5 Buah-buahan Pengganti Cairan Tubuh Selama Berpuasa

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   14 April 2021
5 Buah-buahan Pengganti Cairan Tubuh Selama Berpuasa5 Buah-buahan Pengganti Cairan Tubuh Selama Berpuasa

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi buah-buahan menjadi salah satu hal yang cukup penting setelah kamu seharian berpuasa. Selain karena buah-buahan mengandung pemanis alami yang baik untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, ada juga beberapa jenis buah-buahan yang mengandung kadar air yang cukup tinggi dan sangat baik untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama kamu menjalani ibadah puasa. 

Dehidrasi karena menjalani ibadah puasa adalah hal yang sangat mungkin terjadi. Sehingga kamu harus pintar-pintar memilih buah yang kaya kandungan air sehingga kebutuhan air tak hanya disokong oleh minum air saja. 

Baca juga: Aturan Minum Air Putih saat Puasa 

Buah Kaya Air untuk Buka Puasa

Apa saja sih buah yang kaya kandungan air tersebut dan cocok dijadikan pelengkap hidangan berbuka puasa? Ini jenisnya:

Semangka

Semangka memang termasuk salah satu buah-buahan yang mengandung air cukup banyak. Bahkan dalam satu buah semangka, nyatanya memiliki tingkat hidrasi 92 persen dibandingkan dengan air biasa. Selain mengandung air, dalam satu buah semangka juga terkandung 12 gram karbohidrat yang bisa membantu tubuh untuk menyerap cairan. 

Air Kelapa

Air kelapa merupakan salah satu minuman yang cukup dicari oleh masyarakat saat berbuka puasa. Air kelapa merupakan cairan yang paling higienis dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Air kelapa memiliki tingkat hidrasi sebanyak 95 persen. Air kelapa mengandung sodium dan juga karbohidrat. Tentu akan menyegarkan sekali jika kamu berbuka puasa dengan air kelapa.

Jeruk

Jeruk juga merupakan salah satu buah-buahan yang cukup banyak mengandung air. Biasanya, setelah kamu mengonsumsi jeruk saat berbuka puasa, rasa haus akan segera hilang karena kandungan air pada buah jeruk sebanyak 87 persen. Selain memiliki manfaat untuk mengurangi dehidrasi pada tubuh, jeruk ternyata juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kanker pada tubuh karena mengandung zat limonoid.

Tak hanya itu, vitamin C yang banyak terkandung pada jeruk juga bisa menjaga kesehatan kulit kamu selama kamu menjalankan ibadah puasa. Dengan asupan vitamin C yang cukup, maka kulit kamu tetap lembap dan terhindar dari kekeringan. Selain itu, tingginya kandungan serat pada jeruk juga bisa menjaga sistem pencernaan kamu tetap baik selama menjalankan ibadah puasa.

Baca juga:  6 Tips Atasi Kulit Kering & Kusam Selama Berpuasa

Mentimun

Siapa sangka mentimun menjadi buah yang banyak manfaatnya, salah satunya untuk mengurangi dehidrasi pada tubuh. Hampir seluruh daging mentimun terdiri dari air. Kadar air pada buah mentimun mencapai 96 persen, sehingga saat kamu berbuka puasa dan menikmati es mentimun, dijamin rasa haus atau dehidrasi kamu pasti langsung hilang.

Selain untuk menghilangkan rasa haus dan dehidrasi, mentimun juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan kamu. Air mentimun nyatanya juga bisa menghilangkan racun yang ada pada tubuh kamu. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada mentimun bisa menjaga sistem pencernaan kamu. Hebatnya lagi, buah mentimun juga bisa mengurangi risiko gagal ginjal jika kamu mengonsumsi buah mentimun secara rutin.

Melon Kuning

Pasti segar sekali setelah seharian berpuasa dan kamu berbuka dengan menikmati melon kuning. Selain memiliki manis alami yang baik untuk kesehatan, melon kuning juga memiliki kadar air sebanyak 90 persen. Nyatanya, buah ini sangat baik untuk mengganti cairan dalam tubuh kamu yang baru selesai berpuasa selama kurang lebih 12 jam. Tidak hanya mengandung air yang cukup tinggi, melon kuning juga mengandung vitamin A dan C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mata kamu pada saat puasa.

Baca juga: Porsi yang Tepat Saat Berbuka Puasa

Itulah beberapa buah kaya air yang sangat cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, atau bahkan saat sahur. Namun, jika kamu merasakan gejala penyakit saat menjalani ibadah puasa, dan gejala tersebut cukup mengganggu kekhusyukan ibadah, maka jangan tunda untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit. Kini buat janji di rumah sakit pun lebih mudah karena bisa dilakukan lewat aplikasi Halodoc. Dengan begini, kamu jadi tak perlu lagi buang waktu untuk mengantre. Praktis bukan? Yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang!


Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 19 Water-Rich Foods That Help You Stay Hydrated.
My Food Data. Diakses pada 2021. 17 Fruits Highest in Water. 


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan