Enggak Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat Berlibur Bagi Anak

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
liburan untuk anak

Halodoc, Jakarta - Liburan bukan cuma bermanfaat bagi kamu yang sudah dewasa. Anak-anak pun justru perlu pergi berlibur. Liburan merupakan momen untuk bersenang-senang, sekaligus salah satu satu tahapan perkembangan bermain anak. Banyak manfaat yang didapatkan anak dari berlibur, baik liburan indoor maupun outdoor. Namun, liburan yang benar-benar berkesan adalah ketika anak diajak untuk melakukan kegiatan di luar ruangan atau outdoor.

Berikut beberapa manfaat liburan untuk anak yang perlu kamu ketahui:

  1. Lebih Dekat dengan Keluarga

Selain bersenang-senang, waktu berlibur adalah momen yang paling penting untuk mempererat tali persaudaraan di dalam keluarga. Hal ini karena banyak aktivitas yang dilakukan bersama-sama. Alhasil, anggota keluarga pun dapat semakin dekat antara satu dengan lainnya. Berlibur bersama keluarga juga dapat meningkatkan hubungan harmonis antara orangtua dan anak.

Baca juga: 6 Tips Mudah Sebelum Ajak Anak Liburan

  1. Menumbuhkan Kreativitas Anak

Seiring berjalannya waktu, anak akan terpacu kreativitas, pertumbuhan, dan perkembangannya. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan anak, kreativitasnya akan berkembang secara signifikan. Terdapat banyak kegiatan yang dapat memancing kreativitas anak, misalnya mengajaknya berlibur ke pantai, memancing, berenang, bermain teka-teki, ataupun membawanya ke kebun binatang.

Supaya pertumbuhan kreativitas anak semakin cepat, ajaklah Si Kecil melakukan hal-hal yang disukainya. Tanyakan padanya tentang hobi yang menjadi kegemarannya, supaya ia pun menjadi lebih semangat saat melakukannya.

Baca juga: 5 Kegiatan Liburan yang Mencerdaskan Anak

  1. Menghilangkan Stres pada Anak

Jangan mengira anak-anak tidak pernah mengalami stres. Mereka pun dapat mengalami stres jika terus-terusan dipaksa untuk belajar. Ketika anak mengalami stres, orangtua harus mengajaknya ke luar rumah untuk beraktivitas. Misalnya, berenang, memancing, atau pun sekadar bermain di pantai. Kegiatan seperti ini otomatis akan membuat otak Si Kecil menjadi lebih fresh, sehingga ia mampu melaksanakan rutinitas di hari berikutnya lebih maksimal.

Demi kebaikan Si Kecil juga, orangtua perlu mengatur jadwal berlibur. Apakah sekali dalam seminggu atau sekali dalam dua minggu. Penjadwalan waktu untuk liburan penting dilakukan, supaya dapat mempersiapkan liburan dengan sebaik-baiknya. Liburan yang dimaksud tidak harus ke luar kota, tetapi juga bisa di sekitar tempat tinggal.

  1. Mempelajari Hal-hal Baru

Liburan yang baik tidak hanya berlibur di lingkungan indoor saja, melainkan juga outdoor. Liburan yang dimaksud juga tidak hanya mengajak anak berenang, pergi ke mall, atau menonton TV. Melainkan juga mengajaknya untuk mengenal alam sekitar, misalnya membawanya ke taman nasional atau kebun binatang. 

Baca juga: Tips Pilih Makanan Sehat saat Liburan

Terdapat banyak hal baru yang bisa dipelajari anak saat dirinya berada di taman nasional atau kebun binatang. Contohnya, mengetahui nama-nama tumbuhan dan hewan. Selain itu, anak juga dapat bersatu dengan alam, sehingga dalam dirinya tumbuh keinginan untuk merawat alam sebaik-baiknya.

  1. Perkembangan Otak Anak Meningkat

Saat mengajak anak untuk berlibur, ada dua jenis sistem yang dilatih di dalam otaknya, yaitu play system dan seeking system. Keduanya merupakan faktor penting yang akan meningkatkan daya berpikir anak. Latihan dua sistem ini tentu tidak akan didapatkan jika anak terus-menerus berada di rumah.

Kesinambungan antara kedua sistem tersebut akan membantu anak dalam mengontrol emosinya. Anak juga tidak akan mudah stres, bahkan selalu merasa bahagia, meskipun ia berada dalam situasi sulit sekalipun. Hal ini tentu baik untuk tumbuh kembangnya ketika ia beranjak dewasa nanti.

Setelah mengetahui manfaat mengajak anak berlibur, tentu ibu dan ayah sudah tidak ragu lagi untuk mengajaknya berlibur, kan? Pastikan anak mendapatkan liburan yang cukup, supaya ia tidak mengalami stres dan lebih semangat dalam menjalani hari-harinya. Tanyakan pula tentang manfaat berlibur bagi anak pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga!