27 June 2018

Mencegah Gigi Berlubang pada Anak

Mencegah gigi berlubang, Gigi anak, Kesehatan Gigi Anak

Halodoc, Jakarta - Anak-anak gemar sekali mengonsumsi makanan manis. Berbagai jenis permen dan cokelat dapat membuat anak-anak menjadi sangat bahagia hanya dengan mengonsumsinya. Namun, kebiasaan mengonsumsi makanan manis harus disertai dengan menjaga kebersihan gigi. Pasalnya, jika anak melewatkan kegiatan menggosok gigi setelah banyak mengonsumsi makanan manis dapat membuat gigi mereka berlubang. Maka dari itu, ibu sebaiknya memperhatikan dengan seksama kesehatan gigi anak. Berikut ini adalah kiat-kiat mencegah gigi berlubang pada anak yang bisa ibu lakukan.

Baca juga: Tips Memilih Sikat Gigi untuk Anak

Cara Mencegah Gigi Berlubang pada Anak

Jika anak-anak tidak rajin membersihkan giginya, sisa makanan yang ada dalam mulutnya akan menyebabkan pertumbuhan bakteri. Bakteri tersebut akan membuat mineral pada gigi menghilang, sehingga juga dapat menyebabkan gigi berlubang. Konsumsi makanan yang banyak, terutama makanan manis, dan disertai dengan buruknya kebersihan mulut dapat mempercepat proses gigi berlubang. Sebab, saliva dalam mulut tidak cukup melindungi gigi dari bakteri penyebab gigi berlubang. Maka dari itu, sebaiknya perhatikan cara-cara berikut ini untuk mencegah gigi berlubang pada anak.

  1. Ajarkan Anak Menyikat Gigi Secara Teratur

Menyikat gigi secara teratur dengan pasta gigi yang mengandung flouride dapat mencegah terjadinya gigi berlubang. Usahakanlah untuk menyikat gigi minimal sehari dua kali. Namun, kegiatan menyikat gigi dapat menjadi tantangan tersendiri bagi anak-anak. Anak-anak akan cenderung malas melakukan kegiatan ini.

Untuk menyiasatinya, cobalah untuk mengajarkan anak supaya menyikat giginya secara teratur. Ibu bisa menjadikan kegiatan menyikat gigi menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Salah satunya adalah ibu bisa membelikan peralatan sikat gigi anak dengan karakter kartun atau sesuai dengan kegemaran anak. Dengan begitu, anak akan menjadi lebih semangat dalam menyikat gigi.

Selain menyiapkan peralatan sikat gigi yang sesuai dengan kegemaran anak-anak, ibu dan pasangan juga harus menjadi contoh yang baik bagi anak. Tunjukkan pada anak melalui perilaku orang dewasa yang ada di rumah. Dengan begitu, anak akan memahami pentingnya menjaga kesehatan gigi mereka. Selain itu, ibu juga bisa menjelaskan pada anak pentingnya menjaga kesehatan gigi dengan cara yang menyenangkan dan mudah dimengerti oleh anak-anak.

  1. Perhatikan Makanan Anak

Selain menerapkan kebiasaan menjaga kesehatan gigi, ibu juga harus selalu memperhatikan asupan makanan anak. Ibu sebaiknya lebih selektif dengan makanan yang dikonsumsi oleh anak, terutama asupan makanan manis seperti permen dan cokelat. Bukan berarti ibu harus melarang anak sepenuhnya untuk tidak mengonsumsi makanan manis, tetapi ibu harus pintar-pintar mengatur makanan yang dikonsumsinya. Hindarkan anak dari kebiasaan mengonsumsi makanan manis secara berlebihan.

Makanan dan minuman dengan kandungan gula yang tinggi dapat dengan mudah memicu bakteri dalam mulut. Kemudian bakteri tersebut dapat menghasilkan asam dari gula yang dikonsumsi. Asam tersebut akan mengikis mineral pada permukaan gigi, sehingga akan menimbulkan gigi berlubang. Maka dari itu, ibu harus benar-benar memperhatikan asupan makanan Si Kecil, supaya dapat terhindar dari gigi berlubang.

  1. Ajak Anak Mengunjungi Dokter Gigi

Hal penting lainnya yang harus ibu dan pasangan perhatikan dalam menjaga kesehatan gigi anak adalah rutin mengunjungi dokter gigi. Bagi anak-anak, mengunjungi dokter gigi bisa saja menjadi kegiatan yang menakutkan. Bayangan bor akan menyentuh gigi mereka bisa membuat Si Kecil malas mengunjungi dokter gigi. Maka dari itu, cobalah untuk membuat kunjungan dokter gigi menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Ibu bisa memilih dokter gigi yang sesuai dengan yang ibu harapkan dan bisa menjadi tempat yang nyaman bagi anak. Kunjungan dokter ini sebaiknya tidak dilewatkan dan dilakukan setiap 6 bulan sekali. Dengan rutin mengunjungi dokter gigi, ibu akan lebih tahu mengenai kesehatan gigi anak dan dapat melakukan tindakan seefektif mungkin lebih dini jika terjadi sesuatu pada kesehatan gigi anak.

Baca juga: Usia Ideal Anak Pergi ke Dokter Gigi

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang kesehatan gigi anak? Kamu bisa menghubungi dokter tepercaya melalui aplikasi Halodoc. Dengan menggunakan aplikasi ini, ibu juga dapat menanyakan cara mencegah gigi berlubang pada anak dengan dokter melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen di Halodoc tanpa perlu keluar rumah. Pesanan akan sampai dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!