Ini 5 Pilihan Obat Batuk Akibat Bronkitis yang Ampuh di Apotek

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Februari 2024

“Penderita penyakit bronkitis akan mengalami batuk disertai dengan produksi dahak atau lendir. Kamu dapat membeli obat batuk akibat bronkitis yang ampuh seperti Prome Sirup, N-Ace Kapsul, L-Acys Tablet Effervescent, Nytex Dry Syrup, dan Mucos Sirup di Toko Kesehatan Halodoc.”

Ini 5 Pilihan Obat Batuk Akibat Bronkitis yang Ampuh di ApotekIni 5 Pilihan Obat Batuk Akibat Bronkitis yang Ampuh di Apotek

DAFTAR ISI:


Halodoc, Jakarta – Bronkitis terjadi ketika saluran bronkial yang berfungsi membawa udara masuk dan keluar paru-paru mengalami peradangan. Pengidap penyakit bronkitis akan mengalami batuk disertai dengan produksi dahak atau lendir.

Bagi pengidap bronkitis akut, batuk mungkin hanya terjadi selama 2-3 minggu. Sementara itu, gejalanya dapat bertahan 3 bulan atau lebih. Bronkitis yang tidak segera diobati dapat meningkatkan resiko terserang pneumonia.

Jika kamu mengalami gejala bronkitis, kamu perlu segera berkonsultasi ke dokter dan mengkonsumsi obat agar batuk akibat bronkitis segera hilang. Mau tahu apa saja pilihan obat batuk bronkitis yang ampuh? Yuk simak ulasan ini!

Rekomendasi Obat Batuk Bronkitis yang Ampuh

Di bawah ini adalah beberapa obat batuk bronkitis ampuh yang bisa kamu dapatkan di apotek, antara lain:

1. Prome Sirup 100 ml

Prome Sirup 100 ml merupakan salah satu obat yang dapat kamu minum untuk mengatasi batuk akibat bronkitis dan juga batuk akibat alergi.

Prome Sirup dapat dikonsumsi bersamaan dengan makanan. Aturan pemakaian Prome Sirup adalah sebagai berikut:

  • Dewasa: sehari 3-4 kali dengan dosis 5 – 10 ml dan waktu mau tidur malam 1 kali dengan dosis 10 ml.
  • Anak di atas 4 tahun: sehari 1-4 kali dengan dosis 5 ml.
  • Anak di bawah 4 tahun: dengan dosis 2,5 ml.

Perlu diperhatikan bahwa selama mengkonsumsi obat ini, kamu tidak disarankan untuk mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin. Obat ini termasuk dalam kategori obat bebas terbatas. Artinya, kamu tidak perlu menggunakan resep dokter untuk mendapatkannya di apotek.

Rentang harga:  Rp70.000 per botol.

Dapatkan Prome Sirup 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

2. N-Ace 200 mg 10 Kapsul

N-Ace merupakan obat dengan kandungan Acetylcysteine yang berfungsi untuk menurunkan kekentalan dari mucus atau dahak. Selain berfungsi sebagai obat batuk bronkitis, obat ini juga digunakan untuk mengatasi emfisema paru, mucoviscidosis dan bronchieactasis.

Obat ini dapat kamu beli ke apotek tanpa resep dengan pembelian maksimum 2 Strip. Namun, pembelian yang melebihi batas tersebut wajib menggunakan resep dari dokter dikarenakan obat ini termasuk dalam kategori obat keras.

Rentang harga: Rp39.500 per strip.

Dapatkan N-Ace 200 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

3. L-Acys 600 mg 2 Tablet Effervescent

Sama seperti N-Ace, obat L-Acys 600 mg 2 Tablet Effervescent ini juga memiliki kandungan Acetylcysteine untuk mengencerkan dahak ketika mengalami bronkitis. 

Obat ini juga sering digunakan untuk mengatasi penyakit saluran pernapasan lain yang ditandai gejala batuk berdahak kental dan lengket. Selain itu, obat ini dapat berfungsi untuk mengobati kasus toksisitas akibat overdosis paracetamol

Bagi pengidap bronkitis, kamu dapat mengkonsumsi 1 tablet L-Acys per hari sesuai dengan anjuran dari dokter. Kamu dapat melarutkan tablet dalam 1/2 gelas air minum dan meminumnya setelah makan malam. Obat ini dapat dibeli tanpa resep dengan maksimum 10 strip. Pembelian lebih dari itu wajib menggunakan resep dokter karena obat ini termasuk dalam jenis obat keras.

Rentang harga: Rp33.300 Per Strip.

Dapatkan L-Acys 600 mg 2 Tablet Effervescent di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Nytex Dry Syrup 150 ml

Obat batuk bronkitis berikutnya yang dapat kamu beli adalah Nytex Dry Sirup. Nytex Dry Syrup merupakan obat berbentuk sirup kering (dry syrup) yang dapat membantu mengencerkan dahak dari batuk bronkitis.

Kamu dapat meminum obat ini sesudah makan dengan aturan:

  • Dewasa dan anak di atas 14 tahun : 2-3 kali sehari 2 ml.
  • Anak 6-14 tahun : 2 kali sehari 2 ml.
  • Mukovisidosis anak di atas 6 tahun : 3 x sehari 2 ml.

Obat ini dapat dibeli dan diserahkan apoteker tanpa resep dengan maksimum 1 botol. Kamu wajib menggunakan resep dokter apabila ingin membeli lebih dari satu botol. Perlu diperhatikan bahwa obat ini memiliki sejumlah efek samping seperti mual, muntah, hingga diare.

Rentang harga: Rp42.100 – Rp68.100 per botol.

Dapatkan Nytex Dry Syrup 150 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Mucos Sirup 60 ml

Pilihan obat batuk bronkitis terakhir adalah Mucos Sirup 60 ml. Obat ini mengandung zat aktif Ambroxol HCl 15 mg yang bekerja meningkatkan sekresi saluran pernapasan, termasuk pengeluaran dahak agar batuk mereda.

Dokter juga meresepkan obat ini sebagai terapi pada gangguan saluran napas akut dan kronis. Khususnya pada eksaserbasi bronkitis kronis dan bronkitis asmatik serta asma bronkial.

Obat ini aman dikonsumsi oleh dewasa maupun anak-anak dengan takaran dosis yang sesuai, di antaranya:

  • Dewasa dan anak berusia lebih dari 12 tahun: 2 sendok takar (10 ml) dua kali sehari. 
  • Anak 6-11 tahun: 1 sendok takar ( 5 ml) 2-3 kali sehari.
  • Anak 2-5 tahun: ½ sendok takar (2,5 ml) tiga kali sehari.  

Kisaran harga: Rp23.600 per botol.

Dapatkan Mucos Sirup 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Itu dia 5 obat batuk bronkitis ampuh yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di apotek. Kamu juga bisa membeli obat-obatan, suplemen, dan kebutuhan kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya akan dikirim dari apotek terpercaya dengan cepat dan praktis!

Referensi:
National Hearth, Lung, and Blood Institute. Diakses 2024. Bronchitis
Mayo Clinic. Diakses 2024. Bronchitis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan