4 Jenis Penyakit Sel Darah Putih yang Jarang Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   31 Januari 2023

“Ada beberapa jenis penyakit sel darah putih yang masih jarang diketahui. Beberapa di antaranya leukositosis dan chronic granulomatous disease.”

4 Jenis Penyakit Sel Darah Putih yang Jarang Diketahui4 Jenis Penyakit Sel Darah Putih yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Sel darah putih atau leukosit memiliki fungsi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Sel darah putih menjadi bagian dari sistem imun tubuh yang bekerja untuk mencegah infeksi, dan mempertahankan tubuh dari berbagai paparan benda asing yang memicu gangguan.

Namun, adanya gangguan pada sel darah putih dapat menyebabkan berbagai gangguan yang berbahaya untuk kesehatan. Nah, berikut beberapa jenis penyakit sel darah putih yang masih jarang diketahui. 

Jenis Penyakit Gangguan Sel Darah Putih

Sel punca hematopoietik pada sumsum tulang memproduksi sel darah putih. Di dalam tubuh, sel darah ini akan mengalir bersama dengan sel darah yang lainnya untuk menemukan lokasi infeksi yang ada pada tubuh.

Ketika menemukan lokasi infeksi, sel darah putih akan memberikan perlindungan untuk mencegah masuknya organisme berbahaya yang bisa memicu penyakit. Begitu pentingnya fungsi sel darah ini dalam tubuh membuat kamu perlu menjaga kesehatan agar tidak memicu gangguan sel darah putih.

Nah, berikut beberapa gangguan sel darah putih:

1. Leukositosis

Kondisi ini terjadi ketika kadar sel darah putih meningkat dalam tubuh. Hal ini sangat umum terjadi ketika kamu mengalami gangguan kesehatan. Selain adanya penyakit dalam tubuh, leukositosis juga bisa terjadi saat kamu mengalami tingkat stres yang cukup parah.

Leukositosis yang terjadi dalam tubuh dapat memicu pengentalan darah sehingga berisiko menyebabkan penyumbatan pada aliran darah. Gejala leukositosis juga berbeda-beda dan sesuai dengan jenis darah putih yang jumlahnya cukup tinggi.

Namun, secara umum ada beberapa gejala yang perlu kamu waspadai, seperti:

  • Demam.
  • Menjadi lebih mudah memar.
  • Kesulitan bernapas.
  • Mengi.
  • Kulit gatal.
  • Penurunan berat badan.
  • Lebih sering berkeringat pada malam hari.

Agar tidak terkena penyakit yang satu ini, penting bagi kamu untuk menjaga kadar leukosit tetap normal. Jika kamu Ingin Tahu Seputar Leukosit Normal, Segera Hubungi Dokter Ini.

2. Leukemia

Leukemia adalah salah satu jenis penyakit kanker yang menyerang darah. Kondisi ini terjadi karena adanya perubahan mutasi pada sel DNA darah putih sehingga menjadi abnormal dan berkembang secara tidak terkendali.

Gejala pengidap leukemia juga akan berbeda-beda sesuai dengan jenis dan tahapan penyakit. Namun, penyakit ini dapat menimbulkan gejala yang cukup umum, seperti:

  • Menjadi lebih mudah kelelahan.
  • Demam.
  • Keringat pada malam hari.
  • Napas menjadi lebih pendek.
  • Mudah memar.
  • Lebih mudah berdarah.
  • Nyeri tulang dan sendi.

3. Chronic granulomatous disease

Chronic granulomatous disease (CGD) adalah kelainan genetik yang terjadi ketika fagosit (salah satu jenis sel darah putih), tidak dapat membunuh bakteri atau jamur jenis tertentu. 

CGD terjadi akibat adanya gangguan dan cacat pada enzim yang dibutuhkan fagosit untuk membunuh jamur dan bakteri. Ada beberapa gejala yang akan terjadi pada seseorang yang mengidap CGD, seperti:

  • Munculnya abses pada paru-paru, limpa, hingga kulit.
  • Memicu radang usus.
  • Menyebabkan gangguan ginjal.

Penyakit ini bisa terdeteksi ketika melakukan pemeriksaan darah untuk memastikan seberapa baik fagosit dalam menghasilkan hidrogen peroksida.

4. Defisiensi adhesi leukosit tipe 1

Kondisi kelainan ketika sel darah putih tidak dapat bergerak menuju ke lokasi yang mengalami infeksi. Akibatnya sistem kekebalan tubuh tidak dapat memberikan perlindungan secara optimal dari virus, bakteri, hingga fungi.

Itulah berbagai penyakit sel darah putih. Segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit ketika kamu mengalami berbagai keluhan kesehatan yang terkait dengan gangguan sel darah putih.

Supaya lebih praktis, kamu bisa melalui aplikasi Halodoc. Jangan tunda sebelum kondisinya semakin memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2023. What Is Leukocytosis?

Medline Plus. Diakses pada 2023. Leukocyte Adhesion Deficiency Type 1.

National Institute of Allergy and Infectious Disease. Diakses pada 2023. Chronic Granulomatous Disease (CGD).

Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Leukemia.

Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Function of White Blood Cells.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan