Ketahui Cara Tepat Penggunaan Vitamin C, Retinol dan Hyaluronic Acid

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 November 2021
Ketahui Cara Tepat Penggunaan Vitamin C, Retinol dan Hyaluronic AcidKetahui Cara Tepat Penggunaan Vitamin C, Retinol dan Hyaluronic Acid

“Kamu tentu sudah familiar dengan bahan skincare seperti retinol, vitamin C, dan hyaluronic acid. Ketiga bahan ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit wajah, tidak heran jika ketiganya sangat populer. Namun, penting untuk mengetahui cara tepat penggunaan ketiganya. Misalnya, retinol sebaiknya tidak digunakan secara berbarengan dengan vitamin C.”

Halodoc, Jakarta – Sebagai orang yang antusias dengan produk skincare, kemungkinan kamu pernah mendengar tentang manfaat kandungan vitamin C, retinol, dan hyaluronic acid. Kandungan tersebut adalah beberapa jenis yang paling populer untuk kecantikan saat ini. Bahkan, sering jadi kombinasi dalam rutinitas perawatan kulit wajah sehari-hari. 

Ketiga bahan tersebut mungkin merupakan bahan perawatan kulit paling bermanfaat. Jadi tidak heran jika vitamin C, retinol, dan hyaluronic acid paling diminati. Meskipun efektif untuk merawat kulit, penting untuk mengetahui cara menggunakannya bersama untuk memastikan hasil terbaik.

Baca juga: Ini Cara Mengobati Infeksi Kulit Berdasarkan Penyebabnya

Cara Tepat Penggunaan Vitamin C, Retinol, dan Hyaluronic Acid

Kamu mungkin bisa menggabungkan ketiga bahan (vitamin C, retinol, dan hyaluronic acid) dalam rutinitas perawatan wajah. Dengan menggunakan vitamin C, retinol, dan hyaluronic acid bersama-sama, semua manfaat dapat dirasakan. 

Namun, kulit wajah mungkin perlu perkenalan terlebih dulu pada produk dan bahan perawatan. Proses perkenalan ini biasanya tidak selalu mudah, bahkan bisa menimbulkan efek samping tertentu. 

Untuk mengetahui cara tepat penggunaan vitamin C, retinol, dan hyaluronic acid, sebaiknya pahami terlebih dulu cara kerja ketiga bahan tersebut. 

  1. Hyaluronic Acid

Bahan ini pada dasarnya akan mengurangi kelembapan kulit. Akibatnya, kamu membutuhkan produk perawatan lain yang sifatnya menghidrasi agar kulit wajah tetap lembab sepanjang hari. 

  1. Vitamin C

Banyak manfaat yang dirasakan dengan menggunakan skincare berbahan vitamin C. Mulai dari mencerahkan kulit, memerangi garis-garis halus dan kerutan, meningkatkan kolagen, dan mengurangi tanda pigmentasi. 

Namun, karena ada kemungkinan formulasinya yang tidak stabil, beberapa orang sedikit ragu untuk menggunakannya. Untuk itu, sebaiknya lakukan uji coba pada sedikit area wajah untuk memastikan vitamin C bereaksi baik pada kulit wajah. 

Baca juga: Ketahui Kegunaan Vitamin C untuk Kesehatan Kulit

  1. Retinol

Retinol adalah salah satu bahan perawatan kulit yang paling ampuh. Di sisi lain beberapa orang memiliki reaksi yang berbeda akibat ketidakpastian cara kerja retinol. 

Perlu dipahami, retinol memiliki kemampuan untuk mempercepat pergantian sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Hal itu yang membuat retinol mampu menghasilkan kulit tampak mudah dan bercahaya. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu mungkin bisa menggunakan ketiga bahan tersebut. Hanya saja tidak dalam satu waktu secara berlapis. Cara terbaik untuk menggunakan ketiganya adalah dengan menggunakan vitamin C di pagi hari. Hal ini karena vitamin C memiliki manfaat antioksidan yang akan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Pada malam hari, kamu bisa menggunakan retinol, terutama setelah terkena sinar UV di pagi dan siang hari. Sedangkan untuk hyaluronic acid, kamu bisa menggunakannya dua kali sehari, setiap hari. Bahan tersebut akan menjaga kulit terhidrasi pada kondisi yang paling sehat. Kulit pun akan terhindar dari iritasi.

Baca juga: Punya Kulit Sensitif, Ini Perawatan Wajah yang Tepat

Jadi, perlu dipahami sekali lagi bahwa retinol dan vitamin C tidak dapat digunakan secara bersamaan secara berlapis. Sementara itu hyaluronic acid bisa digunakan bersama retinol dan vitamin C.

Nah, itulah cara tepat penggunaan vitamin C, retinol dan hyaluronic acid. Pastikan juga bahan perawatan kulit yang kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan atau target yang ingin kamu capai. 

Perlu diingat, setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda dan akan mengalami reaksi yang berbeda pula pada setiap bahan skincare. Ada baiknya kamu bertanya terlebih dulu pada dokter kulit berpengalaman di aplikasi Halodoc sebelum memutuskan untuk menggunakan bahan skincare tertentu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Comfort Zone Skin. Diakses pada 2021. RETINOL AND VITAMIN C IN YOUR SKINCARE ROUTINE
Procoal. Diakses pada 2021. How To Combine Vitamin C, Retinol and Hyaluronic Acid?
Skincare. Diakses pada 2021. How to Combine Vitamin C, Retinol and Hyaluronic Acid
Women’s Health. Diakses pada 2020.  Skincare Mistakes You’re Probably Making.
Pure Fiji. Diakses pada 2020. Common Skincare Mistakes and How to Fix Them.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan