4 Tips Agar Burung Kakak Tua Menirukan Suara

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   09 Juli 2021
4 Tips Agar Burung Kakak Tua Menirukan Suara4 Tips Agar Burung Kakak Tua Menirukan Suara

“Burung kakak tua menjadi salah satu jenis burung yang pintar menirukan suara manusia. Membangun hubungan yang baik dengan kakak tua dan mengajarkannya secara rutin menjadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar burung kakak tua di rumah mahir menirukan suara kamu.”

Halodoc, Jakarta – Bukan hanya memelihara anjing atau kucing, memelihara burung pun nyatanya dapat memberikan berbagai manfaat, loh. Mulai menurunkan tingkat stres hingga membuat kondisi kesehatan mental semakin optimal. Kamu bisa memilih burung kicau untuk kamu pelihara di rumah agar suasana rumah semakin menyenangkan.

Baca juga: Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memelihara Burung Beo

Selain burung kicau, ada beberapa pilihan burung lain yang bisa menirukan suara pemiliknya. Salah satunya adalah burung kakak tua. Seekor burung kakak tua bisa menirukan banyak kata-kata yang didengarnya dari manusia. Nah, agar burung kakak tua yang kamu miliki semakin pintar menirukan suara, simak beberapa tipsnya, di sini!

Kenali Jenis Kakak Tua yang Pandai Menirukan Suara

Banyaknya jenis burung kicau yang bisa menjadi peliharaan di rumah terkadang membuat seseorang bingung untuk menentukan jenis burung yang akan dipelihara. Namun, sebaiknya jangan bingung saat menentukan jenis burung yang akan dipelihara, salah satu burung yang cukup pintar dan bisa dipelihara adalah burung kakak tua.

Burung kakak tua menjadi salah satu jenis burung yang dianggap paling pintar menirukan suara. Ada beberapa jenis kakak tua terbaik untuk kemampuan ini, seperti kakak tua berjenis African Greys, Timneh Greys, dan Yellow Napped Amazons. 

African Greys dan Yellow Napped Amazons menjadi dua jenis kakak tua yang dapat menyerap kosakata manusia paling banyak. Bahkan, Yellow Napped Amazons juga mendapat julukan penyanyi terbaik dari jenis kakak tua. 

Cara Kakak Tua Menirukan Suara

Tentunya kemampuan menirukan suara yang dimiliki oleh kakak tua adalah hiburan yang sangat luar biasa. Banyak pemilik kakak tua sangat terhibur dengan kepintaran dan kemampuan burung miliknya untuk menirukan suara manusia. Padahal, burung kakak tua tidak memiliki bibir serta gigi seperti manusia, tetapi mereka sangat fasih menyebutkan kosakata-kosakata yang diucapkan oleh manusia. 

Baca juga: Tips Perawatan Burung Kenari untuk Pemula

Lalu, bagaimana cara kakak tua menirukan suara manusia? Kakak tua nyatanya memiliki pendengaran yang sangat tajam dan kotak suara yang bisa membantu mereka untuk menghasilkan suara. Manusia memiliki laring, sedangkan burung kakak tua memiliki syrinx. Syrinx terletak diantara pangkal tenggorokan atau trakea. 

Syrinx sendiri memiliki cabang dua arah dan masing-masing cabang menuju bronkus. Udara yang berasal dari paru-paru burung kakak tua melewati syrinx sehingga burung kakak tua dapat menggunakan udara untuk menghasilkan suara.

Suara yang akan dikeluarkan oleh burung kakak tua juga akan dipengaruhi oleh otot leher, panjang tenggorokan, hingga struktur paruh. Burung kakak tua sendiri memiliki struktur lidah yang cukup tebal, sehingga ia tidak memerlukan bibir seperti manusia untuk menghasilkan suara. Ketika udara melalui syrinx, maka burung kakak tua akan menggerakkan lidahnya untuk menirukan suara.

Tips Agar Burung Kakak Tua Menirukan Suara

Apakah burung kakak tua dapat menirukan suara manusia tanpa dilatih? Di habitat aslinya, burung kakak tua menggunakan suara dan kicauan mereka untuk berkomunikasi. Namun, untuk dapat menirukan suara manusia, burung kakak tua memerlukan latihan sejak burung kakak tua masih usia dini.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar burung kakak tua dapat menirukan suara manusia:

  1. Sebelum langsung mengajarkan burung dengan beberapa kosakata, hal terpenting yang harus dilakukan membangun hubungan baik dengan burung kakak tua. Burung kakak tua harus memiliki rasa percaya dengan pemiliknya untuk berkomunikasi.
  2. Pengulangan merupakan faktor penting untuk melatih burung kakak tua untuk menirukan suara. Mulailah dengan kata-kata sederhana yang ada di sekitar kandang burung kakak tua. Lakukan secara rutin dengan satu kata sederhana.
  3. Kamu juga bisa mengajarkan kosakata sederhana dengan contoh. Misalnya, kamu memberikan buah sebagai treat untuk burung kesayanganmu. Kenalkan kata “buah” sambil mengenalkan makanan yang diberikan.
  4. Setelah mengenalkan kosakata yang memang akan kamu ajarkan, jangan lupa untuk mengajaknya berbicara setiap hari. Lakukan komunikasi dengan baik saat kamu membersihkan kandangnya, bermain dengan burung kakak tua, atau memberikannya makan.

Baca juga: Inilah Fakta Menarik Tentang Burung Kutilang

Lakukan tips tersebut secara konsisten agar burung kakak tua semakin mahir untuk menirukan suara. Jika kamu melihat adanya perubahan pada warna maupun perilaku burung kakak tua, sebaiknya jangan panik dan segera hubungi dokter hewan menggunakan Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Exotic Direct. Diakses pada 2021. How and Why Do Parrots Talk? Best Talking Parrot and Teaching Your Parrot to Talk.

The Nest. Diakses pada 2021. How Do Parrots Imitate Speech Patterns?

The Nest. Diakses pada 2021. What Makes Parrots Talk Like Humans?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan