• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bakar Lemak Perut dengan 2 Cara Ini

Bakar Lemak Perut dengan 2 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Di saat tidak banyak kegiatan yang dilakukan karena harus bekerja dari rumah karena maraknya virus corona yang terjadi, banyak orang malah mengalami pertambahan berat badan. Tubuh yang diam saja tidak melakukan apa pun dan terus memasok lemak dapat membuat perut semakin besar. Padahal, semakin banyak lemak di tubuh dapat berbahaya.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membakar lemak pada perut. Cara ini dapat dilakukan tanpa perlu ke luar dari rumah, yang paling penting adalah terus bergerak dan melakukan konsumsi makan yang sehat agar lemak tidak terus bertambah. Berikut beberapa cara bakar lemak pada perut yang efektif dilakukan!

Baca juga: Waspada Bahaya Lemak Perut, Ini Cara Menghilangkannya

Cara Bakar Lemak yang Efektif

Memang, semakin bertambahnya usia akan semakin sulit untuk mencegah bertumpuknya lemak di perut. Setiap orang pada kenyataannya memiliki lemak perut, bahkan jika orang tersebut memiliki perut yang rata. Hal tersebut memang terbilang normal. Jika seseorang memiliki terlalu banyak lemak pada perutnya, maka risiko mengalami gangguan kesehatan berbahaya juga akan meningkat.

Sebagian lemak berada di bawah kulit dan juga sekitar jantung, paru-paru, dan organ penting lainnya. Maka dari itu, mengurangi lemak di area tersebut sangat penting. Hal ini dapat dilakukan jika dilakukan dengan bimbingan yang tepat serta motivasi yang kuat. Kamu juga dapat mengakali hormon yang berfluktuasi dan metabolisme yang semakin berkurang untuk mengubahnya agar tubuh menjadi lebih sehat.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara yang efektif untuk bakar lemak di perut agar mendapatkan tubuh yang sehat. Berikut beberapa cara yang dapat kamu terapkan:

  1. Mulai Berolahraga

Salah satu cara untuk membakar lemak yang berada di perut adalah dengan mulai aktif berolahraga. Namun, kunci sukses saat berolahraga adalah konsistensi. Cara untuk sukses rutin berolahraga terbilang sederhana, yaitu dimulai dengan beban yang paling rendah dan terus tambah beban tersebut seiring mulai terbiasanya tubuh akan hal tersebut.

Cobalah untuk berolahraga sekitar 20 menit setiap melakukannya dan sesuaikan dengan tingkat kebugaran tubuh. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berolahraga adalah:

  • Perkuat seluruh tubuh: Disebutkan apabila mengangkat beban dapat membuat perbedaan besar agar tubuh terasa lebih ringan. Maka dari itu, latihan kekuatan merupakan bagian penting dari berolahraga sebagai cara untuk membakar lemak di perut.
  • Percepat pembakaran tubuh: Kamu juga dapat mempercepat pembakaran lemak pada tubuh dengan cara mengombinasikan gerakan pendek tetapi membutuhkan kecepatan. Hal tersebut untuk membuat jaringan otot dan meningkatkan metabolisme.
  • Perkuat otot inti: Cobalah untuk selalu melibatkan otot-otot inti di dalam tubuh dalam setiap gerakan agar mendapatkan hasil yang optimal. Beberapa hasil yang dapat dirasakan adalah perut lebih kencang, lebih rata, dan postur tubuh menjadi lebih baik.
  • Lakukan peregangan: Dengan melakukan beberapa menit gerakan lembut sebagai peregangan, kamu dapat melepaskan rasa tegang, meningkatkan pemulihan, dan fleksibilitas yang lebih terasa.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait cara membakar lemak pada perut yang efektif, dokter dari Halodoc siap memberikan saran profesional untuk melakukannya. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

Baca juga: 5 Tips Mudah Usir Lemak Perut

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk membakar lemak di perut adalah selalu mengonsumsi makanan yang sehat. Cobalah untuk perbanyak konsumsi buah, sayur, gandum utuh, dan protein tanpa lemak. Selain itu, hindari makanan olahan sebanyak mungkin. Saat melakukan hal ini, secara otomatis makanan yang dikonsumsi dapat meningkatkan energi, membentuk otot, dan melawan peradangan yang dapat menyebabkan penyakit.

Baca juga: Bakar Lemak Perut Saat Puasa, Bisa!

Dengan menerapkan beberapa cara untuk bakar lemak pada perut tersebut, diharapkan tubuhmu akan menjadi lebih sehat. Selain itu, kamu juga harus memastikan makanan yang dikonsumsi setiap hari masuk dalam kategori makanan sehat. Akhirnya, tubuhmu akan menjadi lebih sehat setelah melakukan semua hal tersebut.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2020. Losing Stubborn Belly Fat Really Comes Down to These Two Lifestyle Changes.
Healthline. Diakses pada 2020. 6 Simple Ways to Lose Belly Fat, Based on Science.