8 Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari secara Alami

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Februari 2024

“Ada banyak cara mengatasi kulit terbakar matahari yang bisa dicoba. Salah satunya dengan menggunakan gel lidah buaya. Simak di sini. ✔️Artikel ini telah di-review dokter.”

8 Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari secara Alami8 Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari secara Alami

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Meski penting bagi kehidupan manusia, paparan sinar matahari bisa menyebabkan kulit terbakar atau sunburn. Namun, tenang saja, ada beberapa cara mengatasi kulit terbakar alami secara alami yang bisa kamu coba di rumah.

Kamu bisa menggunakan cara seperti kompres air dingin atau menggunakan bahan tertentu yang memberi efek menenangkan di kulit. Mau tahu apa saja tipsnya? Yuk simak lebih lanjut!

Begini Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

Kulit yang menggelap adalah efek jangka pendek dari masalah kulit yang terbakar matahari. Sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang cukup panjang. Sebab hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan pada kulit, seperti kanker kulit.

Namun jangan khawatir, kamu bisa atasi dengan menggunakan cara-cara alami untuk mengurangi efek terbakar sinar matahari:

1. Kompres dengan Air Dingin

Untuk mengobati efek perih dan meradang pada kulit yang terbakar akibat sinar matahari, kamu bisa mengompres bagian kulit yang terbakar dengan air dingin selama beberapa menit.

2. Oleskan Gel Lidah Buaya

Salah satu cara alami yang dianjurkan untuk mengatasi kulit yang terbakar matahari adalah menggunakan Aloe vera atau lidah buaya. Caranya, kamu bisa mengupas dan mengiris lidah buaya menjadi potongan kecil. Setelah itu, kamu bisa mengoleskan lidah buaya pada bagian kulit yang terbakar.

Atau kamu juga bisa menggunakan produk gel lidah buaya yang sekarang cukup banyak dijual di pasaran.

3. Kompres dengan Masker Timun

Selain memiliki manfaat untuk membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan segar, nyatanya timun juga bisa membantu mengobati kulit yang terbakar sinar matahari. Timun mengandung antioksidan alami dan sifat analgesik yang baik untuk kulit.

Untuk menggunakan timun sebagai obat, kamu bisa melakukan beberapa cara. Kamu bisa menghaluskan ketimun atau memotong timun tipis-tipis. Setelah itu, balurkan pada bagian kulit yang terbakar. Diamkan selama beberapa menit dan ulangi rutin hingga kulit kamu yang terbakar kembali membaik.

4. Gunakan Yoghurt

Tidak hanya untuk melancarkan pencernaan, nyatanya yoghurt juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi kulit terbakar matahari. Sebab, yoghurt memiliki kandungan protein dan lemak yang dapat mengurangi rasa perih pada kulit terbakar.

Caranya, kamu bisa mengoleskan yoghurt pada bagian-bagian kulit yang terbakar. Diamkan beberapa saat hingga mengering. Setelah itu, bilas dengan air dingin.

5. Oleskan Madu

Madu adalah salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi efek dari kulit yang terbakar sinar matahari. Madu memiliki sifat antibakteri dan dapat menyembuhkan luka, sehingga sangat baik menggunakan madu untuk mengurangi peradangan pada kulit yang terbakar sinar matahari.

6. Kompres Kantong Teh Dingin

Asam tanat dalam teh hijau dan hitam dapat membantu menarik panas dari sengatan matahari. Sementara katekin (senyawa antioksidan) akan memperbaiki kerusakan kulit. 

Keduanya bisa sangat membantu jika kamu mengalami sunburn di sekitar area mata yang sensitif. Cukup rendam dua kantong teh dalam air dingin dan letakkan di atas mata tertutup untuk mengurangi pembengkakan dan membantu menghilangkan rasa sakit.

7. Coba Minyak Kelapa

Cara lain untuk mengatasi kulit terbakar matahari adalah dengan minyak kelapa. Gunakan hanya minyak kelapa organik setelah lepuh mereda dan luka bakar telah mencapai akhir proses penyembuhannya. 

Selalu lakukan uji alergi di bagian kecil kulit terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada reaksi yang tidak diinginkan. Hindari menggunakan minyak kelapa di wajah jika kamu rentan terhadap jerawat, karena dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

8. Tahan Dorongan untuk Mengupas Kulit

Beberapa hari setelah terbakar sinar matahari, kulit mungkin mulai mengelupas. Ini merupakan tanda bahwa tubuh sedang menyembuhkan dan membuang sel-sel yang rusak. Namun, jangan pernah mengupas kulit, dan biarkan terlepas secara alami.

Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Halodoc

Apabila kamu mengalami kulit yang terbakar matahari, sebaiknya hubungi dokter di Halodoc. Dokter dapat memberikan saran perawatan yang tepat dan meresepkan obat jika diperlukan. 

Nah, berikut beberapa dokter yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun yang bisa kamu hubungi.  

Dokter-dokter ini juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

Ini daftarnya:

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc. Pakai Halodoc sekarang juga!

Dapatkan produk kesehatan untuk mengatasi kulit terbakar matahari di toko kesehatan Halodoc
Referensi:
Prevention. Diakses pada 2024. 17 Home Remedies for Sunburn That Will Heal Your Skin Fast, According to Dermatologists.
Everyday Health. Diakses pada 2024. 7 At-Home Sunburn Treatments to Save Your Vacation.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan