13 February 2017

5 Tips Mudah Usir Lemak Perut

HaloDoc, Jakarta. Memiliki bentuk perut yang rata dan ideal memang menjadi idaman. Namun untuk mendapatnya tidak mudah, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan secara rutin.

Lemak yang ada di bagian perut termasuk yang paling mudah terlihat sehingga membuatnya tampak buncit. Nah, untuk meluruhkan lemak di perut, Anda tidak hanya harus melakukan latihan yang fokus pada otot-otot di sekitar perut. Pola makan seimbang adalah solusi untuk Anda yang ingin meluruhkan timbunan lemak di perut. Yuk, ikuti 5 tips mudah usir lemak perut berikut ini:

1. Makanan Kaya Serat
Pola makan sehat dimulai dengan mengonsumsi sayuran, buah, biji-bijian utuh, serta protein tanpa lemak. Jenis makanan ini akan membuat perut kenyang lebih lama karena kaya serat dan bergizi tinggi. Tak hanya itu, kandungan mineral dan vitaminnya pun dapat memenuhi kebutuhan energi yang diperlukan tubuh. Ingat untuk mengurangi konsumsi makanan cepat saji karena dapat mengganggu metabolisme tubuh jadi tidak lancar.

2. Air Putih yang Cukup
Penuhi kebutuhan tubuh akan air dengan mengonsumsi air putih 8 gelas perhari. Apalagi jika Anda rutin melakukan olahraga, cairan yang cukup akan menjaga tubuh dari dehidrasi. Hindari untuk mengonsumsi minuman bersoda, jus buah dalam kemasan, dan minuman bernergi karena mengandung gula dalam kadar tinggi kalori dan pengawet yang tidak baik untuk tubuh Anda.

3. Rutin Olahraga
Sempatkan waktu untuk berolahraga selama 30 hingga 60 menit setidaknya lima kali dalam seminggu. Jika merasa sibuk dan tidak punya banyak waktu berolahraga, tak perlu khawatir. Anda bisa mulai melakukan olahraga ringan dengan jalan kaki, bersepeda, dan berenang. Tak ada salahnya bergabung dalam komunitas senam atau olahraga untuk memotivasi Anda agar melakukan gaya hidup sehat.

4. Latihan Otot
Setiap hari, bakar lemak tubuh dengan banyak bergerak. Lakukan latihan otot setidaknya dua hingga tiga kali dalam seminggu. Meningkatkan massa otot dapat meningkatkan proses pembakaran lemak dan kalori.

5. Kurangi Kalori
Buang lemak sebanyak 1 kilogram setiap minggu dengan mengurangi asupan kalori sekitar 500 sampai 1000 kalori/hari. Dengan begini, lemak tubuh pun akan berkurang secara berkala.

Melakukan gaya hidup dan pola makan sehat merupakan kebutuhan agar Anda bisa mendapatkan perut yang bebas lemak. Selain mengikut 5 tips mudah usir lemak, jangan ragu untuk menghubungi dan meminta saran dari dokter HaloDoc menggunakan fitur call, chat, atau video call mengenai kondisi tubuh Anda. Download aplikasi HaloDoc sekarang di App Store dan Google Play.