• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Pengidap Penyakit Jantung dan Hipertensi Harus Habiskan Obatnya

Alasan Pengidap Penyakit Jantung dan Hipertensi Harus Habiskan Obatnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Alasan Pengidap Penyakit Jantung dan Hipertensi Harus Habiskan Obatnya

“Hipertensi yang tidak ditangani dengan tepat bisa memicu komplikasi berupa penyakit jantung. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan dan mengonsumsi obat hingga tuntas, sesuai dengan resep dokter. Selain konsumsi obat-obatan, pengidap penyakit ini juga harus rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dan menerapkan gaya hidup sehat.

Halodoc, Jakarta – Hipertensi dan penyakit jantung adalah dua kondisi yang tidak boleh disepelekan begitu saja. Pengidap penyakit ini umumnya diwajibkan mengonsumsi obat-obatan secara rutin dan tuntas. Terutama pada orang yang mengidap hipertensi. Bukan tanpa alasan, tidak minum obat sesuai dengan petunjuk dokter ternyata bisa memicu kondisi yang fatal. 

Pengidap hipertensi yang tidak rutin minum obat memiliki risiko lebih tinggi mengalami komplikasi, salah satunya penyakit jantung. Nah, itulah alasan mengapa orang dengan gangguan tekanan darah harus rutin minum obat. Sementara pada pengidap penyakit jantung, baik yang terjadi karena tekanan darah tinggi maupun faktor lain, tidak minum obat sampai tuntas bisa memperburuk kondisi tubuh, bahkan memicu komplikasi mematikan.

Baca juga: Hipertensi Sekunder dan Hipertensi Primer, Apa Bedanya?

Pengidap Hipertensi dan Penyakit Jantung, Perhatikan Hal Ini 

Hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah seseorang melonjak hingga jauh berada di atas angka normal. Penyakit ini harus ditangani dengan tepat, salah satunya dengan mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dokter. Ingat, obat yang diberikan harus dikonsumsi secara rutin dan dihabiskan. Jika tidak, tekanan darah akan sulit untuk dikontrol dan hal ini bisa berdampak pada kesehatan pembuluh darah. 

Tekanan darah tinggi alias hipertensi nyatanya bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, terutama serangan jantung dan stroke. Hal ini terjadi karena semakin tinggi tekanan darah, maka akan semakin besar pula tekanan yang terjadi pada dinding pembuluh darah. Hal itu kemudian berisiko menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah. 

Kondisi ini juga akan mendorong organ jantung untuk memompa lebih berat dibanding pada kondisi normal. Jika dibiarkan begitu saja, risiko kerusakan pada jantung dan munculnya penyakit jantung akan menjadi lebih besar. 

Selain mengonsumsi obat-obatan sampai habis, pengidap hipertensi maupun penyakit jantung harus memperhatikan gaya hidup yang diterapkan. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, terapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, menghindari garam berlebih bagi pengidap hipertensi, hindari alkohol, kelola stres dengan baik, serta rutin berolahraga. 

Baca juga: 5 Penyebab Terjadinya Serangan Jantung di Usia Muda

Kabar buruknya, hipertensi seringkali muncul tanpa disertai dengan gejala yang pasti. Kondisi ini terkadang baru disadari saat sudah parah dan menimbulkan komplikasi, termasuk penyakit jantung. Maka dari itu, penting untuk selalu melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin, sehingga tekanan darah bisa dikontrol. 

Bahaya Tidak Mengonsumsi Obat 

Seperti dikatakan sebelumnya, konsumsi obat pada pengidap hipertensi berperan untuk menurunkan tekanan darah. Jika tekanan darah bisa dikontrol dengan baik, risiko terjadinya komplikasi pada jantung maupun organ tubuh lain bisa dihindari. Sebaliknya, tekanan darah yang tidak terkontrol bisa meningkatkan risiko penyakit memburuk. 

Selain itu, tidak mengonsumsi obat sampai habis dan sesuai dengan anjuran dokter juga dikhawatirkan bisa menurunkan fungsi tubuh. Kalau sudah begitu, kerusakan yang terus terjadi akan sulit untuk dikendalikan tubuh sehingga bisa menyebabkan gejala penyakit memburuk. Maka dari itu, pastikan untuk selalu mengonsumsi obat sesuai resep dokter dan barengi dengan penerapan gaya hidup sehat. 

Baca juga: Perbedaaan Serangan Jantung dan Gagal Jantung

Bila kamu kehabisan obat hipertensi atau penyakit jantung yang harus diminum rutin, beli di aplikasi Halodoc saja. Unggah resep yang dimiliki ke aplikasi kemudian gunakan layanan antar untuk mendapatkan obat segera. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Nah, buat kamu yang ingin mendapatkan kebutuhan medis secara rutin, kamu bisa menggunakan Halodoc Langganan! Beli berbagai macam kebutuhan seperti obat jantung, obat diabetes, obat hipertensi hanya perlu satu kali pesan dan dapat dikirim secara berkala mingguan atau bulanan sesuai keinginan kamu, lho!

halodoc-langganan
Referensi: 
Heart Foundation. Diakses pada 2021. Blood pressure and your heart.
Heart.org. Diakses pada 2021. How High Blood Pressure Can Lead to a Heart Attack.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. High blood pressure dangers: Hypertension’s effects on your body.