7 Manfaat Kandungan Hyaluronic Acid pada Skincare

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 September 2023

“Hyaluronic acid menjadi salah satu kandungan skincare yang bekerja dengan meningkatkan hidrasi kulit. Manfaatnya mulai dari menambah kekenyalan sampai menghilangkan bekas jerawat.”

7 Manfaat Kandungan Hyaluronic Acid pada Skincare7 Manfaat Kandungan Hyaluronic Acid pada Skincare

Halodoc, Jakarta – Hyaluronic acid atau hyaluronan adalah zat bertekstur lengket dan licin yang diproduksi oleh tubuh secara alami. Sebagian besar jumlahnya terdapat pada kulit, jaringan ikat, dan mata.

Selain itu, hyaluronan menjadi senyawa yang terdapat pada skincare. Fungsi utamanya adalah menahan air agar jaringan tetap terlumasi dan lembab. Oleh karena itu, kulit jadi lebih terhidrasi dan tampak bercahaya.

Apa Itu Hyaluronic Acid?

Hyaluronic acid (asam hialuronat) merupakan jenis polisakarida yang terdiri dari rantai panjang molekul gula yang terikat secara kuat dengan air. Dalam konteks perawatan kulit dan kosmetik, bahan kimia ini bekerja dengan menarik dan mempertahankan kelembapan.

Kandungannya sering digunakan dalam produk perawatan kulit, seperti pelembap, serum, dan krim anti-penuaan. Produk ini mampu membuat kulit menjadi lebih lembap, elastisitas, dan kenyal. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi asam hialuronat dalam tubuh cenderung menurun.

Hal ini berdampak pada kulit yang terlihat lebih kering dan berkerut. Untuk membantu mempertahankan hidrasi dan kelembapan kulit, kamu bisa menggunakan produk yang mengandung hyaluronic acid  secara rutin.

Hyaluronic Acid Fungsinya untuk Apa?

Asam hialuronat menjadi salah satu kandungan yang kerap dimanfaatkan oleh industri kosmetik sebagai bagian dari produk kecantikan. Beberapa manfaatnya meliputi:

1. Berperan dalam proses anti-penuaan

Studi berjudul Hyaluronic acid: A key molecule in skin aging dalam Dermato Endocrinology menyebutkan, proses penuaan kulit memiliki kaitan dengan hilangnya kelembaban kulit. Molekul utama yang terlibat dalam kelembapan kulit adalah hyaluronan atau asam hialuronat (HA).

Sebagai molekul gula, hyaluronic acid dapat membantu kulit tetap tertarik dengan mempertahankan kelembapannya. Alhasil, senyawa ini dapat memerangi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, garis halus, dan flek hitam pada wajah.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui kalau produk yang mengandung hyaluronic acid bekerja dengan cara menarik dan mempertahankan kelembapan pada kulit. Oleh sebab itu, penting untuk mengunci kelembapan tersebut dengan memakai produk perawatan kulit yang lebih berat. 

Misalnya, pelembap. Tujuannya adalah membantu menjaga hidrasi kulit dan mencegah penguapan air. Kalau masih bingung dengan cara memakai produk dengan asam hialuronat, kamu bisa baca artikel berikut ini Ketahui Cara Tepat Penggunaan Vitamin C, Retinol dan Hyaluronic Acid.

2. Meningkatkan elastisitas kulit dan meredakan kemerahan

Selain itu, asam hialuronat juga efektif mengurangi kedalaman kerutan, meningkatkan kekencangan, dan elastisitas kulit. Kandungan tersebut bekerja dengan meningkatkan hidrasi kulit. Kamu bisa merasakan manfaat ini dengan baik saat menggunakan produk perawatan kulit secara rutin sebanyak dua kali sehari. 

Tak ketinggalan, penggunaan asam hialuronat dalam jangka panjang dapat membantu meredakan kemerahan pada wajah. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga mampu mengatasi efek kemerahan yang terjadi karena peradangan dan bekas luka akibat jerawat.

3. Mempercepat proses penyembuhan luka

Asam hialuronat juga berperan penting dalam proses penyembuhan luka. Meski secara alami ada pada kulit, bagian tubuh ini tetap membutuhkan konsentrasi yang tinggi saat ada kerusakan yang perlu segera diperbaiki.

Manfaat ini tertulis pada studi dalam Wounds. Asam hialuronat akan membantu luka lebih cepat sembuh dengan mengatur tingkat peradangan. Kandungan ini juga bekerja dengan memberi sinyal tubuh untuk memperbaiki pembuluh darah pada area yang rusak.

Guna mendapat manfaatnya, kamu bisa mengoleskan skincare yang mengandung asam hialuronat ke bagian luka. Langkah ini mampu mempercepat proses penyembuhan ketimbang plasebo atau tanpa pengobatan sama sekali.

Tak ketinggalan, asam hialuronat juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi risiko infeksi bila mengolesnya langsung ke luka terbuka. Tak hanya wajah, kandungannya juga dapat mempercepat luka setelah operasi gigi.

Sederhananya, mengoleskan asam hialuronat langsung ke luka terbuka pada kulit dapat membantu mempercepat proses pemulihan. Namun, pastikan dosisnya tidak berlebihan dan sesuai dengan kebutuhan.

4. Menyamarkan bekas jerawat

Menurut studi dalam Journal of Cosmetic Dermatology, asam hialuronat juga dapat membantu menyamarkan bekas jerawat pada permukaan kulit.

Caranya dengan injeksi asam hialuronat yang telah stabil (S-HA) ke bagian dermis. Menggunakan analisis komputer topografi, bekas jerawat atau bopeng menghilang dari 29.04 persen ke 27.48 persen pada bulan pertama.

5. Membantu memaksimalkan penyerapan skincare

Karena sifatnya yang menarik air, asam hialuronat dapat membantu meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit lainnya. Dengan begitu, produk bisa memberikan manfaat yang lebih baik bagi kulit.

6. Mempertahankan skin barrier

Skin barrier bisa menipis seiring dengan bertambahnya usia, paparan sinar UV, dan pola hidup yang tidak sehat. Dampaknya bisa berupa munculnya tanda penuaan dini, seperti garis halus dan flek hitam. 

Dengan menggunakan asam hialuronat, bahan kimia ini mampu mempertahankan kekuatan lapisan pelindung kulit. Kandungan ini juga dapat meminimalisir kerusakan akibat paparan sinar matahari berlebihan.

7. Mendukung regenerasi kulit

Meski tidak mempercepat proses pembentukan sel, asam hialuronat dapat mendorong regenerasi sel kulit. Caranya dengan memberikan hidrasi ekstra sekaligus perlindungan penghalang kulit (skin barrier).

Itu tadi beberapa manfaat kandungan hyaluronic acid pada skincare yang bisa kamu dapatkan untuk wajah lebih sehat. Asam hialuronat memiliki sifat lembut sehingga bisa kamu pakai setiap hari dalam rutinitas perawatan kulit.

Kamu bisa memakai produk setelah mencuci muka. Kemudian, lanjutkan dengan memakai tabir surya pada siang hari atau krim malam sebelum tidur saat malam hari. Jika masih bingung dengan tahapan penggunaan skincare, kamu bisa klik artikel ini untuk penjelasan lebih lanjut Ini Tahapan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam.

Berbagai produk perawatan dan kecantikan kulit dengan kandungan asam hialuronat bisa kamu beli secara bebas di pasaran dan pakai tanpa harus menggunakan resep dokter. Sementara itu, tindakan yang membutuhkan suntik hanya boleh dilakukan oleh ahli medis yang mumpuni.

Jika hyaluronic acid tidak memberikan efek yang optimal dalam mengatasi masalah kulit yang mengganggu, kamu atau anggota keluargamu yang sedang mengalaminya bisa langsung bertanya ke dokter.

Cek langsung rekomendasi dokter spesialis kulit dari Halodoc dengan klik gambar berikut:

chat dengan dokter
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Why Science Says Hyaluronic Acid Is the Holy Grail to Wrinkle-Free, Youthful Hydration.
Healthline. Diakses pada 2023. 7 Surprising Benefits of Hyaluronic Acid.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Hyaluronic Acid.
Wounds. Diakses pada 2023. Hyaluronic Acid in Inflammation and Tissue Regeneration.