan dokter terhadap ibu dan ayah, bahwa tidak sakit ketika gigi diperiksa.

Baca Juga : Mencegah Gigi Berlubang pada Anak

3. Bermain Latihan Peran

Orangtua dapat bermain latihan peran, seperti saat kunjungan ke dokter gigi dengan anak, yang dapat mengatasi rasa takut anak untuk ke dokter gigi. Kamu dapat berpura-pura menjadi dokter dan anak menjadi orang yang akan diperiksa. Hal tersebut dapat membuatnya menjadi terbiasa terhadap situasi yang terjadi di dokter gigi.

4. Buat Nyaman dan Alihkan Perhatiannya

Kamu dapat membuatnya nyaman sembari mengalihkan perhatiannya, supaya dapat mengatasi anak takut ke dokter gigi. Untuk anak-anak, pergi ke dokter gigi berarti menjauhkannya dari sesuatu yang membuatnya nyaman. Cobalah untuk bilang ke dokter agar dapat menemani anak kamu pada kunjungan pertama agar ia berani. Selain itu, juga tanyakan apakah diperkenankan untuk membawa benda favoritnya agar ia lebih berani.

5. Berikan Hadiah setelah Kunjungan ke Dokter Gigi

Kamu dapat mengatasi ketakutan anak untuk ke dokter gigi adalah dengan memberikan hadiah setelah kunjungan dilakukan. Sebagai contoh, kamu akan memberikannya boneka baru apabila ia bersedia untuk berkunjung ke dokter gigi. Selain itu, kamu juga dapat membawanya ke tempat yang ia suka sebagai hadiah.

Baca Juga : 5 Tips Cara Atasi Masalah Gigi Sensitif

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi anak takut ke dokter gigi. Jika Si Kecil mengalami masalah pada giginya, ayah dan ibu bisa membuat janji dengan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang juga!