Perlu Tahu, Ini Jenis Perawatan untuk Kecantikan Gigi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Perlu Tahu, Ini Jenis Perawatan untuk Kecantikan Gigi

Halodoc, Jakarta - Selain kulit dan rambut, perawatan gigi saat ini juga banyak dilakukan orang, khususnya wanita demi kesehatan dan mempercantik diri. Dalam dunia kesehatan, treatment kecantikan gigi juga dikenal dengan istilah cosmetics dentistry. Tujuannya untuk menekankan estetika gigi agar mendapatkan tampilan gigi yang sempurna. 

Lalu, seperti apa sih jenis perawatan untuk kecantikan gigi? 

1. Bleaching

Jenis perawatan gigi yang satu ini bertujuan untuk memutihkan gigi. Bleaching merupakan proses pemutihan gigi menggunakan cairan kimia atau sinar tertentu. Bagi kamu yang ingin melakukan perawatan kecantikan gigi ini, harus melakukannya di dokter gigi profesional. Alasannya simpel, sebab proses ini memiliki risiko, seperti gigi sensitif, iritasi gusi, hingga kerusakan email gigi. 

(Baca juga: 5 Tips Cara Atasi Masalah Gigi Sensitif)

Proses perawatan gigi ini tergantung dari tindakan atau tipenya. Umumnya, bleaching akan menggunakan laser atau bahan kimia yang bisa membantu memutihkan warna gigi. Caranya dengan masuk ke dalam email gigi dan menghancurkan stain. Stain inilah yang menyebabkan gigi berwarna kuning atau gelap. 

2. Veneer

Jenis perawatan gigi selanjutnya adalah veneer. Tujuan perawatan ini untuk membentuk gigi sesuai keinginan. Salah satu contoh bentuk gigi dari veneer, yaitu “gigi kelinci”. Prosesnya dimulai dengan mengurangi lapisan email, kemudian veneer akan ditempelkan pada gigi. Yang perlu ditegaskan, tindakan ini mesti didasari dengan kondisi gigi yang sehat. 

3. Filling

Perawatan gigi yang satu ini bertujuan untuk menambal gigi yang berlubang. Proses filling menggunakan bahan yang terbuat dari composite resin, dan warnanya pun akan menyerupai gigi, sehingga tak terlihat kontras dengan warna gigi. 

4. Root Canal Treatment

Treatment ini dilakukan untuk kerusakan gigi yang sudah mengenai saraf. Gejala seperti sakit gigi yang tak tertahankan, adanya jerawat putih yang timbul di permukaan gusi, hingga gigi yang sangat sensitif. Proses root canal treatment ini diawali dengan mematikan saraf gigi, lalu mengangkatnya dan bagian dalam gigi dibersihkan. Selanjutnya, gigi akan ditambal atau disegel untuk menutupi lubangnya. 

(Baca juga: 4 Cara Menguatkan Gigi)

5. Kawat Gigi

Yang satu ini menjadi perawatan kecantikan gigi yang cukup diminati. Kawat gigi atau braces digunakan untuk merapikan bentuk gigi yang tidak rata. Saat ini braces hadir dengan berbagai jenis. Mulai dari standar dan terlihat, hingga yang samar dan tak terlihat sama sekali. Warnanya pun juga terdiri dari berbagai macam. 

6. Dental Crown dan Bridges

Dental crown dipasang atau implan pada gigi yang hilang atau rusak. Perawatan gigi ini bersifat permanen. Sementara itu, bridges merupakan “isi” untuk masalah gigi berjarak. 

7. Dental Jewelry

Perawatan kecantikan gigi ini boleh dibilang lain daripada yang lain. Dental jewelry merupakan treatment untuk menghias gigi dengan aplikasi kristal atau berlian di permukaan gigi. 

Nah, sudah tahu kan jenis-jenis perawatan kecantikan gigi. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Bagi kamu yang ingin melakukan perawatan di atas, pastikan treatment dilakukan oleh dokter atau profesional. 

Selain itu, bagi kamu yang memiliki keluhan pada gigi dan ingin berdiskusi dengan dokter, gampang kok. Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan kamu di sini. Mudah, kan? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play! Mudah, kan?