Mengenal Pedoman Gizi Seimbang dan Manfaat untuk Kesehatan

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 November 2023

“Gizi seimbang adalah asupan makanan yang jumlah zat gizinya sesuai dengan kebutuhan. Pastikan kamu mengenal pedoman gizi seimbang dan prinsip utamanya agar kesehatan tubuh tetap optimal.”

Mengenal Pedoman Gizi Seimbang dan Manfaat untuk KesehatanMengenal Pedoman Gizi Seimbang dan Manfaat untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Untuk mendapatkan kesehatan yang optimal, ada banyak hal yang perlu dilakukan. Salah satunya memastikan bahwa setiap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sesuai dan seimbang.

Untuk itu, kenali lebih banyak mengenai pedoman gizi seimbang dan manfaatnya untuk kesehatan. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Apa itu Pedoman Gizi Seimbang?

Gizi seimbang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Lalu, apa yang dimaksud dengan gizi seimbang? Gizi seimbang adalah asupan makanan sehari-hari yang jenis dan jumlah zat gizinya sesuai dengan kebutuhan. 

Tentunya nilai gizi yang dibutuhkan oleh tiap orang tidaklah sama. Kebutuhan nilai gizi setiap orang berbeda-beda dan disesuaikan oleh beberapa hal. Contohnya seperti prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik yang dijalankan, perilaku hidup bersih, dan proses mempertahankan berat badan normal.

Apa sih pentingnya gizi seimbang? Mendapatkan asupan dengan pedoman gizi seimbang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti:

  • Fungsi tubuh berjalan dengan baik.
  • Aktivitas dapat berjalan normal setiap hari.
  • Mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak.
  • Mencegah stunting.
  • Menghindari kondisi obesitas.
  • Menurunkan risiko kekurangan gizi atau gizi buruk.

Ada beberapa jenis zat gizi yang perlu kamu ketahui, seperti:

  • Zat gizi yang menghasilkan energi. Contohnya, karbohidrat, lemak, dan protein.
  • Zat gizi yang membangun sel. Contohnya, protein.
  • Zat gizi pengatur. Contohnya, vitamin, mineral, dan air.

Kamu juga bisa Mengenal Piramida Makanan dalam Pola Makan Gizi Seimbang melalui artikel ini.

Pilar Utama Dalam Prinsip Gizi Seimbang

Gizi seimbang memiliki empat pilar besar sebagai bentuk upaya dalam menyeimbangkan zat gizi yang keluar dan zat gizi yang masuk. Apa sajakah yang masuk ke dalam 4 pilar gizi seimbang?

1. Mengonsumsi makanan beragam

Makanan yang kita konsumsi memiliki jenis dan jumlah nutrisi serta gizi yang berbeda-beda. Sehingga kita perlu mengonsumsi beragam makanan agar kebutuhan akan nutrisi seimbang dapat terpenuhi dengan baik. 

Apa saja contoh gizi seimbang? Misalnya, mengonsumsi karbohidrat bisa menjadi sumber kalori utama, tetapi makanan tersebut rendah akan kandungan serat. Sehingga kita harus mengonsumsi makanan lain yang kaya akan serat untuk menyeimbangkan gizi dalam tubuh.

Namun, mengonsumsi makanan yang beraneka ragam ini harus dalam jumlah yang seimbang. Artinya tidak berlebihan, jumlah yang cukup, dan dilakukan secara teratur.

Cari tahu Jumlah Kebutuhan Zat Gizi yang Dibutuhkan oleh Tubuh Manusia melalui artikel ini.

2. Membiasakan perilaku hidup bersih

Dengan menerapkan perilaku hidup bersih, kita akan terhindar dari berbagai bakteri, parasit, jamur, hingga virus yang dapat memicu infeksi dalam tubuh. Bahkan, penyakit diare bisa diturunkan risikonya sebanyak 45 persen dengan rajin mencuci tangan.

Berikut waktu yang tepat untuk mencuci tangan untuk membiasakan perilaku hidup bersih, yaitu:

  • Sebelum dan sesudah memegang makanan.
  • Sesudah buang air kecil dan buang air besar.
  • Setelah menyentuh binatang.
  • Sesudah melakukan aktivitas di luar ruangan atau berkebun.
  • Setelah bermain dan melakukan kontak langsung dengan orang lain.

3. Pola hidup aktif dan berolahraga

Pola hidup aktif akan dijalankan dengan melakukan berbagai aktivitas fisik. Dengan melakukan aktivitas fisik yang sesuai dengan usia dan kondisi kesehatan, ini merupakan upaya tubuh dalam menyeimbangkan keluar masuknya gizi, terutama yang menjadi sumber energi utama untuk tubuh.

Ada berbagai jenis aktivitas fisik yang bisa kamu lakukan, termasuk olahraga. Untuk itu, sebaiknya lakukan olahraga minimal tiga kali seminggu dengan durasi 30 menit setiap latihan. Dengan begitu, keseimbangan gizi dalam tubuh bisa terpenuhi dengan baik.

4. Memantau berat badan normal

Pilar terakhir dalam menyeimbangkan gizi tubuh dengan memantau berat badan normal yang sesuai dengan Indeks Massa Tubuh (IMT). Pastikan selalu memantau berat badan agar tidak mengalami kelebihan atau kekurangan, karena dapat mengganggu keseimbangan gizi dalam tubuh.

Pesan Umum pada Pedoman Gizi Seimbang

Berikut pesan umum yang bisa kamu pelajari dari pedoman gizi seimbang, yaitu:

1. Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan

Pesan ini bertujuan untuk selalu mengoptimalkan sumber daya makanan yang ada di sekitar. Mulai dari makanan pokok, lauk-pauk, buah-buahan, serta sayuran bisa kamu konsumsi beragam setiap harinya. Dengan begitu, gizi bisa terlaksana dengan seimbang.

2. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan

Dengan mengonsumsi buah dan sayur yang cukup, maka kebutuhan vitamin dan mineral dapat terpenuhi dengan baik. Cari tahu berbagai Alasan Pentingnya Mengonsumsi Buah-Buahan Setiap Hari melalui artikel ini.

3. Konsumsi lauk berprotein tinggi

Setelah mengonsumsi sayur dan buah, pastikan juga mengonsumsi lauk dengan kandungan protein tinggi. Fungsi protein pada tubuh sangat penting sebagai sumber energi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Konsumsi beragam aneka makanan pokok

Nasi menjadi salah satu makanan pokok. Namun, bukan hanya nasi, ada berbagai jenis makanan pokok lainnya yang bisa membantu kamu mengoptimalkan energi tubuh. Contohnya, ubi, jagung, dan sagu.

5. Batasi konsumsi makanan asin, manis, dan berlemak

Agar gizi tetap seimbang, sebaiknya batasi asupan makanan asin, manis, dan berlemak. Hal ini bertujuan untuk mencegah beragam gangguan penyakit yang terjadi akibat ketidakseimbangan gizi dalam tubuh.

6. Sarapan sebelum beraktivitas

Jangan pernah lewatkan sarapan sebelum beraktivitas. Sarapan dengan menu nutrisi seimbang menjadi hal penting agar kamu bertenaga untuk menjalani beragam kegiatan.

7. Minum air putih yang cukup

Pastikan untuk memenuhi kebutuhan air putih setiap harinya. Hal ini bertujuan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

8. Biasakan baca label pada kemasan

Jangan lupa untuk selalu membaca label pada kemasan makanan. Manfaat dari rutin membaca label agar kita dapat mengenali berbagai kandungan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Dengan begitu, asupan gizi tetap seimbang.

9. Cuci tangan

Menjaga gizi tetap seimbang juga bisa kamu lakukan dengan mencuci tangan. Dengan rutin cuci tangan, kamu bisa terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyebabkan gangguan pada gizi seimbang.

10. Berolahraga secara teratur

Pesan terakhir untuk mengoptimalkan pedoman gizi seimbang dengan rutin berolahraga. Tentunya, ada banyak manfaat olahraga yang bisa kamu dapatkan, salah satunya menyeimbangkan gizi yang masuk dan keluar dalam tubuh.

Itulah berbagai informasi seputar gizi seimbang. Pastikan untuk selalu mengonsumsi berbagai makanan sehat, agar kebutuhan nutrisi dalam tubuh tetap terpenuhi dengan baik.

Klik gambar di bawah ini apabila ingin konsultasi lebih lanjut dengan spesialis gizi di Halodoc dengan biaya yang terjangkau.

chat dokter halodoc
Referensi:
Dinkes Kabupaten Badung. Diakses pada 2023. Apa Itu Gizi Seimbang?
Kemenkes RI. Diakses pada 2023. Pilar Utama Dalam Prinsip Gizi Seimbang.
Kemenkes RI. Diakses pada 2023. Gizi Seimbang pada Remaja.
Kemenkes RI. Diakses pada 2023. Tumpeng Gizi Seimbang dan 10 Pesan Gizi Seimbang.
Kemenkes RI. Diakses pada 2023. Apa Saja 4 Pilar Utama Dalam Prinsip Gizi Seimbang?
Kemenkes RI. Diakses pada 2023. Pesan Umum Gizi Seimbang Bagian 1.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan