Ini 7 Manfaat Susu Jahe untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 November 2023

“Membuat susu jahe tak harus mencampurnya dengan susu sapi, tetapi juga susu almond atau kedelai. Minuman sehat ini bermanfaat untuk meredakan mual hingga meningkatkan kualitas tidur.”

Ini 7 Manfaat Susu Jahe untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang DiketahuiIni 7 Manfaat Susu Jahe untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta –  Susu jahe adalah minuman yang terbuat dari campuran susu dengan jahe. Biasanya, jahe dicampur dengan madu atau gula untuk memberikan rasa dan aroma yang khas. 

Susu jahe cocok dikonsumsi ketika cuaca sedang dingin, saat musim hujan tiba, atau saat terkena flu. Tak hanya mendukung kekebalan tubuh, ada berbagai manfaat lainnya yang ditawarkan susu jahe. Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya!

Berbagai Manfaat Susu Jahe untuk Kesehatan

Manfaat susu jahe berasal dari sifat antiinflamasi dan antibakteri dalam rempah. Sifat tersebut bekerja dengan membunuh semua benda asing yang ada di tubuh dan yang dapat menimbulkan masalah.

Beberapa manfaat susu jahe bagi kesehatan, antara lain:

1. Mendukung kekebalan tubuh

Studi ilmiah berjudul Connecting the immune system, systemic chronic inflammation and the gut microbiome: The role of sex yang terbit pada Journal of Autoimmunity, menemukan bahwa jahe memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang kuat.

Karena efek antiinflamasi dan antioksidan inilah jahe dapat mendukung kekebalan tubuh. Cara kerjanya dengan melindungi tubuh dari radikal bebas dan membunuh patogen berbahaya penyebab penyakit.

Meski bermanfaat, susu jahe sebaiknya tidak diberikan pada anak di bawah 1 tahun. Ibu bisa melihat rekomendasi susunya dalam artikel ini: 8 Rekomendasi Susu Pertumbuhan untuk Lengkapi Nutrisi Anak.

2. Meredakan mual atau mabuk perjalanan

Manfaat susu jahe selanjutnya adalah membantu meredakan mual di pagi hari dan mabuk perjalanan. Jahe bekerja dengan menenangkan perut dan juga meredakan peradangan di dalamnya. 

Namun, penelitian ilmiah berjudul Ginger for nausea and vomiting of pregnancy yang terbit pada Canadian Family Physician, menemukan bahwa jahe tidak cocok dikonsumsi oleh  ibu hamil.

Bukan itu saja, studi juga menambahkan, jahe perlu dihindari oleh wanita dengan riwayat keguguran, perdarahan vagina, serta mereka yang memiliki gangguan pada proses pembekuan darah.

3. Mencegah osteoporosis

Susu jahe dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang secara alami. Manfaat ini berasal dari kalsium, potassium, dan magnesium yang bekerja dengan mencegah kelemahan tulang. 

Kandungan jahe di dalamnya membuat tulang terhindar dari kelelahan akibat infeksi, peradangan, dan masalah lainnya. Untuk mendapatkan manfaat susu jahe yang satu ini, kamu bisa mengonsumsinya secara rutin.

Selain mengonsumsi susu jahe, orang tua bisa juga bisa minum rekomendasi susu dalam artikel ini untuk mencegah osteoporosis: Ini 9 Rekomendasi Susu untuk Orang Tua dan Tips Memilihnya.

4. Meredakan sakit tenggorokan

Manfaat susu jahe selanjutnya adalah meredakan sakit tenggorokan. Masalah ini biasanya terjadi akibat infeksi virus atau bakteri yang pada akhirnya menimbulkan peradangan di area tersebut.

Pengidap bukan hanya merasakan sakit saat minum dan makan, tetapi juga saat berbicara. Nah, susu jahe bisa memberikan kelegaan pada tenggorokan  berkat sifat antiinflamasinya.

5. Mengontrol gula darah

Mengonsumsi susu jahe bisa meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar. Hal ini yang pada akhirnya dapat mengontrol gula darah, sehingga dapat mencegah komplikasi terkait diabetes.

Kandungan di dalam jahe bekerja dengan menurunkan tingkat hemoglobin A1C (HbA1C), trigliserida, dan insulin pada individu yang mengidap diabetes tipe 2.  HbA1C  sendiri merupakan pengukuran untuk menilai kontrol gula darah jangka panjang pada pengidap diabetes.

6. Meredakan gejala flu

Manfaat susu jahe lainnya adalah meredakan gejala flu, seperti demam, pilek, batuk, dan sakit kepala. Khasiat ini dapat terjadi karena efek antiinflamasi dan gingerol di dalam rempah jahe.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Jahe mengandung senyawa seperti gingerol yang memiliki sifat relaksasi. Ketika kamu mengonsumsinya, kandungan tersebut membantu merelaksasi otot dan mengurangi kecemasan, sehingga tidur jadi lebih nyenyak.

Selain susu jahe, ada juga jenis susu lain yang memiliki ragam khasiat baik bagi tubuh Tak Kalah dengan Susu Sapi, Ini 15 Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan

Cara Membuat Susu Jahe

Untuk membuat susu jahe, kamu hanya memerlukan beberapa langkah sederhana. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan, seperti jahe segar, madu, dan susu sapi atau kedelai.

Selanjutnya, panaskan susu dalam panci dengan api sedang sampai mendidik. Lalu, masukkan potongan jahe dan biarkan selama beberapa menit. Setelah matang, saring dan tuangkan ke gelas.

Untuk memperkaya rasa, kamu juga bisa menambahkan sedikit bubuk kayu manis. Minuman siap diminum!

Selain susu jahe, terdapat susu skim dan susu murni yang juga bermanfaat baik bagi tubuh. Ketahui penjelasannya di sini: Susu Skim Vs Susu Murni, Mana yang Lebih Menyehatkan Tubuh.

Untuk mengetahui takaran yang pas sesuai dengan kondisi kesehatan, kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter spesialis gizi klinik. Dapatkan juga rekomendasi menu lainnya dengan men-download Halodoc sekarang!

Referensi:
Simplicity. Diakses pada 2023. Amazing health benefits of Ginger Milk.
Journal of Autoimmunity. Diakses pada 2023. Connecting the immune system, systemic chronic inflammation and the gut microbiome: The role of sex.
Canadian Family Physician. Diakses pada 2023. Ginger for nausea and vomiting of pregnancy.
NDTV Food. Diakses pada 2023. How To Make Ginger-Milk – A Winter-Special Superdrink For Health And Immunity.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan