• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan Sehat yang Bisa Menjadi Mood Booster
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan Sehat yang Bisa Menjadi Mood Booster

5 Makanan Sehat yang Bisa Menjadi Mood Booster

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 31 Maret 2021
5 Makanan Sehat yang Bisa Menjadi Mood Booster5 Makanan Sehat yang Bisa Menjadi Mood Booster

Halodoc, Jakarta - Kamu tahu bahwa makanan sehat dapat membuat kesehatan tubuh terjaga. Namun, tahukah kamu bahwa beberapa makanan sehat juga bisa menjadi mood booster atau pembangkit suasana hati? Ya, alih-alih melampiaskan bad mood dengan mengonsumsi makanan tidak sehat, kamu bisa coba mengonsumsi makanan sehat yang akan dibahas setelah ini.

Mengonsumsi makanan tidak sehat saat bad mood justru bisa memperburuk suasana hati, lho. Jadi, saat butuh mood booster, sebaiknya pilihlah makanan sehat. Misalnya, makanan yang mengandung asam lemak omega-3, probiotik, serat, protein termasuk asam amino triptofan, asam folat (vitamin B9), dan berbagai jenis vitamin B lainnya. Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Baca juga: Sering Sarapan Sereal, Baik untuk Kesehatan Tubuh?

Pilihan Makanan Sehat untuk Mood Booster

Diet merupakan pola makan sehat yang berguna untuk mengontrol lingkar pinggang dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan, baik fisik maupun mental. Dengan rutin mengonsumsi makanan yang sehat dapat menjadi mood booster, hingga mencegah depresi. Maka dari itu, kamu harus tahu makanan apa saja yang memberikan manfaat pada suasana hati. Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Pisang

Buah berkulit kuning ini memiliki kandungan asam amino triptofan dan vitamin B6, yang baik dikonsumsi sebagai mood booster. Vitamin B6 berperan penting dalam mendukung proses pengubahan asam amino triptofan menjadi hormon serotonin dalam tubuh. 

Hormon serotonin diperlukan tubuh untuk memperbaiki suasana hati. Tidak heran jika triptofan sering digunakan sebagai suplemen untuk mengatasi masalah kesehatan mental, seperti depresi, insomnia, dan gangguan kecemasan.

2. Cokelat Hitam

Cokelat hitam adalah salah satu makanan yang bisa jadi mood booster. Cokelat hitam dapat membantu menurunkan hormon kortisol dalam tubuh, yaitu hormon yang dihasilkan ketika stres. Selain itu, mengonsumsi sebatang cokelat hitam juga bisa membantu merangsang otak melepaskan hormon endorfin dan serotonin. 

Baca juga: Anak Lebih Suka Makan Fast Food, Ibu Harus Apa?

3. Berbagai Kacang-kacangan

Dipercaya jika berbagai macam kacang-kacangan mampu untuk meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik, termasuk pengelolaan depresi agar lebih baik. Beberapa jenis kacang yang direkomendasikan, antara lain kacang lentil, kacang polong, buncis, dan lainnya. Selain itu, jenis kacang ini jika dicampur dengan makanan berserat tinggi mampu menjaga kesehatan usus menjadi lebih baik, karena kandungan prebiotik yang meningkatkan jumlah bakteri sehat di usus. Disarankan untuk mengonsumsi 1 hingga 2 cangkir kacang per minggu untuk mendapatkan semua manfaat tersebut.

4. Ikan

Ada beberapa jenis ikan yang bisa jadi makanan mood booster saat suasana hati sedang kacau. Misalnya, ikan salmon dan sarden, yang merupakan sumber asam lemak omega-3, yang bisa meningkatkan fungsi otak. Konsumsilah ikan secara rutin, agar kamu bisa menjaga kesehatan fisik serta mental secara bersamaan.

5. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Namun, justru itu yang menjadikan oatmeal sebagai makanan mood booster yang bisa dicoba. Makanan dengan indeks glikemik rendah akan melepaskan energi secara perlahan menuju aliran darah. 

Baca juga: Alasan Nanas Bisa Jadi Penyebab Keguguran

Hal itu dapat membuat gula darah dan suasana hati menjadi lebih stabil. Oatmeal juga mengandung selenium yang efektif untuk menjaga suasana hati tetap baik dan pengaturan kelenjar tiroid.

Itulah beberapa makanan mood booster untuk membantu meningkatkan suasana hati. Jika butuh saran lainnya seputar makanan sehat, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter gizi, kapan dan di mana saja. 

Selain mengonsumsi makanan sehat saat sedang bad mood, penting juga untuk minum air putih yang cukup. Kurang minum air putih dapat membuat kesehatan fisik dan mental terganggu. Jadi, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup setiap harinya, ya. 

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2021. 10 Healthy Foods to Boost Your Mood.
Healthline. Diakses pada 2021. Mood Food: Can What You Eat Affect Your Happiness?
Mind UK. Diakses pada 2021. Food and Mood.
Net Doctor UK. Diakses pada 2021. 11 Mood – Boosting Foods You Need to Have in Your Kitchen.