Adakah Manfaat Madu untuk Batuk dan Flu? Ini Faktanya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Maret 2024

“Berkat kandungan antimikroba, antiinflamasi, dan antioksidannya, manfaat madu untuk batuk dan flu cukup efektif untuk meredakan gejala dan mempercepat pemulihan. Jenis madu yang paling baik untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut adalah yang berwarna gelap, seperti madu hutan, buckwheat honey, dan lain-lain.”

Adakah Manfaat Madu untuk Batuk dan Flu? Ini FaktanyaAdakah Manfaat Madu untuk Batuk dan Flu? Ini Faktanya

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Batuk dan flu adalah dua masalah kesehatan yang umum terjadi dan bisa mengganggu aktivitas pengidapnya. Untungnya, ada banyak cara untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut, salah satunya mengonsumsi madu untuk batuk.

Selain rasanya yang manis dan enak, madu juga sudah dikenal sebagai bahan alami yang bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Berkat berbagai kandungan baiknya, produk yang berasal dari lebah ini juga bisa membantu mengatasi masalah kesehatan, seperti batuk dan flu. Yuk, simak manfaat madu untuk batuk dan flu di sini!

Manfaat Madu untuk Batuk dan Flu

Bila cuaca yang dingin membuat kamu batuk dan flu, coba deh untuk mengonsumsi satu sendok madu. Kamu bisa menambahkannya pada secangkir teh atau air lemon hangat. 

Mengonsumsi madu untuk batuk memang tidak bisa mengatasi masalah kesehatan tersebut sepenuhnya. Namun, beberapa bukti mengungkapkan bahwa memberikan satu dosis bahan alami tersebut sebelum tidur bisa menekan batuk pada anak kecil.

Hal itu karena tekstur madu yang kental bisa melapisi tenggorokan dan menenangkan selaput lendir yang teriritasi, sehingga batuk dan gejala terkait pun bisa diredakan.

Faktanya, sebuah studi terbaru menemukan bahwa madu mungkin bisa menjadi pengobatan yang lebih baik untuk batuk dan flu daripada obat-obatan yang dijual bebas.

Sebuah tinjauan studi yang diterbitkan pada Agustus 2020 di British Medical Journal, madu mungkin bisa mengurangi gejala dari infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA). Ini adalah penyakit virus yang memengaruhi hidung, tenggorokan, kotak suara, dan saluran udara besar yang mengarah ke paru-paru. Gejalanya bisa meliputi hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan batuk.

Para peneliti meninjau 14 penelitian terhadap hampir 1.800 orang dengan infeksi saluran pernapasan atas yang diobati dengan madu atau metode biasa. Hasilnya, madu tampaknya bisa memperbaiki gejala, terutama frekuensi dan tingkat keparahan batuk.

Nah, berikut manfaat madu untuk batuk dan flu:

1. Meredakan sakit tenggorokan

Manfaat madu bisa membantu menenangkan otot selaput lendir yang bengkak. Hal ini meredakan tenggorokan yang sakit atau gatal secara alami.

2. Mengatasi batuk dan flu

Berkat kandungan antioksidan, sifat antibakteri dan antimikrobanya, madu bisa membantu mengatasi batuk dan flu.

Ada beberapa obat yang ampuh dan efektif untuk mengatasi flu. Berikut daftar obatnya: “Ini Rekomendasi Obat Flu dan Pilek Dewasa yang Paling Ampuh”.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bahan alami ini juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu bisa pulih dari batuk dan flu lebih cepat.

Jenis Madu yang Baik untuk Batuk dan Flu

Semua jenis madu baik untuk batuk tetapi jenis yang berwarna lebih gelap adalah yang paling baik. Madu yang lebih gelap lebih efektif daripada madu biasa dan bisa memberikan kelegaan lebih cepat.

Jenis madu ini termasuk:

1. Madu pinus

Madu pinus memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, pembersih, dan bisa membantu menyembuhkan beberapa penyakit bakteri.

Bahan alami yang berasal dari getah pohon pinus ini bisa kamu gunakan sebagai ekspektoran dan pereda pernapasan untuk batuk kronis, dan juga baik untuk asma dan bronkitis.

2. Buckwheat honey

Sama seperti madu biasa, buckwheat honey atau madu soba bisa membantu meredakan batuk.

Studi sudah menemukan bahwa jenis madu tersebut bisa mengurangi frekuensi batuk serta meningkatkan kualitas tidur anak. Namun, madu ini tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah 12 bulan.

3. Madu hutan

Madu hutan sama efektifnya atau bahkan lebih efektif daripada obat batuk sirup dalam mengatasi batuk malam hari. Hal itu berkat sifat antioksidan dan antimikroba yang dimilikinya.

Itulah manfaat madu untuk batuk dan flu. Ingat, hindari memberikan batuk pada anak di bawah usia 2 tahun karena bisa menyebabkan penyakit botulisme.

Bila masalah kesehatan tersebut tidak kunjung membaik, atau disertai oleh gejala lain yang mengkhawatirkan, sebaiknya tanyakan pada dokter di Halodoc.

Vaksin Flu di Rumah Pakai Halodoc

Untuk menjaga kesehatan dan menghindari gangguan yang disebabkan oleh berbagai jenis flu, kini ada solusi yang praktis dan aman. 

Kamu dapat memanfaatkan layanan Vaksinasi Influenza (Vaxigrip Tetra) langsung dari rumah melalui Halodoc Home Lab (tersedia di wilayah Jabodetabek dan Surabaya).

Tidak perlu lagi repot pergi ke tempat vaksinasi, kamu dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi diri dari potensi risiko penyakit flu. 

Layanan homelab ini adalah tes laboratorium atau paket tes dari Halodoc yang pengambilan sampelnya bisa dilakukan di rumah atau di lokasi manapun yang kamu pilih.

Berikut beberapa keunggulan melakukan imunisasi anak dan vaksin dewasa lewat layanan Home Lab & Vaksinasi di Halodoc:

✔ Vaksinasi diberikan 100% oleh Dokter Khusus Vaksinasi. 

✔ Protokol kesehatan ketat. 

✔ Partner resmi produsen vaksin internasional, sehingga vaksin terjamin keasliannya dan sudah terdaftar BPOM. 

✔ Hemat waktu dan biaya, tidak perlu ke rumah sakit dan menunggu antrian.

✔ Tanpa biaya tambahan.

Dengan harga mulai dari Rp440.000, jadwalkan vaksinasi kamu sekarang dan nikmati kenyamanan serta keamanan yang ditawarkan oleh layanan Halodoc Home Lab.

Kamu bisa order melalui aplikasi atau hubungi langsung nomor WhatsApp 0888-0999-9226.

Kamu juga bisa mendapatkan obat-obatan untuk mengatasi flu dengan cepat dan praktis melalui Toko Kesehatan Halodoc. Produknya terpercaya dengan pengiriman cepat dan aman!

Referensi:
Health Harvard. Diakses pada 2023. Got a cold? Try some honey.
Lybrate. Diakses pada 2023. Honey For Cough: Does Honey Reduce Cough?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan