• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Cokelat Bisa Bikin Asam Lambung Naik

Alasan Cokelat Bisa Bikin Asam Lambung Naik

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Naiknya asam lambung seringkali menjadi tanda penyakit maag atau GERD. Kondisi ini terjadi ketika aliran asam yang berasal dari lambung naik ke kerongkongan, yakni tabung yang menghubungkan tenggorokan dengan perut. Asam-asam ini membuat esofagus terasa sakit atau menyebabkan mulas yang membuat pengidapnya tidak nyaman. Naiknya asam ke kerongkongan ternyata dapat memicu sensasi terbakar di dada. 

Kebanyakan orang mengira bahwa makanan tertentu memicu naiknya asam lambung. Ini bukan anggapan yang salah. Asam lambung memang bisa naik akibat konsumsi makanan tertentu. Cokelat adalah salah satu makanan yang bisa memicu asam lambung naik. Bagi kamu yang pecinta cokelat, pasti ini menjadi kabar yang tidak menyenangkan. Lantas, mengapa cokelat memicu naiknya asam lambung?

Baca Juga: Bukan Hanya Nikmat, Ini 5 Manfaat Cokelat Bagi Tubuh

Alasan Cokelat Picu Asam Lambung Naik

Melansir dari Academy of Nutrition and Dietetics, cokelat mampu memperlambat laju pengosongan perut dan menyebabkan LES rileks. LES adalah otot seperti katup yang menjaga isi perut agar tidak mengalir mundur ke kerongkongan. Ketika otot ini rileks, asam lambung dapat bergerak naik ke kerongkongan dan mengiritasi jaringan sensitif di kerongkongan 

Cokelat juga mengandung methylxanthine, yaitu zat alami yang merangsang jantung dan melemaskan jaringan otot polos. Methylxanthine dapat membuat LES rileks, sehingga menciptakan lebih banyak peluang bagi asam lambung untuk mengiritasi kerongkongan.

Bukan cuma cokelat, makanan dengan kadar lemak tinggi, seperti keripik kentang, bacon, keju, dan makanan yang digoreng juga bisa memperlambat laju pengosongan perut dan berisiko membuat LES rileks. Jadi, kalau kamu ingin mencegah asam lambung naik, kurangi konsumsi makanan di atas. Bagi kamu yang mengidap penyakit asam lambung, berikut sejumlah perawaan yang bisa dilakukan untuk mengatasi mulas. 

Baca Juga: Enggak Hanya Enak, Ini 3 Jenis Cokelat yang Kaya Manfaat

Cara Mengatasi Naiknya Asam Lambung

Naiknya asam lambung sesekali mungkin tidak apa-apa. Namun, kalau kamu sering mengalaminya, lakukan langkah pencegahan dan obati kondisinya dengan benar. Pasalnya, asam lambung yang naik ke kerongkongan terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada kerongkongan. 

Pada banyak kasus, perubahan gaya hidup yang dikombinasikan dengan obat-obatan mampu mengendalikan gejala penyakit asam lambung. Melansir dari WebMD, berikut perawatan yang dapat dilakukan ketika asam lambung naik, yaitu:

  • Makanlah dengan porsi kecil namun sering sepanjang hari;

  • Pilihlah makanan yang lembut dan hindari makanan dan minuman yang dapat memicu asam lambung naik;

  • Berhenti merokok;

  • Istirahatkan kepala tempat tidur dan naikan kepala menaikkannya setidaknya 10-15 cm lebih tinggi;

  • Makanlah setidaknya 2-3 jam sebelum berbaring;

  • Jangan mengenakan pakaian ketat atau sabuk ketat;

  • Jika kamu kelebihan berat badan atau obesitas, ambil langkah-langkah untuk menurunkan berat badan dengan olahraga dan perubahan diet.

Baca Juga: Jangan Sepelekan 3 Bahaya Akibat Asam Lambung

Kamu juga perlu bertanya kepada dokter terkait jenis obat-obatan apa yang bisa memicu mulas atau gejala penyakit asam lambung lainnya. Kalau kamu ingin bertanya seputar hal ini, kamu dapat menghubungi dokter Halodoc. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi :
Academy of Nutrition and Dietetics. Diakses pada 2020. Gastroesophageal Reflux.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Chocolate and acid reflux: What's the link?.
WebMD. Diakses pada 2020. What Is Acid Reflux Disease?.