Seberapa Penting Kucing Peliharaan Konsumsi Vitamin?

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   06 Oktober 2021
Seberapa Penting Kucing Peliharaan Konsumsi Vitamin?Seberapa Penting Kucing Peliharaan Konsumsi Vitamin?

Makanan kucing umumnya sudah mengandung semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan kucing, sehingga pemberian suplemen vitamin kucing sebenarnya tidak diperlukan lagi. Namun, bila kucing memiliki kondisi medis tertentu yang menyebabkan tubuhnya kekurangan nutrisi, vitamin kucing bisa diberikan. Bicarakan terlebih dahulu dengan dokter hewan sebelum memberikan vitamin kucing.

Halodoc, Jakarta – Untuk melengkapi nutrisi yang diperlukan tubuh agar tetap sehat, sebagian besar orang biasanya mengonsumsi vitamin setiap hari. Kamu mungkin juga termasuk salah satu orang yang melakukannya. 

Bila konsumsi vitamin baik untuk kesehatan tubuh manusia, apakah kucing peliharaan juga membutuhkannya? Sebelum memberi kucing peliharaan kamu vitamin kucing, ada baiknya kamu simak dulu penjelasan berikut ini. Pasalnya, bukan hanya tidak dibutuhkan, vitamin kucing malah bisa memberi dampak buruk untuk kesehatan hewan tersebut lho.

Baca juga: Makanan Basah atau Kering untuk Kucing, Mana yang Lebih Baik?

Apakah Vitamin Kucing Diperlukan?

Tahukah kamu bahwa makanan hewan peliharaan komersial sudah dirancang untuk memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan kucing untuk berkembang. Tidak seperti pola makan kita yang bervariasi dari hari ke hari, kebanyakan kucing makan-makanan yang sama setiap hari. Nah, produsen makanan kucing membuat makanan berdasarkan asumsi tersebut. Namun, tidak semua makanan kucing dirancang dengan formula yang sama. Tiap merk makanan kucing bervariasi dalam kandungan bahannya, sehingga penting untuk memilih makanan kucing dengan baik dan teliti.

Melansir dari WebMD, Cruz dan anggota Pet Food Institute mengungkapkan bahwa bila kucing peliharaan kamu secara umum sehat, memberi makanan kucing berkualitas baik sudah cukup. Memberi hewan berbulu tersebut tambahan vitamin justru bisa menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan.

Namun, vitamin kucing mungkin direkomendasikan bila kucing peliharaan kamu memiliki kondisi mendasar yang mungkin membutuhkan tambahan suplemen. Suplemen vitamin dimaksudkan untuk memperbaiki kondisi kekurangan nutrisi. Misalnya, kucing peliharaan kamu memiliki kondisi medis yang membuatnya tidak bisa menyerap nutrisi tertentu, maka ia membutuhkan vitamin kucing.

Penyakit usus halus bisa menyebabkan ketidakmampuan untuk menyerap vitamin B folat dan kobalamin. Namun, pada kasus ini, kucing membutuhkan suntikan kedua suplemen tersebut, karena suplemen oral juga tidak akan diserap. Kucing yang sedang hamil dan menyusui juga bisa mengalami kekurangan nutrisi, sehingga memerlukan vitamin kucing, terutama bila kucing tersebut hamil sebelum berusia 10–12 bulan. Dokter hewan bisa membantu merekomendasikan produk yang sesuai.

Baca juga: Cara Menentukan Makanan untuk Kucing dengan Sakit Ginjal

Tips Memberi Vitamin pada Kucing

Jadi, bila kamu sudah memberikan makanan yang bergizi lengkap dan seimbang pada kucing peliharaan, vitamin kucing tidak diperlukan. Namun, ada beberapa suplemen yang bisa kamu pertimbangkan untuk ditambahkan berdasarkan kebutuhan kesehatan khusus kucing kamu. Ingat, kamu harus selalu mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter hewan sebelum memberikan suplemen apapun untuk kucing peliharaan kamu. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak akan ada komplikasi atau masalah kesehatan yang bisa terjadi bila kamu memberikan suplemen vitamin kucing bersama dengan obat lain yang kamu berikan, atau kondisi medis yang dimiliki kucing kamu.

Bila kamu memutuskan untuk memberikan multivitamin atau nutrisi tunggal tertentu, kamu juga perlu tahu bahwa menambahkan vitamin ke dalam pola makan kucing yang sudah lengkap dan seimbang bisa bercampur dengan nutrisi yang sudah ada dalam makanan dan menyebabkan keracunan. Bila kucing kamu menunjukkan tanda-tanda keracunan, segera bawa hewan tersebut ke rumah sakit hewan dengan buat janji melalui aplikasi Halodoc.

Berikut ini beberapa jenis suplemen kucing yang bisa diberikan:

  • Vitamin dan mineral umum. Berbagai produk vitamin tunggal atau multivitamin sudah tersedia untuk kucing. Namun, sebagian besar makanan kucing sudah mengandung semua vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan kucing.
  • Asam lemak esensial. Asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6 bermanfaat untuk menjaga bulu kucing tetap berkilau dan mencegah kerontokan. Nutrisi ini juga bisa melindungi sistem kekebalan, hati, mata, otak, dan persendian kucing. Sama seperti manusia, asam lemak omega-3 juga bisa meningkatkan kesehatan jantung kucing dan mengatasi kolesterol tinggi.
  • Probiotik. Nutrisi ini merupakan bakteri ‘baik’ yang bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Probiotik mengandung mikroorganisme seperti Bifidobacterium dan Enterococcus, yang mengontrol pertumbuhan berlebih dari bakteri ‘“jahat” di usus besar.

Baca juga: Inilah Nutrisi yang Dibutuhkan dalam Makanan Kucing

Itulah penjelasan mengenai pemberian vitamin untuk kucing peliharaan. Jangan lupa download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk membantu kamu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Fetch by WebMD. Diakses pada 2021. Cat Vitamins and Supplements: Do They Work?
PetMD. Diakses pada 2021. Should I Give My Cat Supplements?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan