• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Krim Melanox?

Apa yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Krim Melanox?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Apa yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Krim Melanox?

“Krim melanox adalah obat topikal yang umumnya diresepkan dokter untuk mengatasi masalah seperti hiperpigmentasi, bintik-bintik penuaan, chloasma, dan melasma. Meski secara umum obat ini cukup aman, namun kamu juga tetap harus memperhatikan penggunaannya agar terhindar dari efek samping yang merugikan.”

Halodoc, Jakarta – Melanox adalah perawatan kulit topikal untuk mencerahkan daerah gelap pada kulit, seperti bercak hitam (hiperpigmentasi), bintik-bintik penuaan, chloasma, dan melasma yang disebabkan oleh kehamilan, pil KB, obat hormonal, atau lesi kulit. Krim melanox  bekerja dengan menghalangi proses di kulit yang menyebabkan perubahan warna.

Krim melanox mengandung hydroquinone, yang dapat mengurangi pembentukan melanin di kulit. Melanin ini adalah pigmen yang memberi warna pada kulit. Ada banyak jenis melanox yang tersedia di pasaran, salah satu variannya disebut Melanox Premium Series yang cukup baik dan ia dibuat dan diformulasikan khusus untuk semua jenis kulit.

Baca juga: Ini Cara Merawat dan Mencegah Hiperpigmentasi Kulit

Hal-Hal yang Diperhatikan Terkait Penggunaan Krim Melanox

Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mengoleskan krim ini ke kulit. Beberapa halnya antara lain:

Dosis Aman

Jangan mengubah dosis kecuali dokter yang memintanya. Di bawah ini adalah pertimbangan dosis untuk krim melanox:

  • Dosis untuk hiperpigmentasi pada orang dewasa (persiapan dosis 2 hingga 4 persen): Oleskan lapisan tipis ke area yang terkena di pagi dan sore hari. Hentikan penggunaan obat jika tidak ada perbaikan setelah 2 bulan penggunaan.
  • Dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun: Oleskan ke area yang terkena dan gosok secara menyeluruh, gunakan setiap 12 jam.
  • Anak-anak di bawah 12 tahun: Keamanan dan efektivitas belum ditetapkan pada pasien anak-anak jadi hindari penggunaan krim melanox untuk anak di bawah 12 tahun.

Baca juga: Kulit Lebih Gelap saat Hamil, Wajarkah?

Petunjuk Umum

Gunakan melanox sesuai petunjuk pada kemasan produk atau sesuai petunjuk dokter. Inilah cara krim melanox harus digunakan:

  • Ikuti semua petunjuk pada kemasan produk, atau gunakan sesuai petunjuk dokter.
  • Sebelum menggunakannya, oleskan lapisan tipis ke area kulit yang tidak rusak dan periksa area tersebut dalam waktu 24 jam untuk melihat apakah ada efek samping yang serius. Jika area tes gatal, merah, bengkak, atau melepuh, maka jangan gunakan produk ini dan hubungi dokter. Namun jika hanya ada kemerahan ringan, kamu dapat memulai perawatan dengan produk ini.
  • Oleskan obat ini ke area kulit yang terkena, biasanya dua kali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter. Obat ini hanya untuk digunakan pada kulit. Jika digunakan secara tidak benar, efek buruk yang tidak diinginkan dapat terjadi.
  • Hindari terkena  mata, hidung, atau mulut. Jika obat ini masuk ke area tersebut, segera cuci dengan air.
  • Obat ini dapat membuat area yang dirawat lebih sensitif terhadap sinar matahari. Hindari paparan sinar matahari yang berkepanjangan. Gunakan tabir surya dan kenakan pakaian pelindung pada area kulit yang terkena sinar matahari saat berada di luar ruangan.
  • Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Untuk membantu mengingat, gunakan pada waktu yang sama setiap hari.

Beri tahu dokter jika kondisi berlanjut atau memburuk setelah 2 bulan menggunakan obat. Kamu juga bisa segera melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Kini buat janji dengan dokter di rumah sakit juga lebih  mudah dilakukan di Halodoc. Dengan begini, kamu jadi tak perlu lagi repot antre untuk melakukan pemeriksaan dokter.

Baca juga: Jarang Keluar Rumah Tapi Muncul Flek Hitam, Ini Penyebabnya

Kemungkinan Efek Samping Penggunaan Krim Melanox

Meskipun ini tidak selalu terjadi, waspadai efek samping melanox dan perhatikan beberapa hal berikut:

  • Jika dokter telah meresepkan obat ini, perlu diingat bahwa ia telah menilai bahwa manfaatnya lebih besar daripada risiko efek sampingnya. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.
  • Hentikan penggunaan melanox dan beritahu dokter segera jika ada efek samping yang tidak biasa tetapi serius terjadi seperti kulit melepuh, kulit pecah-pecah, atau kulit menjadi biru-hitam.
  • Reaksi alergi yang serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera cari bantuan medis jika kamu melihat gejala reaksi alergi yang serius, termasuk: ruam, gatal, bengkak (terutama pada wajah, lidah, dan tenggorokan), pusing parah, dan kesulitan bernapas.
Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2021. What Is Hydroquinone Topical?
Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know About Hydroquinone.
Smarter Health. Diakses pada 2021. Melanox.