6 Cara Mengobati Mata Belekan Berdasarkan Penyebabnya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Desember 2022

“Cara mengobati mata belekan akan disesuaikan dengan kondisi yang mendasarinya. Sebagai contoh, jika mata belekan disebabkan oleh infeksi bakteri, maka dokter akan meresepkan antibiotik.”

6 Cara Mengobati Mata Belekan Berdasarkan Penyebabnya6 Cara Mengobati Mata Belekan Berdasarkan Penyebabnya

Halodoc, Jakarta – Belek adalah kumpulan minyak, cairan, dan kotoran pada mata yang mirip lendir. Mata belekan merupakan kondisi yang normal pada setiap orang setiap bangun tidur. Namun, mata belekan dapat menjadi indikasi akan adanya penyakit mata seperti infeksi atau peradangan. 

Khususnya jika belek muncul secara terus-menerus, lendirnya berwarna hijau atau kekuningan, dan disertai gejala lain. Misalnya seperti mata terasa gatal, mata merah dan terasa perih, penglihatan kabur, serta munculnya sensitivitas terhadap cahaya atau fotofobia. 

Hal ini tidak dapat disepelekan dan perlu segera diberi perawatan. Sebab, mata belekan yang membandel dapat menghambat aktivitasmu. Karena itu, ketahuilah beberapa cara mengobati mata belekan berdasarkan penyebabnya. 

Ketahui dulu Penyebabnya 

Kondisi ini dapat disertai oleh beberapa gangguan kesehatan, seperti infeksi virus hingga penyebab lainnya. Nah, berikut adalah penjelasan mengenai penyebab mata belekan: 

1. Infeksi virus 

Salah satu penyebab mata belekan adalah infeksi virus yang biasanya menular dari satu mata ke mata yang lain. Nah, kotoran atau belek akibat infeksi virus biasanya lebih encer dan tidak lengket. Selain belekan, infeksi virus yang menyerang mata juga biasanya akan disertai dengan gejala infeksi lain. Misalnya seperti infeksi pernapasan atau flu. 

2. Infeksi bakteri

Infeksi bakteri juga dapat menjadi penyebab mata belekan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan gejala seperti keluarnya belek bertekstur kental dan lengket. Terkadang, belek berlebih akibat infeksi bakteri juga dapat dibarengi dengan infeksi lain pada bagian telinga. 

3. Alergi 

Mata belekan karena alergi biasanya menimbulkan gejala rasa sangat gatal, sakit, dan mata membengkak. Baik antara satu mata, maupun pada kedua mata. Terkadang, gejala alergi juga disertai bersin-bersin, sakit tenggorokan, hidung gatal, atau asma.

4. Paparan iritan

Beberapa zat yang tanpa sengaja masuk ke mata memang dapat menyebabkan iritasi. Misalnya seperti serpihan atau residu produk perawatan kulit, debu, polusi, hingga asap rokok. Pada umumnya, iritasi mata akibat zat iritan tersebut dapat menyebabkan mata merah dan belekan. Namun, tekstur belek akibat paparan iritan cenderung berair dan tidak lengket. 

5. Akibat penyebab lainnya

Selain beberapa faktor penyebab sebelumnya, belek berlebih pada mata dapat menjadi indikasi akan adanya infeksi menular seksual (IMS). Klamidia dan gonore adalah IMS yang paling umum dan keduanya dapat menyebabkan konjungtivitis yang dapat menyebabkan mata menjadi belekan. 

Baca lebih lanjut: Begini 7 Cara Ampuh untuk Mengatasi Mata Merah

Bagaimana Cara Mengatasi Mata Belekan?

Dalam kebanyakan kasus, mata belekan akan hilang tanpa perawatan. Jika tidak, dokter mata akan melakukan pemeriksaan mata atau pemeriksaan fisik. Pemeriksaan akan dimulai dengan wawancara seputar riwayat medis yang gejala yang dirasakan. Dokter juga mungkin akan melakukan tes yang menentukan apakah cairan dapat melewati saluran air mata. Sementara itu, pengobatan kondisi ini akan bervariasi, tergantung pada kondisi yang mendasarinya. Berikut adalah pilihan pengobatan yang dapat dilakukan: 

  1. Pemberian resep obat tetes mata oleh dokter jika diakibatkan oleh infeksi.  
  2. Mengobati penyebab alergi yang dapat membuat mata belekan. 
  3. Pemberian resep antibiotik oleh dokter jika mata belekan disebabkan oleh infeksi bakteri. 
  4. Penggunaan handuk hangat dan basah yang diletakkan di mata beberapa kali sehari, yang dapat membantu mengatasi saluran air mata yang tersumbat. 
  5. Jika disebabkan oleh infeksi menular seksual, dokter akan meresepkan obat untuk mengatasi penyakit yang mendasarinya. 
  6. Operasi untuk memperbaiki atau membuat sistem drainase air mata baru (dacryocystorhinostomy). 

Selain menjaga kesehatan mata, pastikan juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dapat dilakukan dengan memenuhi asupan nutrisi penting. Untuk memenuhinya, kamu bisa mengonsumsi makanan sehat dan suplemen kesehatan. 

Jika saat ini kamu membutuhkan suplemen kesehatan, kamu bisa cek kebutuhanmu melalui aplikasi Halodoc.

Kamu juga bisa konsultasi spesialis mata di Halodoc dengan biaya yang lebih hemat menggunakan kode kupon, klik gambar di bawah ini.

chat dokter mata halodoc
Referensi: 
NHS. Diakses pada 2022. Watering eyes. 
Healthline. Diakses pada 2022. Why Are My Eyes Watering?
Opto.CA. Diakses pada 2022. The Eye and STIs. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan