7 Makanan Bergizi untuk Mencegah Stunting pada Balita

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 September 2023

“Mengonsumsi makanan bergizi, khususnya protein hewani, cukup efektif untuk mencegah stunting pada balita. Ada banyak pangan lokal yang bergizi dan kaya protein, serta baik untuk mendukung pertumbuhan balita.”

7 Makanan Bergizi untuk Mencegah Stunting pada Balita7 Makanan Bergizi untuk Mencegah Stunting pada Balita

Halodoc, Jakarta – Sudah tak asing bukan dengan masalah stunting pada balita? Stunting terjadi ketika pertumbuhan tinggi balita tidak sesuai dengan tinggi ideal di usianya. Penyebabnya karena kurangnya asupan gizi yang seimbang dalam jangka waktu lama.

Di Indonesia, stunting biasanya terjadi pada anak-anak yang datang dari keluarga dengan ekonomi yang rendah, sehingga mereka kurang mampu untuk mengakses makanan bergizi. 

Sebenarnya ada berbagai pilihan pangan lokal yang murah, tapi tetap mengandung banyak gizi dan nutrisi yang baik untuk anak. Mau tahu, apa saja makanan tersebut? 

Mencegah Stunting dengan Makanan Murah dan Bergizi 

Makanan bergizi yang ditunjukkan di media sosial sering kali digambarkan sebagai makanan mahal yang diimpor dari luar negeri.

Namun, sebenarnya untuk memenuhi gizi seimbang pada balita, orang tua dapat memanfaatkan makanan-makanan lokal yang tersedia di pasar. Contohnya seperti tempe, ati ayam, telur, dan lain-lain. 

Makanan tersebut tidak hanya murah, tapi juga kaya protein dan gizi lainnya yang dibutuhkan tubuh anak.

Nah, berikut makanan untuk mencegah stunting pada balita:

1. Tempe dan tahu

Tempe dan tahu adalah sumber protein nabati yang berbahan dasar dari kedelai. Setiap 100 gramnya, tempe mengandung protein sebanyak 14 gram, sedangkan tahu sebesar 10,9 gram protein. 

Selain itu, kedua makanan ini juga mengandung zat besi yang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh anak. Mulai dari meningkatkan energi tubuh, meningkatkan sistem imun, dan menjaga kesehatan tulang.  

Dalam semangkuk atau setara 85 gram tempe, dapat mencukupi kebutuhan zat besi harian sebanyak 10 persen. Sementara itu, dengan porsi yang sama tahu dapat memenuhi 8 persen kebutuhan zat besi harian. 

Selain itu, ibu juga bisa menghubungi dokter anak di Halodoc mengenai jenis makanan yang baik untuk cegah stunting.

Nah, Ini Dokter Ini Akan Bantu Perawatan Anak Stunting.

2. Kacang-kacangan

Anak-anak biasanya kurang menyukai kacang-kacangan. Padahal, kacang-kacangan adalah makanan alternatif yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein pada balita. Kacang hijau contohnya, satu porsi atau setara 100 gram mengandung 8,7 gram protein.

Kacang hijau juga biasanya diberikan sebagai Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pada balita di posyandu. Selain kacang hijau, kacang tanah pun yang juga kaya nutrisi.

Kacang tanah mengandung magnesium, folat, vitamin E, tembaga, dan arginin. Dalam seperempat cangkir porsi kacang tanah mengandung 9 gram protein, atau setara dengan 18 persen dari kebutuhan protein harian.

Selain dari pola makan, ketahui cara pencegahan stunting pada anak di artikel Ibu, Ini 5 Cara Ampuh Mencegah Stunting pada Anak.

3. Telur

Untuk mencegah stunting tidak hanya anak yang perlu makanan bergizi, ibu pun juga harus mengonsumsi makanan bergizi.

Bumil dan busui dapat menambahkan sebutir telur sebagai sumber protein pada menu harian.

Telur mengandung asam amino yang baik untuk tubuh ibu dan bayi.

Telur juga mengandung selusin vitamin dan mineral termasuk kolin yang bagus untuk perkembangan otak bayi. Ingat, ibu harus mengonsumsi telur dalam keadaan matang untuk mencegah kontaminasi bakteri. 

4. Hati ayam

Hati ayam ternyata mengandung protein yang lebih tinggi dari daging ayam. Dalam 100 gram hati ayam mentah mengandung 27,4 protein, sedangkan daging ayam hanya 18,2 gram protein. 

Tidak hanya tinggi protein, hati ayam juga cenderung rendah kalori sehingga asupan hati ayam akan membuat kenyang lebih cepat dan bertahan lebih lama.

Hati ayam juga kaya vitamin B yang sangat baik untuk bumil dan anak-anak dalam masa pertumbuhan. Pada setiap 100 gram hati ayam mengandung 16,6 mcg vitamin B12, 0,9 mg vitamin B6, dan 0,36 mg vitamin B1.

Mau tahu pendoman makanan gizi seimbang agar tubuh selalu sehat? Baca selengkapnya di artikel ini: “Mengenal Pedoman Gizi Seimbang dan Manfaat untuk Kesehatan“.

5. Ikan

Ikan kembung adalah salah satu makanan yang baik untuk mencegah stunting pada anak. Meski harganya lebih murah daripada ikan lainnya, ikan kembung memiliki nilai gizi yang hampir sama dengan ikan salmon.

Ikan kembung kaya akan sumber vitamin B2, B3, B6, B12, dan vitamin D. Ikan kembung bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, mencegah penyakit otak, dan menguatkan tulang.

Itulah beberapa jenis makanan bergizi dengan harga terjangkau yang dapat mencegah stunting pada balita.

Jadi, ibu tidak perlu khawatir untuk memberikan nutrisi dan gizi terbaik untuk anak tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar. Baca juga artikel Ibu, Kenali 8 Fakta Penting Mengenai Stunting pada Anak untuk informasi lainya.

6. Buah

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyarankan untuk memasukkan buah sebagai salah satu menu bergizi untuk mencegah stunting.

Buah tidak perlu mahal, bisa pisang ambon ukuran sedang, ataupun jeruk manis berukuran kurang lebih 100 gram.

7. Sayuran

Sayuran juga merupakan komponen penting untuk mencegah stunting pada anak. Kemenkes RI merekomendasikan sayur bayam ataupun kacang panjang ke dalam menu harian. 

Bayam dapat melancarkan sistem pencernaan dan menyehatkan tulang dan gigi. Sedangkan kacang panjang berkhasiat sebagai sumber protein, menyeimbangkan gula darah, dan menurunkan risiko obesitas.

Stunting bisa sangat berdampak pada kualitas hidup anak. Jika ingin berkonsultasi mengenai kesehatan Si Kecil, tanyakan saja langsung pada dokter melalui Halodoc.

Ibu bisa mendapatkan rekomendasi dokter terbaik dalam artikel berikut: Ini Dokter Ini Akan Bantu Perawatan Anak Stunting.

Referensi:
Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan – Kementerian Kesehatan RI. Diakses pada 2023. Makanan Murah Meriah Pencegah Stunting.
Healthline. Diakses pada 2023. What’s the Difference Between Tempeh and Tofu?.
WebMD. Diakses pada 2023. Health Benefits of Peanuts.
WebMd. Diakses pada 2023. 6 Must-Eat Foods for Pregnancy.
Doctorkiltz. Diakses pada 2023. Chicken Liver: Nutrition Facts and Top 10 Benefits.
WebMd. Diakses pada 2023. What Are the Health Benefits of Mackerel.
Ikatan Dokter Anak Indonesia. Diakses pada 2023. Rekomendasi Praktik Pemberian Makan Berbasis Bukti pada Bayi dan Batita di Indonesia untuk Mencegah Malnutrisi.
Sehat Negeriku. Diakses pada 2023. Penjelasan Lengkap Soal Pangan Cegah Stunting.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan