• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Makanan untuk Tingkatkan Imunitas Burung Peliharaan

4 Makanan untuk Tingkatkan Imunitas Burung Peliharaan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4 Makanan untuk Tingkatkan Imunitas Burung Peliharaan

Halodoc, Jakarta - Banyak jenis hewan yang bisa kamu jadikan hewan kesayangan. Mulai dari anjing, kucing, hingga burung. Ada berbagai jenis burung yang bisa dipelihara. Namun, apapun jenis burung yang kamu pilih untuk dijadikan peliharaan, sebaiknya pastikan kamu mengerti cara memelihara burung dengan baik.

Baca juga: Inilah Fakta Menarik Tentang Burung Kutilang

Bukan hanya memastikan burung tumbuh dan berkembang di lingkungan yang nyaman, tetapi kamu juga perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi oleh burung. Pemberian jenis makanan yang tepat pada burung peliharaan nyatanya dapat membantu untuk meningkatkan imunitas burung agar terhindar dari berbagai gangguan penyakit. Nah, tidak ada salahnya simak pembahasan mengenai makanan yang tepat untuk meningkatkan imunitas burung peliharaan, di sini!

Jenis Makanan yang Bisa Tingkatkan Imunitas Burung Peliharaan

Banyak persiapan yang perlu kamu lakukan saat memutuskan untuk memelihara seekor burung. Memelihara burung akan membuat kamu merasakan tantangan dan pengalaman berbeda dengan memelihara anjing maupun kucing. Cara memandikan hingga pemberian makan perlu kamu pelajari dengan tepat agar burung peliharaan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Jika saat ini kamu memiliki burung yang sedang kurang sehat, selain berkonsultasi dengan dokter hewan melalui Halodoc, kamu juga bisa membantu tingkatkan imunitas burung peliharaan dengan asupan makanan yang tepat. Dengan begitu, kesehatan burung peliharaan akan lebih cepat pulih sehingga ia dapat kembali sehat.

Baca juga: 4 Jenis Burung Nuri yang Memiliki Bentuk yang Indah

Berikut ini makanan yang bisa membantu tingkatkan imunitas burung peliharaan:

1.Buah Jeruk

Bukan hanya bermanfaat bagi manusia, nyatanya buah jeruk juga memiliki banyak manfaat bagi hewan peliharaan kamu, salah satunya burung. Kandungan vitamin C dalam buah jeruk dinilai mampu meningkatkan imunitas burung peliharaan menjadi lebih baik. 

Bahkan, vitamin C dinilai mampu membuat virus dan bakteri lebih sulit menyerang sel tubuh burung. Ini karena kandungan vitamin C yang dikonsumsi mampu meningkatkan produksi sel darah putih yang bisa mencegah infeksi pada burung. Berikan buah jeruk sebagai makanan selingan dalam jumlah yang cukup. Terlalu banyak memberikan buah jeruk bisa meningkatkan risiko gangguan pada sistem pencernaan burung peliharaan.

2.Biji Bunga Matahari

Tidak ada salahnya untuk mencoba memberikan biji bunga matahari sebagai makanan bagi burung peliharaan. Biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi yang bisa digunakan oleh hewan peliharaan untuk membangun antibodi dan sel tubuh yang lebih optimal.

Namun, pastikan kamu memberikan biji bunga matahari dalam jumlah yang tepat. Meskipun baik untuk imunitas burung, tetapi makanan ini memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Pada beberapa jenis burung, seperti kakatua, berlebihan dalam mengonsumsi biji bunga matahari dapat meningkatkan risiko kelebihan berat badan.

3.Wortel

Wortel merupakan salah satu sayuran yang mengandung betakaroten cukup tinggi. Kandungan ini memiliki manfaat untuk meningkatkan penglihatan, meningkatkan sirkulasi, hingga fungsi jantung. Manfaat inilah yang juga akan dirasakan oleh burung peliharaan kamu jika rutin mengonsumsi wortel. Jadi, jangan ragu untuk memberikan wortel segar untuk makanan camilan bagi burung peliharaan.

4.Bayam

Sayuran hijau menjadi makanan tepat bagi burung agar imunitas tubuhnya semakin meningkat. Salah satu sayuran yang bisa kamu berikan adalah bayam. Kandungan vitamin A pada bayam membuat kesehatan burung menjadi lebih optimal.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Terbaik untuk Burung Dara

Bukan hanya bayam, sayuran hijau seperti brokoli atau kale juga bisa menjadi pilihan tepat bagi burung karena nutrisinya yang sangat baik untuk kesehatan burung. Pastikan kamu memberikan makanan yang segar atau organik, sehingga tidak mengandung bahan kimia atau pestisida. Kandungan pestisida cukup membahayakan bagi kesehatan burung peliharaan.

Untuk pemberiannya, kamu bisa memotongnya kecil-kecil untuk memudahkan burung menikmati makanan yang kamu berikan. Meskipun sayuran dan buah menjadi makanan terbaik bagi burung, tetapi hindari buah alpukat dan kol untuk burung kesayangan kamu. Makanan jenis ini dapat berisiko menyebabkan gangguan kesehatan pada burung.

Yuk, download Halodoc sekarang juga untuk kesehatan burung yang lebih optimal. Dengan begitu, kamu bisa bertanya dengan dokter hewan kapan dan di mana saja!

Referensi:
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Foods That Can Build Your Bird’s Immune System.
Pet Barn. Diakses pada 2021. What to Feeds Bird: The Best Diet for Your Pet Bird.