• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Kebiasaan yang Bikin Gigi Cepat Menguning

4 Kebiasaan yang Bikin Gigi Cepat Menguning

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Saat kamu melihat foto selfie kamu bersama teman-teman, kamu menyadari kok gigi kamu tidak seputih teman-teman yang lain ya? Padahal, rasanya kamu sudah rajin membersihkan dan menjaga kesehatan gigi. Nah, namun tahukah kamu, bahwa ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat gigi kamu cepat menguning. Punya gigi kuning tentu bikin kamu jadi tidak percaya diri. Kamu pun akan merasa tidak nyaman untuk tersenyum, apalagi tertawa terbahak-bahak bersama teman-teman. Nah, bila enggak mau gigi cepat kuning, hindari kebiasaan-kebiasaan berikut ya.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Jenis Perawatan untuk Kecantikan Gigi

Perlu diketahui, sebenarnya gigi putih yang bersinar itu hanya ada dalam iklan produk-produk pasta gigi saja. Nyatanya, kebanyakan orang terlahir dengan gigi berwarna gading alias tidak terlalu putih. Warna gigi tiap orang juga bervariasi, tergantung DNA yang dimiliki. DNA yang menentukan warna gigi adalah DNA yang sama yang menentukan warna mata atau rambut. Namun, warna gigi juga bisa menguning. 

Jadi, enamel adalah lapisan luar gigi yang umumnya berwarna putih hingga kuning atau keabu-abuan, serta agak tembus cahaya. Lapisan tepat di bawah enamel disebut juga dentin. Lapisan ini berwarna kuning. Nah, dentin menjadi terlihat ketika lapisan enamel menjadi lebih tipis. Inilah yang membuat gigi kamu tampak menguning. Ada beberapa kebiasaan yang mungkin tanpa sadar kamu lakukan sehari-hari yang bisa mengikis lapisan enamel, sehingga bikin gigi cepat menguning. Kebiasaan tersebut, yaitu:

1. Terlalu Sering Menggunakan Obat Kumur

Kebanyakan orang suka menggunakan obat kumur sehabis menyikat gigi guna menjaga napas tetap segar. Sayangnya, banyak obat kumur yang memiliki kandungan yang sangat asam yang bila digunakan terlalu sering dapat merusak enamel gigi yang berharga. Akibatnya, gigi kamu akan lebih cepat menguning. 

Selain itu, terlalu sering menggunakan obat kumur juga bisa membuat mulut menjadi kering. Padahal, air liur berperan penting terhadap kesehatan gigi dan mulut. Air liur mengandung kombinasi mineral, enzim, dan senyawa oksigen yang berguna untuk menjaga keseimbangan pH di mulut kamu tetap netral dan mengurangi asam yang bisa mengikis enamel. Air liur juga membersihkan gigi secara teratur untuk melumpuhkan bakteri dan mencegah noda menempel pada email yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning.

Karena itu, apabila kamu sering memakai obat kumur untuk menjaga napas tetap segar, mungkin ada baiknya kamu mempertimbangkan alternatif lain seperti menyikat gigi lebih sering. 

Baca juga: Obat Kumur Bisa Picu Kanker Mulut?

2. Terlalu Sering Mengonsumsi Buah dan Sayuran Asam

Seperti halnya obat kumur yang asam dapat mengikis enamel gigi, begitu juga dengan makanan yang asam. Contoh makanan yang mengandung asam, di antaranya ada buah-buahan seperti jeruk, tomat, nanas, serta minuman berkarbonasi. 

Hal ini bukan berarti kamu harus berhenti mengonsumsi semua makanan asam. Namun, kamu disarankan untuk minum air yang banyak setelah makan-makanan yang mengandung asam. Cara ini bisa mencegah penguningan terjadi pada gigi.

3. Minum Kopi Sepanjang Hari

Meskipun para peneliti telah mengungkapkan beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi kopi, tetapi minuman tersebut tetap saja tidak baik untuk gigi. Meminum dua atau tiga cangkir kopi setiap hari memungkinkan enamel gigi untuk terus-menerus menguning. Hal tersebut karena kopi dapat membuat enamel gigi terkikis dan meninggalkan noda pada gigi yang dapat menguning bila tidak dibilas dan disikat secara teratur. 

Meski demikian, bukan kuantitas kopi yang mesti jadi perhatian, melainkan cara meminum kopi yang dapat membuat gigi cepat menguning. Jadi, kamu disarankan untuk minum kopi lebih cepat atau melalui sedotan untuk mencegah zat pewarna kopi singgah terlalu lama di mulut.

4. Merokok

Bahan kimia dalam rokok atau tembakau memiliki efek pewarna pada gigi bila menempel pada enamel. Merokok juga sudah dikaitkan dengan masalah kesehatan mulut lainnya, seperti penyakit gusi, kerusakan gigi dan mulut kering. Jadi, jadikanlah gigi yang lebih putih dan kuat menjadi satu alasan lagi untuk berhenti merokok.

Baca juga: 5 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan-Bahan di Rumah

Nah, itulah 4 kebiasaan yang perlu kamu hindari bila tidak ingin gigi cepat menguning. Kamu juga bisa mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan penanganan gigi kuning. Untuk melakukan pemeriksaan mulut dan gigi, kamu bisa langsung buat janji dengan dokter gigi di rumah sakit pilihan kamu melalui Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play sebagai teman penolong untuk menjaga kesehatanmu sekeluarga.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. 6 Everyday Mistakes That Are Yellowing Your Teeth.