Amankah Ibu Hamil Makan Buah Kesemek?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 September 2021
Amankah Ibu Hamil Makan Buah Kesemek?Amankah Ibu Hamil Makan Buah Kesemek?

“Kehamilan menjadi momen yang paling membahagiakan bagi semua calon ibu. Ini artinya, ibu perlu menjaga pola makan dan pola hidup agar tubuh ibu dan janin di dalam kandungan tetap sehat. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi, misalnya makanan mentah dan setengah matang. Lalu, bagaimana dengan buah kesemek?”

Halodoc, Jakarta – Sebagai ibu hamil, mengonsumsi makanan bergizi menjadi salah satu hal penting yang perlu ibu lakukan. Meski begitu, beberapa jenis makanan yang biasanya aman dikonsumsi saat ibu sedang tidak hamil justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan tumbuh kembang janin saat kehamilan tiba. 

Buah dan sayur menjadi dua jenis makanan yang dianjurkan untuk lebih sering dikonsumsi ketika sedang hamil. Namun, ada beberapa jenis buah yang mungkin dihindari, seperti durian atau buah dengan rasa terlalu asam atau tidak matang. Lalu, bagaimana dengan buah kesemek? Bolehkah buah ini dikonsumsi saat sedang hamil?

Amankah Mengonsumsi Buah Kesemek saat Sedang Hamil?

Buah kesemek memiliki bentuk, seperti tomat berwarna oranye dengan tekstur kulit yang seperti berlapis lilin. Buah ini bisa dikonsumsi dalam bentuk segar, mentah, dimasak, atau dikeringkan. Buah kesemek punya rasa manis dan daging yang lembek, ternyata sangat bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh ibu selama kehamilan. 

Baca juga: 5 Hal Ini Menunjukan Tanda Kehamilan yang Sehat

Jadi, bolehkah mengonsumsi buah kesemek ketika sedang hamil? Tentu saja boleh. Meski begitu, pastikan buah yang ibu konsumsi sesuai dengan porsi dan tidak berlebihan. Mengonsumsi buah ini bisa membantu memastikan bahwa kondisi kehamilan ibu tetap sehat. Selain itu, buah kesemek memiliki nutrisi yang membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin. 

Namun, sebaiknya ibu tetap membicarakan hal ini dengan dokter. Pasalnya, ada beberapa kondisi yang mungkin saja tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini. Pastikan ibu sudah download dan punya aplikasi Halodoc, karena ibu bisa lebih mudah tanya jawab dengan dokter kapan saja melalui aplikasi Halodoc

Berbagai Manfaat Buah Kesemek untuk Kehamilan

Buah kesemek mengandung banyak nutrisi penting dalam jumlah yang bisa dikatakan tinggi. Artinya, buah ini bisa membawa banyak manfaat kesehatan ketika ibu hamil mengonsumsinya. Berikut ini beberapa di antaranya: 

  • Menunjang Pertumbuhan Janin

Kesemek kaya akan kalsium dan fosfor. Jadi, mengonsumsi buah ini selama kehamilan membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tulang janin. Tidak hanya itu, buah ini juga membantu meningkatkan kelancaran fungsi sistem saraf pusat janin. 

Baca juga: Seberapa Sering Ibu Harus Konsultasi Kehamilan?

  • Membantu Mengobati Anemia

Kandungan zat besi dalam buah kesemek membantu mencegah risiko anemia selama kehamilan. Mengonsumsi buah ini selama masa kehamilan akan membantu meningkatkan jumlah hemoglobin ibu yang tentunya akan mencegah efek buruk dari anemia, seperti kelelahan dan pusing.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain itu makan buah kesemek selama kehamilan juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu secara substansial. Kandungan vitamin A dan karoten dalam buah ini membantu menguatkan penglihatan dan otot jantung serta meningkatkan kelancaran berbagai proses tubuh. Tak ketinggalan, kandungan vitamin C dalam buah kesemek juga meningkatkan kekebalan ibu secara substansial.

  • Membantu Mengendalikan Tekanan Darah

Buah kesemek sangat efektif dalam mengobati hipertensi, salah satu masalah kesehatan yang sangat rentan terjadi pada wanita ketika sedang hamil. Kandungan magnesium dalam buah ini juga membantu menurunkan tekanan darah ketika hamil, sehingga mendukung kehamilan ibu dan janin tetap sehat. 

Baca juga: Waspada, Ini Kelainan dalam Kehamilan

  • Membantu Mengatasi Stres dan Insomnia

Stres karena terjadinya perubahan tubuh dan hormon saat hamil menjadi masalah lain yang kerap terjadi pada ibu hamil. Belum lagi dengan insomnia yang datang karena tubuh perut yang semakin membesar, sering buang air kecil malam hari, dan nyeri pada punggung yang semakin menjadi. Ternyata, kandungan vitamin C dalam buah kesemek sangat efektif dalam mengurangi kecemasan, stres, depresi, dan insomnia. Buah ini diduga bisa membantu ibu mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak. 

Ternyata, tidak masalah mengonsumsi buah kesemek ketika sedang hamil. Bahkan, ibu dianjurkan mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan karena segudang manfaat yang dimilikinya yang sangat berguna untuk tubuh ibu dan janin yang sedang bertumbuh dan berkembang dalam kandungan. Pastikan tetap pantau kondisi kehamilan dengan pemeriksaan bulanan, ya, bu!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

Mom Junction. Diakses pada 2021. Is It Safe To Eat Persimmons During Pregnancy?
WebMD. Diakses pada 2021. 5 A Day: Fruit of the Month: Persimmons.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan