5 Warna Ingus dan Artinya pada Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Desember 2022

“Warna ingus bisa menjadi indikator kesehatan seseorang. Ingus yang sehat memiliki warna bening, sedangkan coklat atau merah bisa menjadi pertanda adanya gangguan dalam tubuh.”

5 Warna Ingus dan Artinya pada Kesehatan Tubuh5 Warna Ingus dan Artinya pada Kesehatan Tubuh

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Meski tidak sedang sakit, setiap harinya hidung dan tenggorokan menghasilkan dua liter ingus. Cairan ini berfungsi untuk menjaga hidung dan saluran sinus tetap basah guna mencegah iritasi.

Ingus juga berperan sebagai kekebalan tubuh yang bertugas melindungi jaringan dan pembuluh darah dalam hidung dan sinus. Cairan ini juga berfungsi untuk menyaring debu atau patogen penyebab penyakit.

Warna ingus menjadi salah satu indikasi penting guna mengetahui penyakit yang tengah dialami. Warna merah mudah, misalnya, ini bisa menjadi pertanda adalah masalah berupa perdarahan ringan di dalam saluran hidung.

Warna Ingus dan Artinya

1. Bening

Warna bening menjadi indikasi ingus normal. Di dalamnya mengandung air, kekebalan alami tubuh, protein dan garam. Cairan ini diproduksi oleh jaringan hidung dan mengalir ke bagian belakang tenggorokan serta berakhir di perut.

Meski termasuk normal, warna ingus bening juga bisa menjadi pertanda gangguan kesehatan. Terutama jika volumenya berlebihan dan membuat hidung jadi meler. Ini menjadi indikasi alergi debu atau alergen lainnya.

2. Putih

Perubahan warna dari bening ke putih dipicu oleh berkurangnya kelembapan di dalam hidung, sehingga membuat ingus tampak keruh dan lebih kental. Penyebabnya yakni infeksi virus, seperti influenza atau pilek.

Selanjutnya, tubuh memproduksi lebih banyak lendir guna membersihkan saluran pernapasan dari patogen tersebut. Setelah beberapa hari, sistem imun mengeluarkannya dari dalam tubuh dalam bentuk ingus.

3. Kuning atau Hijau

Ingus kuning dan hijau bisa menjadi pertanda perkembangan dari virus penyebab flu atau pilek. Normalnya, sel-sel antibodi akan bekerja dengan mengusir virus. Namun, saat mereka kalah, imun akan mengubah warna ingus menjadi kuning atau hijau.

Kondisi tersebut biasanya berlangsung selama 10 hingga 14 hari. Perubahan warna ini bisa juga bisa menjadi pertanda baik karena tubuh sedang dalam fase memulihkan diri. Selain infeksi virus, ingus kuning atau hijau bisa menjadi pertanda peradangan sinus (sinusitis).

4. Merah Muda atau Merah

Ingus merah muda atau merah menjadi pertanda adanya perdarahan. Kondisi ini merupakan pertanda adanya kerusakan pada jaringan hidung. Penyebabnya yakni iritasi, benturan atau kering.

5. Cokelat atau Hitam

Ingus berwarna kecoklatan atau kehitaman umum terjadi pada perokok. Perubahan cairan ini juga bisa menjadi pertanda penggunaan obat-obatan terlarang. Jika bukan keduanya, penyebabnya yakni infeksi pada pemilik sistem kekebalan tubuh yang rendah, seperti pengidap HIV/AIDS atau sakit kanker.

Jika mengalami perubahan warna ingus, silakan tanya dokter untuk melakukan langkah perawatan yang tepat. Pertama-tama, dokter akan mendeteksi gangguan dan mengobati penyakit yang menyebabkan perubahan warna cairan.

Selain itu, kamu juga perlu tahu 12 Cara Mengeluarkan Dahak Tenggorokan dengan Cepat.

Itulah arti perubahan warna ingus dan penyebab yang mendasari. Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya dengan cara mendownload Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. What the Color of Your Snot Really Means.
Health Harvard. Diakses pada 2022. Don’t judge your mucus by its color.
Penn Medicine. Diakses pada 2022. Yuck! My Snot Is Green: A Look at What Your Mucus Says About Your Health.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan