• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Banyak Kuman saat Ngegym, Waspadai dengan Cara Ini

Banyak Kuman saat Ngegym, Waspadai dengan Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Olahraga sejatinya mampu menjauhkan tubuh dari serangan penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh, membuat postur tubuh menjadi lebih baik, merangsang pertumbuhan ideal, meningkatkan daya berpikir, serta nafsu makan. Namun, jika kegiatan ini dilakukan di tempat gym, risiko penyebaran kuman akan sangat tinggi, karena alat-alat digunakan secara bersamaan.

Baca juga: Jangan Kalah dengan Kuman, Cegah Disentri dengan 9 Cara Ini

Jika sudah terpapar kuman, manfaat olahraga yang seharusnya didapatkan justru berbalik menjadi petaka. Kuman bisa saja menjadi penyebab kamu mengidap berbagai jenis penyakit. Lalu, bagaimana langkah mencegah kuman hinggap di kulit saat gym? Berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan!

  1. Menjaga kebersihan tangan dengan baik. Jika kamu memiliki luka pada kulit atau kulit pecah-pecah, tutupi agar tidak menjadi sarang kuman.

  2. Bersihkan peralatan sebelum dan setelah digunakan. Jangan lupa untuk membawa handuk dan matras pribadi.

  3. Jangan memakai pakaian terlalu ketat guna menjaga kelembapan kulit. Pakaian yang sedikit longgar akan membantu kulit tetap kering dan mencegah tumbuhnya kuman.

  4. Gunakan sarung tangan saat angkat beban dan selama sesi latihan berlangsung. Hal tersebut dilakukan, karena memakai sarung akan mencegahmu menyentuh wajah. Setelah melepas sarung tangan, jangan lupa untuk mencuci tangan.

  5. Cuci pakaian olahraga setelah digunakan. Selalu gunakan sepatu di area gym dan sediakan alas kaki seperti sandal jepit untuk digunakan di kamar mandi.

  6. Saat memiliki luka pada kulit atau kulit pecah-pecah, sebaiknya hindari menggunakan sauna, atau kolam air panas sampai luka benar-benar sembuh, agar tidak lembap dan menjadi sarang kuman.

  7. Gunakan handuk saat menggunakan bangku atau sepeda dalam area gym. Lebih baik membawa printilan tambahan dari rumah untuk menghindari kuman hinggap pada kulit.

  8. Jika telah selesai, mandi sesegera mungkin. Gunakan pakaian yang bersih, yang berbeda dengan yang dipakai saat gym. Jangan pernah berbagi barang bawaan pribadi, termasuk handuk atau alat cukur.

  9. Hindari jam ramai. Untuk menghindari banyaknya kuman, coba untuk tidak pergi ke gym saat ramai pengunjung. Dengan begitu, akan lebih sedikit orang yang menyentuh dan menggunakan peralatan gym.

  10. Batasi sentuhan fisik sesama pengunjung, seperti jabat tangan atau “tos” saat berada di area gym. Jangan lupa untuk selalu memastikan cuci tangan dengan benar saat datang dan sebelum pergi dari gym.

Baca juga: 9 Cara Mencegah Infeksi Bakteri E. Coli

Meski tempat gym rentan penyebaran kuman, risiko seseorang terinfeksi kuman dari gym relatif kecil. Dengan etiket olahraga yang sehat akan membantu kamu menghindari kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Jangan lupa untuk mempraktikkan sejumlah langkah tersebut untuk memastikan kamu terhindar dari kuman di area gym.

Baca juga: Infeksi Virus vs Infeksi Bakteri, Lebih Berbahaya Mana?

Olahraga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, dan tempat gym adalah salah satu area yang membuat orang lebih rajin untuk berolahraga. Namun, jangan sampai niat untuk menjaga kesehatan tubuh justru berbalik merugikan karena tertular kuman yang tersebar di area tempat gym. Jika memiliki masalah kesehatan lain, kamu dapat langsung berdiskusi dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. Germs at the Gym: How to Work Out Without Worry.
Healthy Woman. Diakses pada 2020. 6 Simple Ways to Avoid Germs at the Gym.
Clean Plates. Diakses pada 2020. 5 Simple Ways to Avoid Germs at the Gym.