• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Pilihan Makanan Sehat yang Rendah Kalori
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Pilihan Makanan Sehat yang Rendah Kalori

8 Pilihan Makanan Sehat yang Rendah Kalori

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 Maret 2021
8 Pilihan Makanan Sehat yang Rendah Kalori

Halodoc, Jakarta - Mengonsumsi makanan sehat rendah kalori sangat cocok dilakukan bagi seseorang yang tengah menjalani diet. Selain mempercepat proses penurunan berat badan, makanan sehat rendah kalori dapat menunjang kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa jenis makanan sehat rendah kalori yang dapat kamu konsumsi sehari-hari:

Baca juga: Mulai Diet Rendah Kalori, Intip Cara Atur Porsi Makan Ini

1. Telur

Sebutir telur mengandung 72 kalori, 6 gram protein, serta vitamin dan mineral penting penting bagi tubuh. Jika konsumsi saat sarapan, protein di dalamnya mampu mengurangi rasa lapar, dan mempertahankan rasa kenyang hingga waktunya makan siang. Untuk mengonsumsinya, silahkan olah dengan cara direbus, ya.

2. Dada Ayam

Dada ayam merupakan daging tanpa lemak yang rendah kalori dan tinggi protein. Dada ayam menjadi sumber protein, niasin, selenium, dan vitamin B12 yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dalam 85 gram dada ayam, hanya mengandung sekitar 100 kalori saja. Untuk mengonsumsinya, dapat dibarengi dengan wortel atau brokoli kukus.

3. Ikan Kod

Ikan kod menjadi makanan sehat rendah kalori. Dalam 85 gram ikan kod, mengandung 15 gram protein, dan kurang dari 70 gram kalori. Ikan ini juga mengandung vitamin B12, niacin dan selenium. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengolah dengan direbus, dipepes, atau disajikan sebagai sup.

4. Oat

Dalam setengah cangkir atau 40 gram oat hanya mengandung 148 kalori saja. Bukan hanya rendah kalori saja, oat mengandung tinggi protein dan serat. Dalam secangkir oat mengandung 5,5 gram protein dan 3,8 gram serat yang dapat mempertahankan rasa kenyang hingga waktunya makan siang.

Baca juga: Ini 8 Buah Rendah Kalori yang Wajib Dikonsumsi Saat Puasa

5. Kentang

Untuk mendapatkan manfaat baik, kentang dapat diolah dengan cara dipanggang dan direbus. Proses keduanya membuat kadar kalori dalam kentang tetap rendang, serta mengandung serat dan protein yang dibutuhkan tubuh.

6. Kale

Kale merupakan sayur yang kaya akan vitamin C dan kalsium. Sayuran ini juga kaya akan serat, serta antioksidan sangat bermanfaat bagi tubuh. Dalam satu cangkir kale mentah, hanya memiliki 33 kalori saja.

7. Brokoli

Brokoli mengandung tinggi vitamin C, zat besi, vitamin A, kalsium, magnesium, dan kalium. Bukan itu saja, brokoli juga tinggi akan serat dan rendah kalori. Dalam satu cangkir brokoli cincang, hanya mengandung 31 kalori saja.

8. Bayam

Bayam mengandung tinggi zat besi, kalium, dan vitamin. Sayuran ini juga memiliki kandungan kalori yang rendah kalori. Dalam satu cangkir daun bayam mentah, hanya mengandung 7 kalori saja. Sedangkan yang sudah masak, hanya memiliki 41 kalori saja.

Baca juga: Lagi Diet, Coba Makanan Rendah Kalori Ini Saat Berbuka

Itulah beberapa jenis makanan sehat rendah kalori. Berbagai jenis makanan tersebut dapat dikonsumsi jika kamu tengah menjalani program diet. Selain makanan sehat bergizi seimbang, kamu dapat menunjang kesehatan tubuh dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang dibutuhkan. Untuk mendapatkannya, kamu bisa membelinya di aplikasi Halodoc lewat fitur “beli obat” di dalamnya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 13 Low-Calorie Foods That Are Surprisingly Filling.
Healthline. Diakses pada 2021. 42 Foods That Are Low in Calories.
Very Well Fit. Diakses pada 2021. 23 Healthy Foods That Are Super Low in Calories.