• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Pria Lebih Berisiko Alami Avascular Necrosis Dibandingkan Wanita

Alasan Pria Lebih Berisiko Alami Avascular Necrosis Dibandingkan Wanita

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Darah mempunyai peranan sangat penting pada tubuh karena dapat mengangkut oksigen yang dibutuhkan oleh seluruh bagian tubuh. Selain itu, darah juga dapat menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi yang dikandungnya agar semua organ di tubuh dapat bekerja secara normal. Karena fungsinya yang sangat krusial, tidak boleh ada satu bagian pun dari tubuh yang tidak dialiri oleh darah.

Jika adalah satu saja bagian tubuh yang mengalami kekurangan pasokan darah, kematian jaringan dapat terjadi. Gangguan tersebut disebut juga dengan avascular necrosis. Selain itu, dipercaya jika gangguan ini lebih rentan untuk terjadi pada pria dibandingkan dengan wanita. Apa alasan hal tersebut dapat lebih berisiko terhadap pria? Berikut ulasan lengkapnya!

Baca juga: Penyebab Avascular Necrosis yang Perlu Diwaspadai

Pria Lebih Berisiko untuk Mengidap Avascular Necrosis

Avascular necrosis atau osteonecrosis adalah kematian seluler tulang di beberapa bagian tubuh yang disebabkan oleh sumbatan pada suplai darah. Hal ini mampu menyebabkan epifisis pada tulang sehingga menimbulkan kematian jaringan. Gangguan ini dapat menyebabkan tulang menyusut dan pecah, yang membentuk retakan-retakan kecil. Pada akhirnya, keruntuhan tulang sulit untuk dihindari.

Gangguan ini umumnya tidak menimbulkan gejala apapun kecuali menekan bagian tulang yang mengalaminya. Saat penyakitnya menjadi lebih buruk, barulah perasaan sakit dapat terasa bahkan menjadi konstan. Jika tulang dan sendi di sekitarnya runtuh, maka kamu tidak dapat menggunakan sendi tersebut. Waktu yang dibutuhkan antara gejala pertama hingga terjadinya keruntuhan tulang adalah beberapa bulan hingga lebih dari satu tahun.

Lalu, apa alasannya pria lebih rentan untuk mengidap avascular necrosis dibandingkan wanita? Salah satu alasan yang dapat membuat pria lebih untuk mengidap gangguan ini adalah karena kemungkinan cedera pada sendi dan tulang yang tinggi. Pria lebih banyak melakukan beberapa kegiatan yang dianggap lebih berisiko untuk menyebabkan dislokasi pada sendi dan tulang. Hal tersebut mampu merusak pembuluh darah di sekitarnya, sehingga mengganggu aliran darah yang normal. Saat pasokan darah terhenti, maka avascular necrosis dapat terjadi.

Selain itu, pria lebih berisiko untuk mengidap gangguan tersebut, terutama pada yang mengalami obesitas, karena terjadinya penumpukan lemak pada pembuluh darah. Saat lemak tersebut membentuk sumbatan yang menyebabkan darah tidak dapat melewatinya, area yang tidak mendapatkan darah akan mati. Maka dari itu, cobalah untuk membatasi konsumsi makanan berlemak dan memiliki berat badan yang ideal.

Lalu, jika kamu mempunyai pertanyaan terkait gangguan dari avascular necrosis, dokter dari Halodoc siap menjawabnya. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone melalui Apps Store atau Play Store!

Baca juga: Ini Gejala Umum saat Terkena Avascular Necrosis

Cara Mencegah Terjadinya Avascular Necrosis

Memang gangguan ini terbilang sangat fatal jika tidak segera mendapatkan penanganan. Pengidapnya mungkin tidak dapat beraktivitas normal ketika telah terjadi keruntuhan pada tulang, terutama tulang yang menyangga tubuh. Maka dari itu, kamu harus mengetahui beberapa cara yang ampuh untuk mencegah avascular necrosis agar tidak terjadi. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:

  • Menghindari Cedera atau Patah Tulang

Saat berolahraga atau berkegiatan yang memiliki risiko untuk cedera, cobalah untuk menggunakan alat pelindung agar risikonya tidak membahayakan tubuh. Saat cedera yang terjadi menghambat aliran darah, avascular necrosis dapat terjadi.

  • Kurangi Asupan Kolesterol dan Lemak

Kamu juga dapat mengurangi makanan yang mengandung kolesterol dan lemak agar asupan darah ke seluruh bagian tubuh tetap terjaga. Dengan begitu, risiko untuk mengidap gangguan tersebut dapat diredam.

  • Mengurangi Konsumsi Alkohol

Seseorang yang mempunyai kebiasaan untuk mengonsumsi alkohol juga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengidap avascular necrosis. Maka dari itu, membatasi konsumsi minuman memabukkan tersebut sangat penting untuk dilakukan.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Kenali Gejala Nekrosis Avaskular

Itulah pembahasan mengenai pria yang lebih rentan untuk mengidap avascular necrosis dibandingkan wanita. Cobalah untuk selalu menghindari segala risiko yang dapat menyebabkan gangguan berbahaya pada tulang tersebut terjadi. Dengan begitu, kesehatanmu tetap terjaga setiap harinya.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Avascular Necrosis (AVN or Osteonecrosis).
News Medical. Diakses pada 2020. Avascular Necrosis (Osteonecrosis).