• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Kegel Ampuh Atasi Vaginismus?

Apakah Kegel Ampuh Atasi Vaginismus?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Masalah pada vagina sebenarnya bukan cuma menyoal keputihan, gatal-gatal, atau iritasi saja. Pernah mendengar vaginismus? Vaginismus merupakan gangguan ketika otot-otot di sekitar vagina mengencang dengan sendirinya. Otot-otot ini bisa mengencang ketika saat penetrasi seksual. 

Nah, mengencangnya otot-otot vagina ini akan menimbulkan rasa sakit ketika penetrasi berlangsung. Pertanyaannya, bagaimana sih cara mengatasi vaginismus? Benarkah senam kegel bisa membantu mengatasi vaginismus? 

Baca juga: Istri Mengidap Vaginismus, Ini yang Dilakukan Suami

Tak Hanya Perih saat Penetrasi

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, ada baiknya untuk berkenalan terlebih dahulu dengan gejalanya. Menurut ahli di National Institutes of Health - Medlineplus, gejala utama vaginismus berupa sulitnya penetrasi ke dalam vagina atau timbulnya rasa sakit atau nyeri pada vagina saat berhubungan intim. 

Di samping itu, wanita yang mengidap vaginismus juga sering merasa cemas saat hendak berhubungan intim. Hal ini bukan berarti mereka tak terangsang secara seksual, tetapi cemas akan rasa sakit yang akan dialaminya. 

Selain hal-hal di tas, ada pula gejala vaginismus lainnya yang dipengaruhi oleh tingkat keparahannya, seperti: 

  • Rasa sakit seksual dalam jangka panjang, atau tanpa penyebab yang diketahui.

  • Rasa sakit saat pemeriksaan ginekologis.

  • Rasa sakit saat memasang tampon.

  • Kejang atau berhenti bernapas saat mencoba penetrasi. 

Kembali ke tajuk utama, bagaimana sih cara mengatasi vaginismus? 

Melemaskan Otot-Otot Sekitar Vagina

Vaginismus bisa membuat pengidapnya merasa tidak nyaman atau menimbulkan rasa sakit. Lalu, bagaimana cara mengatasi? Ada beberapa cara untuk mengatasi vaginismus, salah satunya lewat latihan kegel. 

Baca juga: Trauma Bisa Sebabkan Terjadinya Vaginismus

Untuk melakukan latihan kegel, kencangkan dan kendurkan otot-otot dasar panggul berulang kali. Tujuannya untuk melemaskan otot-otot di sekitar vagina dan meningkatkan kontrol otot panggul bawah. 

Cara melakukan latihan kegel sederhana, ketika buang air kecil, hentikan alirannya. Tubuh menggunakan otot dasar panggul untuk melakukan hal ini. Berikut langkah-langkah untuk melakukan latihan kegel: 

  • Kosongkan kandung kemih.

  • Kontraksikan otot-otot dasar panggul dan hitung sampai 10.

  • Relakskan otot dan hitung sampai 10.

  • Ulangi siklus ini 10 kali, tiga kali sehari.

  • Untuk memperkuat otot-otot dasar panggul, jangan menggerakkan otot-otot perut, bokong, atau paha saat melakukan latihan ini.

Agar hasilnya maksimal, lakukan latihan kegel setiap hari. Kamu tidak memerlukan waktu atau ruang khusus kok untuk melakukan kegel. Menariknya, senam kegel juga bisa kamu lakukan sambil duduk mengetik atau dalam perjalanan. ketika otot panggul makin mengencang, cobalah lakukan senam kegel sambil berdiri atau berjalan. 

Tips Lain Atasi Vaginismus

Sebenarnya cara mengatasi vaginismus tak hanya melalui latihan kegel. Sebab, ada beberapa upaya lainnya yang bisa kita lakukan untuk mengatasi vaginismus. Misalnya: 

  • Foreplay. Lakukan foreplay atau fase pemberian rangsangan seksual pada pasangan. Tujuannya agar pasangan memproduksi cairan lubrikasi, sehingga penis bisa berpenetrasi. 

  • Cairan Lubrikasi. Andaikan foreplay tidak berhasil, gunakan cairan lubrikasi yang dijual bebas. Pastikan kandungannya tidak menyebabkan alergi, gatal-gatal, atau iritasi pada penis atau vagina. 

  • Jangan dilanjutkan. Bila cairan lubrikasi juga tidak berhasil, jangan memaksakan untuk melakukan penetrasi. Sebab, hal tersebut bisa menyebabkan cedera fisik atau bahkan masalah psikis. 

  • Terapi dan konseling seks. Terapi atau konseling ini melibatkan edukasi tentang anatomi vagina dan apa saja yang terjadi selama hubungan seksual. Konseling dapat melibatkan diri sendiri atau dengan pasangan. 

Mau tahu lebih jauh mengenai cara mengatasi vaginismus ? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur chat dan voice/video call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What Is Vaginismus?
Medical News Today. Diakses pada 2020. What you need to know about vaginismus.
National Institutes of Health - Medlineplus. Diakses pada 2020. Vaginismus.
Web MD. Diakses pada 2020. Vaginismus.