5 Makanan yang Mengandung Vitamin E yang Mudah Didapatkan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 Februari 2023

“Siapa bilang makanan yang mengandung vitamin E susah didapatkan? Faktanya, makanan yang biasa kita temukan sehari-hari, seperti brokoli, minyak zaitun, bayam, alpukat, dan mangga mengandung vitamin E.”

5 Makanan yang Mengandung Vitamin E yang Mudah Didapatkan5 Makanan yang Mengandung Vitamin E yang Mudah Didapatkan

Halodoc, Jakarta – Selama ini mungkin kamu mengenal vitamin E adalah sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Nah, faktanya, tidak hanya kulit, vitamin E memiliki manfaat yang lain. Beberapa di antaranya adalah membantu menjaga kesehatan mata serta memperkuat pertahanan alami tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

Sama seperti vitamin lainnya, tubuh membutuhkan vitamin E. Vitamin E diperoleh dari makanan, seperti alpukat, mangga, kiwi, hati angsa, dan lain sebagainya. Yuk, simak selengkapnya di sini, jenis makanan yang mengandung vitamin E yang mudah didapatkan!

Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin E

3 Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin E

Vitamin E ternyata cukup mudah didapatkan, mulai dari biji-bijian, sayuran, buah, bahkan dari sumber hewani. Lantas, apa saja jenis makanan yang mengandung vitamin E?

1. Brokoli

Brokoli memang sudah dikenal sebagai sayuran yang mengandung banyak nutrisi, salah satunya adalah vitamin E. Satu porsi sedang brokoli yang ditumis mengandung 2,3 mg vitamin E. Ini setara dengan 15 persen dari kebutuhan vitamin E harian. 

2. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang tinggi potasium dan mengandung lemak sehat, dan lemak tak jenuh tunggal. Kombinasi ini dapat menyehatkan jantung dan baik untuk orang yang sedang menerapkan diet sehat. Selain itu, alpukat juga tinggi vitamin E. Satu buah alpukat ukuran sedang mengandung 4 mg vitamin E. Nilai ini setara dengan 28 persen kebutuhan asupan harian vitamin E yang direkomendasikan.

3. Minyak zaitun

Buat kamu yang doyan makan salad, ada baiknya untuk mengganti dressing dengan jenis yang lebih sehat, contohnya minyak zaitun. Satu sendok makan minyak zaitun mengandung sekitar 2 mg vitamin E. Ini setara dengan 14 persen kebutuhan vitamin E harian. 

4. Mangga

Ternyata, selain kaya akan vitamin C, mangga juga mengandung vitamin E. Bahkan, kandungannya cukup tinggi. Satu buah mangga mengandung sekitar 25 persen dari kebutuhan vitamin E harian. 

5. Bayam

Tidak hanya buah, jenis sayuran tertentu juga mengandung vitamin E, salah satunya bayam. Bayam yang dikenal tinggi kandungan zat besinya ini ternyata dapat memenuhi sekira 25 persen dari kebutuhan harian tubuh akan vitamin E–bila dimakan dalam porsi sedang. Selain bayam, sayuran berwarna hijau gelap lainnya seperti lobak hijau juga merupakan sumber vitamin E yang baik.

Apa Saja Manfaat Vitamin E untuk Tubuh

Sebenarnya juga tadi sudah disebutkan beberapa manfaat vitamin E untuk tubuh, untuk lebih detailnya dirangkum sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin E bermanfaat bagi mereka yang memiliki kelainan kulit tertentu, seperti eksim. 

2. Meningkatkan kesehatan kognitif

Selain itu, mempertahankan kadar vitamin E optimal dapat membantu meningkatkan kesehatan kognitif. 

3. Mengurangi peradangan terutama buat lansia 

Dapat bermanfaat bagi orang dewasa yang lebih tua alias lansia. Sebabnya, vitamin E memainkan peran penting dalam kesehatan, seperti mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kekebalan.

Itulah penjelasan mengenai vitamin E. Selain dari makanan, vitamin E juga bisa diperoleh melalui suplemen. Kamu bisa mendapatkan kebutuhan vitamin dan suplemen dan melakukan pemeriksaan kesehatan lewat aplikasi Halodoc ya! Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Home Lab Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 20 Foods That Are High in Vitamin E.
The Manual.com. Diakses pada 2023. 12 delicious foods high in vitamin E for skin, hair, and heart health.
National Health Service. Diakses pada 2023. Vitamin E. 
Healthline. Diakses pada 2023. 8 Unique Benefits of Vitamin E.Harvard School of Public Health. Diakses pada 2023. The Nutrition Source.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan