• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Susu Aman Dikonsumsi Pengidap Asam Lambung?

Apakah Susu Aman Dikonsumsi Pengidap Asam Lambung?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Jangan sepelekan mual dan sakit tenggorokan yang disertai dengan heartburn. Beberapa kondisi tersebut bisa menandakan kamu mengalami penyakit asam lambung. Penyakit yang dikenal juga sebagai gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya sensasi panas pada dada dan gejala lainnya yang disebabkan naiknya asam lambung.

Baca juga: Apa Saja Ciri Ciri Asam Lambung Naik?

Kondisi ini disebabkan melemahnya otot bagian bawah kerongkongan atau lower esophageal sphincter (LES). Selain itu, asam lambung juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor lainnya. Salah satunya pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi oleh pengidap asam lambung. Namun, apakah susu aman dikonsumsi pengidap asam lambung? Cari tahu jawabannya dalam artikel ini!

Susu dan Pengidap Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau GERD merupakan kondisi di mana asam lambung naik menuju kerongkongan sehingga menimbulkan berbagai gejala asam lambung. Kondisi ini disebabkan melemahnya otot bagian bawah kerongkongan (LES). 

Ketika otot bagian bawah kerongkongan melemah, kondisi ini membuat LES tidak dapat menutup secara sempurna. Dengan begitu, isi dan asam lambung dapat kembali ke atas menuju kerongkongan. Ada beberapa faktor yang dapat memicu kondisi ini. Mulai dari obesitas, kehamilan, hingga kondisi usia lanjut.

Selain itu, beberapa penyakit juga dinilai dapat memicu asam lambung. Misalnya, hernia hiatus, gastroparesis, hingga scleroderma. Untuk meredakan gejala yang dialami, khususnya heartburn, menjalani diet khusus pengidap GERD atau asam lambung bisa dilakukan.

Lalu, apakah pengidap asam lambung boleh mengonsumsi susu? Pengidap asam lambung atau GERD sebaiknya menghindari pengonsumsian makanan maupun minuman yang berbahan dairy product. Beberapa jenis yang sebaiknya dihindari adalah susu sapi dan produk turunannya.

Hal ini disebabkan kandungan lemak susu dapat membuat otot bagian bawah kerongkongan atau lower esophagus sphincter (LES) menjadi lebih lentur. Kondisi ini akan membuat otot semakin tidak dapat menutup rapat dan memicu asam lambung semakin naik ke atas. Inilah yang menyebabkan gejala asam lambung akan semakin memburuk.

Pengidap asam lambung boleh mengonsumsi susu, asalkan bukan susu yang berbahan susu sapi. Kamu bisa mengonsumsi susu almond atau susu kedelai. 

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini saat Asam Lambung Kambuh

Inilah Makanan yang Boleh Dikonsumsi Pengidap Asam Lambung

Kabar baiknya, ternyata ada beberapa jenis makanan maupun minuman yang mampu membantu kamu mencegah gejala asam lambung semakin memburuk. Berikut ini makanan dan minuman yang bisa kamu ketahui:

1.Makanan yang Mengandung Serat Tinggi

Bagi kamu pengidap asam lambung, sebaiknya pilihlah makanan yang memiliki kandungan serat cukup tinggi di dalamnya. Kandungan serat akan membuat kamu merasa kenyang lebih cepat, meskipun dengan porsi yang kecil. Kondisi ini akan membuat gejala asam lambung lebih cepat mereda. 

Oatmeal, kentang, wortel, asparagus, dan brokoli menjadi makanan pilihan yang mengandung serat. Hindari memprosesnya dengan tambahan bahan-bahan yang dapat memicu asam lambung.

2.Makanan yang Memiliki Kandungan Air

Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan air cukup tinggi dapat membuat gejala asam lambung semakin menurun. Ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi, seperti ketimun, semangka, sup kaldu ayam, hingga teh herbal.

3.Makanan dengan Kandungan Potasium dan Magnesium

Makanan dengan kandungan potasium dan magnesium juga dinilai mampu meredakan gejala asam lambung yang kamu alami. Buah pisang, alpukat, apel, dan pir menjadi beberapa jenis buah yang bisa dikonsumsi.

Itulah alasan mengapa susu tidak aman dikonsumsi pengidap asam lambung. Tidak ada salahnya ketahui lebih banyak mengenai penanganan asam lambung yang bisa dilakukan. Penggunaan obat-obatan menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk menetralkan dan menurunkan asam lambung.

Baca juga: Obat Alami untuk Atasi Gejala Asam Lambung

Kini tak perlu repot jika kamu mendapatkan resep dari dokter untuk pengobatan asam lambung. Kamu bisa gunakan Halodoc dan gunakan layanan beli obat sehingga kamu tidak perlu mengantre di apotek. Dengan layanan ini, kamu bisa membeli dan menunggu obat dari rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2021. GERD Diet: Foods That Help with Acid Reflux.
Healthline. Diakses pada 2021. Does Milk Relieve Heartburn?
Medical News Today. Diakses pada 2021. What’s The Link Between Dairy and Acid Reflux?
Medical News Today. Diakses pada 2021. What to Eat and Avoid If Ypu Have GERD?