26 June 2018

7 Makanan Berlemak Tinggi yang Baik untuk Kesehatan

Makanan berlemak yang bermanfaat

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang menganggap bahwa makanan berlemak tidak baik untuk kesehatan. Ini karena makanan berlemak dianggap bisa meningkatan kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh. Padahal, tidak semua makanan berlemak itu buruk untuk kesehatan. Sebab bagaimana pun, lemak bisa menjadi sumber energi utama tubuh, selain karbohidrat dan protein. Lemak juga bermanfaat dalam proses penyerapan beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga: Lemak Makin Menumpuk? Coba Konsumsi 7 Makanan Ini

Lemak terbagi menjadi dua, yaitu lemak jenuh (lemak jahat) dan lemak tak jenuh (lemak baik). Lemak jahat inilah yang tidak disarankan untuk banyak dikonsumsi, karena bisa memicu peningkatan lemak dan kolesterol dalam tubuh. Sebaliknya, lemak baik boleh dikonsumsi karena baik untuk kesehatan. Lantas, apa saja makanan berlemak yang bermanfaat untuk kesehatan?

1. Ikan

Ikan termasuk makanan berlemak tinggi yang baik untuk kesehatan. Alasannya karena ikan mengandung lemak berjenis asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan tubuh dan otak. Sehingga, mengonsumsi ikan yang cukup bisa membantu otak bekerja lebih optimal. Itu sebabnya beberapa studi telah melaporkan adanya hubungan antara konsumsi ikan dan penurunan risiko stroke, serangan jantung, dan alzheimer.

2. Telur

Telur seringkali dianggap tidak sehat karena bagian tengahnya (kuning telur) tinggi lemak dan kolesterol. Padahal, sebuah studi melaporkan bahwa kolesterol pada telur tidak berdampak pada peningkatan kolesterol dalam darah, setidaknya untuk kebanyakan orang. Selain itu, telur juga kaya akan nutrisi yang baik untuk otak dan kesehatan jantung, misalnya protein, zat kolin, dan vitamin B.

3. Kacang

Kacang mengandung protein, vitamin, mineral, lemak tak jenuh tunggal, hingga antioksidan. Kandungan nutrisi inilah yang berperan dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kacang setiap minggu (setidaknya 140 gram kacang) berisiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung.

4. Alpukat

Selain rasanya lezat, alpukat juga baik untuk kesehatan jantung. Ini karena alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL) dalam tubuh.

5. Cokelat Hitam

Cokelat hitam telah banyak diketahui manfaatnya. Diantaranya adalah meningkatkan fungsi otak, melindungi kulit dari sinar matahari, memperbaiki suasana hati (mood), hingga baik untuk kesehatan jantung. Manfaat ini diperoleh dari nutrisi yang terdapat pada cokelat hitam, seperti zat besi, magnesium, mangan, tembaga, dan lemak tak jenuh.

Baca juga: Ketahui Manfaat Coklat Hitam yang Luar Biasa

6. Minyak  Zaitun

Minyak zaitun termasuk makanan berlemak tinggi yang baik untuk kesehatan. Ini karena konsumsi minyak zaitun dalam jumlah yang pas bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan pembentukan plak pembuluh darah akibat kolesterol jahat dalam tubuh.

7. Keju

Banyak yang mengira kalau keju menyebabkan peningkatan berat badan. Padahal, sebuah studi melaporkan bahwa mengonsumsi keju dengan porsi yang pas tidak terlalu berdampak pada berat badan seseorang. Keju juga mengandung protein, vitamin B12, kalsium, dan lemak yang baik untuk kesehatan jantung.

Itulah tujuh makanan berlemak yang bermanfaat untuk kesehatan. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar bahaya makanan berlemak, gunakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui Halodoc, kamu bisa bicara pada dokter kapan saja dan di mana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!