Fakta Seputar Burung Nuri yang Memiliki Bentuk yang Indah

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   11 Mei 2021
Fakta Seputar Burung Nuri yang Memiliki Bentuk yang IndahFakta Seputar Burung Nuri yang Memiliki Bentuk yang Indah

Halodoc, Jakarta - Burung Nuri adalah burung yang paling populer di seluruh dunia. Burung dengan warna bulu yang indah ini memiliki kepribadian yang menggemaskan dan cerdas. Burung Nuri lebih dari sekedar burung yang cantik. Ada banyak fakta unik tentang Burung Nuri yang menarik untuk diketahui.

Burung Nuri memiliki 360 spesies yang berbeda. Sayangnya, hampir 100 dari spesies ini terancam punah. Hal ini karena hilangnya habitat dan seringnya terjadi penangkapan untuk dijadikan hewan peliharaan. Sebagian besar burung nuri hidup di daerah tropis dan semi tropis, seperti Amerika Tengah dan Selatan, karibia, Afrika, Asia, India, Selandia Baru dan Australia.

Baca juga: Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

Fakta Menarik tentang Burung Nuri

Tertarik dengan Burung Nuri? Berikut ini fakta menarik yang perlu diketahui!

1. Burung Nuri Makan Menggunakan Kaki

Semua burung memiliki cengkraman yang luar biasa kuat, tapi hanya Burung Nuri yang mampu memegang makanan hingga ke paruhnya saat makan. Mereka bisa menggenggam makanannya dengan satu kaki, kemudian mengangkatnya ke atas agar bisa menggigitnya. Dengan begitu, cara makan Burung Nuri sangat mirip dengan cara makan manusia. Jari-jari Burung Nuri yang berdaging sangat mirip dengan jari-jari manusia. 

2. Kebanyakan Burung Nuri Bisa Meniru Suara

Burung Nuri meniru suara agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Burung yang punya jiwa sosial ini tidak suka merasa ketinggalan, jadi mereka meniru suara yang mereka dengar di sekitar untuk berkomunikasi. Burung Nuri memiliki organ vokal yang disebut syrinx, terletak di dasar trakea yang mengarahkan udara secara berbeda dan memungkinkan mereka meniru suara. 

3. Bisa Hidup Selama Lebih dari 60 Tahun

Semakin besar Burung Nuri, semakin lama umur mereka. Misalnya Burung Nuri jenis African Grey, diketahui bisa hidup lebih dari 60 tahun. Jenis Macaw biasanya hidup antara 25-50 tahun, sedangkan Burung Nuri berukuran sedang biasanya hidup antara 15-20 tahun. 

Burung Nuri peliharaan umumnya hidup lebih lama dibanding yang liar, karena mereka memiliki lebih sedikit ancaman dari predator dan penyakit. Umur Burung Nuri peliharaan bisa sekitar 30 tahun, banyak juga yang lebih. 

Baca juga: Memelihara Hewan, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

4. Hidup Berpasangan

Setelah Burung Nuri jantan dan betina berkumpul, mereka biasanya tetap bersama, bahkan di luar musim kawin. Satu-satunya saat mereka berpisah adalah jika mereka gagal menghasilkan anak, atau jika pasangan mereka meninggal. Burung Nuri yang berpasangan akan mencari makan bersama, merawat satu sama lain, dan tidur bersebelahan. Romantis juga, ya!

5. Memiliki Paruh yang Kuat

Burung Nuri dikenal memiliki paruh yang melengkung, dengan bagian atasnya lebih besar daripada bagian bawah. Sebaiknya jangan letakkan jari kamu di dekat paruh Burung Nuri (kecuali sudah saling akrab) karena mereka bisa menggigit dengan sangat kuat. Burung Nuri terbesar memiliki paruh yang sangat kuat sehingga mereka bisa menghancurkan kacang brazil dan bahkan membuka sangkar logam. 

Baca juga: Inilah Fakta Menarik tentang Burung Kutilang

6. Merupakan Omnivora

Burung Nuri suka makan biji-bijian. Mereka juga memakan bunga, buah, dan serangga. Meskipun kebanyakan Burung Nuri omnivora, kamu tidak perlu memberi makan daging pada Burung Nuri peliharaan. Karena mereka sangat senang dengan buah dan sayuran yang enak.

Perlu diketahui, Burung Nuri juga merupakan salah satu jenis burung yang cerdas. Fakta ini membuat Burung Nuri semakin menarik untuk dipelihara. Jika kamu sudah memelihara Burung Nuri dan ingin tahu lebih banyak tentang perawatannya, diskusikan pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Chipper Birds. Diakses pada 2021. Facts About Parrots: 16 Fun Facts That’ll Make Everyone You Know Say “I Never Knew That!”
Birdland. Diakses pada 2021. learn some fun parrot facts


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan