04 February 2018

4 Cara Sehat Menambah Berat Badan

4 Cara Sehat Menambah Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Mitos yang berkembang saat ini adalah menambah berat badan lebih mudah daripada menurunkannya. Ini pun menjadi kesalahpahaman karena tidak semua dari cara tersebut merupakan cara sehat menambah berat badan.

Alasannya karena ketika orang-orang hanya berpikiran untuk menambah berat badan dengan memakan semua jenis makanan, maka yang terjadi adalah berat badan tidak akan bertambah. Yang terjadi malah penumpukan lemak yang malah berbahaya bagi kesehatan.

Perlu dipahami bahwa untuk mendapatkan berat badan dengan cara yang benar akan menyelematkan kamu dari berbagai macam penyakit, seperti diabetes dan tiroid. Berikut 4 cara sehat menambah berat badan yang bisa kamu praktikkan:

Perbanyak Kalori dan Makanan yang Bergizi

Untuk menambah berat badan secara sehat dianjurkan untuk mengonsumsi kebutuhan kalori harian lebih banyak dari kebutuhan kalori harian normal. Kebutuhan kalori harian ini berbeda-beda antara satu individu dengan individu lainnya. Kebutuhan kalori harian antara lain di pengaruhi oleh faktor usia, berat badan, tinggi badan, jenis kelamin, aktifitas fisik, dan status gizi sebelumnya. Kalori pada dasarnya dapat diperoleh dari semua jenis makanan, namun tentu jumlah kandungan kalori ini berbeda-beda dari jenis yang satu dengan yang lainnya.

Untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat tentu sumber kalori ini tidak boleh sembarangan. Sumber kalori harus didapat dari makanan bergizi yang memiliki proporsi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang seimbang.

Makan Sedikit Tapi Sering

Frekuensi makan sebaiknya ditingkatkan untuk menambah berat badan. Tapi tentu saja, porsinya harus dikurangi karena jangan sampai yang bertumpuk adalah lemak jahat. Jadwal makan itu sebaiknya diatur dari pagi hingga sore hari. Hindari makan malam, karena di waktu itu merupakan waktu untuk beristirahat.

Perbanyak Air Putih dan Susu

Salah satu dari banyak manfaat minum air putih adalah menjaga pencernaan dan metabolisme tubuh. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya berat badan kamu jika dikonsumsi dalam porsi yang cukup. Air putih ini juga akan membuang racun yang ada dalam tubuh, sehingga kamu akan terhindar dari kegemukan yang tidak sehat.

Jika kamu kesulitan dalam mendapatkan susu segar setiap hari, kamu bisa mengonsumsi olahan susu seperti yogurt, puding, atau es krim. Yang jelas, kamu harus mengonsumsi susu secara rutin setiap hari karena hal ini merupakan salah satu cara sehat menambah berat badan.

Olahraga

Aktivitas berolahraga ini yang sering diabaikan oleh orang-orang karena mereka beranggapan bahwa olahraga itu untuk menurunkan berat badan. Padahal, mereka yang bertubuh kurus pun sebaiknya berolahraga untuk menjaga kesehatan mereka. Apalagi untuk menambah berat badan, semakin kamu sehat semakin berat badanmu akan terjaga.

Contoh olahraga ringan yang bisa kamu lakukan adalah jogging secara rutin minimal dua kali seminggu selama 30 hingga 60 menit. Bersepeda dan berenang pun bisa jadi pilihan lain untuk mendapatkan badan ideal kamu.

Terakhir adalah jangan lupa diskusikan aktivitas menambah berat badanmu ini kepada mereka yang ahli, dalam hal ini dokter. Jika tidak punya waktu lebih untuk dibicarakan secara face to face langsung, kamu bisa menghubungi dokter di Halodoc yang telah terdaftar di Ikatan Dokter Indonesia (dengan memanfaatkan  Video Call, Voice Call, dan Chat.  Selain pilihan komunikasi yang sudah disebutkan tadi, kini kamu juga harus tahu kalau Halodoc memiliki fitur terbarunya, yaitu Lab service.

Selain itu, di Halodoc kamu juga bisa mendapatkan berbagai macam vitamin yang diantarkan langsung ke rumahmu dalam waktu kurang dari sejam setelah kamu memesannya. Nah, tunggu apalagi? Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play sekarang juga!

Baca juga: Ingin Lebih Berisi? Intip Cara Sehat Menambah Berat Badan Ini