5 Pilihan Obat Asam Urat Alami yang Tanpa Efek Samping

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Januari 2023

“Obat asam urat alami lebih sering dipilih karena dapat membantu mengatasi penyakit asam urat tanpa efek samping. Beberapa di antaranya ceri asam, jahe, seledri, hingga rutin mengonsumsi vitamin c."

5 Pilihan Obat Asam Urat Alami yang Tanpa Efek Samping5 Pilihan Obat Asam Urat Alami yang Tanpa Efek Samping

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam urat adalah jenis radang sendi yang menyakitkan. Meskipun banyak obat asam urat yang dijual bebas yang bisa meredakan penyakit tersebut, beberapa orang lebih memilih obat asam urat alami.

Alasannya, obat ini lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Apa obat alami untuk asam urat yang ampuh? Mau tahu apa saja, berikut ulasannya!

Rekomendasi Obat Asam Urat Alami

Berikut beberapa obat asam urat alami yang membantu mengatasi penyakit asam urat: 

1. Ceri atau jus ceri asam

Menurut studi pada jurnal Hindawi yang berjudul Effectiveness of Cherries in Reducing Uric Acid and Gout: A Systematic Review, mengonsumsi ceri dan minum jus ceri dapat membantu menurunkan kadar asam urat pada pengidap asam urat.

Meski begitu, masih perlu studi lebih lanjut untuk menentukan efek jangka panjang dari asupan ceri pada kadar asam urat. 

Buah ceri mengandung anthocyanin, antioksidan, senyawa anti-inflamasi yang memberi warna merah.

Senyawa tersebut juga merupakan sumber serat dan vitamin C yang baik. Jadi, tidak ada salahnya untuk menjadikan ceri sebagai camilan atau jus tanpa pemanis tambahan. 

2. Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah yang sering diresepkan untuk kondisi peradangan. Khasiatnya untuk membantu mengatasi penyakit asam urat juga sudah tercatat.

Menurut studi berjudul Benefit of Red Ginger (Zingiber officinale Roscoe) against Levels of Uric Acid yang dipublikasikan di jurnal Agromedicine, jahe merah memiliki volatile oil dan non-volatile oil yang dapat menurunkan kadar asam urat darah. Selain itu, jahe merah dapat meredakan nyeri oleh karena penghambatan pada jalur siklo oksigenase sehingga prostaglandin dapat dihambat.

Bila kamu ingin mencoba obat asam urat alami ini, rebus air dengan 1 sendok makan parutan jahe segar. Lalu, rendam kain lap dalam air rebusan tersebut. Saat dingin, tempelkan kompres lap tersebut ke area yang terasa sakit setidaknya sekali sehari selama 15-30 menit. 

Kamu juga bisa meminum air rebusan jahe. Caranya rebus air dengan tambahan 2 sendok teh jahe selama 10 menit. Minum 3 cangkir sehari.

Mau tahu lebih jauh mengenai manfaat susu jahe untuk kesehatan? Baca di artikel ini: “Ini 7 Manfaat Susu Jahe untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui”.

3. Cuka sari apel, jus lemon dan kunyit

Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit merupakan bahan-bahan alami yang sering direkomendasikan untuk mengatasi penyakit asam urat. Bila ketiganya kamu gabungkan, mereka bisa menjadi minuman obat asam urat alami yang nikmat.

Cara membuatnya, campurkan perasan setengah lemon ke dalam air hangat. Lalu, tambahkan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Kamu bisa membuatnya sesuai selera. Minum minuman tersebut 2-3 kali sehari.

4. Seledri atau biji seledri

Untuk mengatasi penyakit asam urat, ekstrak dan biji sayuran ini sudah menjadi obat asam urat alami yang populer. 

Menurut jurnal ilmiah berjudul Efektifitas Air Rebusan Daun Seledri Terhadap Kadar Asam Urat Pada Lansia di Posyandu Lansia Jonggon Jaya Kutai Kartanegara yang dipublikasikan di Borneo Student Research, seledri bisa mengurangi peradangan dan menurunkan kadar asam urat. 

Cobalah perbanyak makan seledri secara rutin, terutama batang seledri mentah, jus, ekstrak atau bijinya. Bila kamu membeli ekstrak atau suplemen seledri, ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan untuk mengonsumsinya.

5. Vitamin C

Beberapa bukti menunjukkan vitamin C bisa membantu mengurangi kadar asam urat. Menurut jurnal ilmiah berjudul Role of Vitamin C in Prophylaxis and Treatment of Gout—A Literature Review yang dipublikasikan di MDPI Journal, memenuhi kebutuhan vitamin C harian dapat mencegah perkembangan dan kekambuhan asam urat.

Selain untuk mengatasi asam urat, vitamin C juga baik untuk kesehatan wajah. Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 7 Manfaat Vitamin C untuk Wajah agar Bersih dan Cerah”.

Nah, bila cara-cara di atas tak mampu meredakan gejala asam urat, tak ada salahnya untuk mengonsumsi obat-obatan untuk menurunkan kadar asam urat.

Alasannya, obat ini lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Apa obat alami untuk asam urat yang ampuh? Mau tahu apa saja,berikut ulasannya!

Rekomendasi Obat Asam Urat yang Bisa Ditemukan di Apotek

Selain mengkomsumsi bahan alami, gunakan juga obat-obatan berikut untuk mengatasi asam urat:

1. Zyloric 100 mg 10 Tablet

Zyloric 100 mg 10 Tablet

Rekomendasi yang pertama adalah Zyloric. Obat ini bisa mengurangi tingkat asam urat dalam aliran darah dengan menghambat enzim xantin oksidase, enzim pembentuk asam urat. 

Obat ini digunakan untuk mencegah serangan asam urat kronis, mengobati sindrom lisis tumor saat proses kemoterapi, serta mengobati batu ginjal dengan komponen asam urat dan kalsium oksalat. 

Zyloric termasuk golongan obat merah atau obat keras, sehingga kamu harus menggunakan sesuai petunjuk dari dokter. Aturan pakai obat ini adalah sesudah makan. 

Kisaran harga: Rp31.200 per strip.

Dapatkan Zyloric 100 mg 10 Tablet  di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Voltaren Suppositoria 100 mg

Voltaren Suppositoria 100 mg

Voltaren Suppositoria dapat digunakan untuk meredakan inflamasi dan penyakit rematik yang degeneratif seperti Artritis Reumatoid, Spondilitis Ankilosa, Osteoartritis, dan Spondilartritis.

Voltaren Suppositoria  juga bisa mengatasi nyeri tulang punggung, non-artikular reumatik, asam urat akut, arthritis yang menyerang anak-anak. 

Pemakaian obat ini melalui anus sesuai aturan. Selain Voltaren Suppositoria juga merupakan obat merah atau obat keras, jadi kamu harus mendapatkan resep dokter sebelum membelinya. 

Kisaran harga: Rp29.500 per suppositoria.

Dapatkan Voltaren Suppositoria 100 mg di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Piroxicam 10 mg 10 Tablet

Piroxicam 10 mg 10 Tablet

Piroxicam adalah jenis obat generik yang termasuk golongan antiinflamasi non steroid (AINS). Fungsinya adalah untuk mengatasi asam urat akut, terapi simptomatik Rheumatoid Arthritis, Osteoarthritis, Ankilosing Spondilitis, serta gangguan Muskuloskeletal akut. Selain itu, piroxicam juga bisa menjadi obat anti nyeri seperti paracetamol. 

Pemakaian obat ini wajib menggunakan resep dokter dan dikonsumsi setelah makan. 

Rentang harga: Rp1.700 – Rp3.800 per strip.

Dapatkan Piroxicam 10 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Baca selengkapnya mengenai obat medis asam urat di artikel: “Ini 7 Rekomendasi Obat Asam Urat yang Ampuh Redakan Nyeri Sendi

Temukan obat atau suplemen untuk mengatasi asam urat yang direkomendasikan dokter hanya di Toko Kesehatan Halodoc, produk terpercaya dengan pengiriman cepat dan aman.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. Natural Home Remedies for Gout.
Verywell Health. Diakses pada 2024. Using Natural Remedies for Gout.
Medical News Today. Diakses pada 2024. 10 home remedies for gout.
Science Direct. Diakses pada 2024. Uricosuric Therapy of Hyperuricemia in Gout.
Halodoc. Diakses pada 2023. Allopurinol.
Halodoc. Diakses pada 2023. Kata Dokter: 5 Jenis Obat untuk Penyakit Asam Urat.
Jurnal Agromedicine. Diakses pada 2023. Benefit of Red Ginger (Zingiber officinale Roscoe) against Levels of Uric Acid.
Borneo Student Research. Diakses pada 2023. Efektifitas Air Rebusan Daun Seledri Terhadap Kadar Asam Urat Pada Lansia di Posyandu Lansia Jonggon Jaya Kutai Kartanegara.
MDPI Journal. Diakses pada 2023. Role of Vitamin C in Prophylaxis and Treatment of Gout—A Literature Review.
Healthline. Diakses pada 2023. Natural Home Remedies for Gout.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan