• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Batuk Bikin Tenggorokan Gatal, Coba Minum Kencur
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Batuk Bikin Tenggorokan Gatal, Coba Minum Kencur

Batuk Bikin Tenggorokan Gatal, Coba Minum Kencur

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 22 Juli 2021
Batuk Bikin Tenggorokan Gatal, Coba Minum Kencur

“Kencur menjadi salah satu tanaman herbal yang diduga dapat membantu mengatasi batuk dan gatal pada tenggorokan. Tanaman ini mengandung antioksidan dan berbagai senyawa yang mampu meredakan keluhan tersebut. Menariknya lagi, kencur juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya.”

Halodoc, Jakarta – Selain melalui konsumsi obat-obatan, tenggorokan yang terasa gatal akibat batuk juga bisa diatasi dengan beberapa cara alami. Salah satunya dengan memanfaatkan tanaman herbal seperti kencur. Rempah asli Indonesia ini sudah sering digunakan untuk meredakan batuk.

Indonesia sudah dikenal sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah. Hampir seluruh tanaman rempah di Indonesia bisa dijadikan sebagai obat herbal. Jadi, tidak ada salahnya kamu memanfaatkan kekayaan alam tersebut untuk mengatasi masalah kesehatan yang kamu alami. 

Lantas, bagaimana sih cara memanfaatkan kencur untuk mengatasi batuk dan gatal pada tenggorokan?

Tips Mengolah Kencur sebagai Obat Batuk

Kamu bisa mencoba memanfaatkan kencur sebagai tanaman herbal yang berkhasiat mengatasi batuk berdahak. Kencur terbukti ampuh mengencerkan dahak, sehingga mampu meredakan batuk berdahak yang kamu alami. Selain itu, rasa hangat yang bisa didapatkan saat minum ramuan kencur akan membuat tubuh lebih segar dan saluran pernapasan lebih lega. 

Manfaat kencur untuk atasi batuk tersebut tidak lepas dari kandungan nutrisi baik di dalamnya. Kencur mengandung berbagai macam nutrisi, mulai dari vitamin C, vitamin B kompleks, beta karoten, dan kalsium.

Selain itu, kencur juga dikenal memiliki beberapa kandungan kimia yang bisa membantu penyembuhan penyakit. Contohnya seperti senyawa aromatik, monoterpen, dan seskuiterpen, yang juga bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri.

Baca juga: Kandungan Kencur yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Nah, berikut ini beberapa tips mengolah kencur untuk mengobati batuk di rumah:

1. Mengunyah Kencur secara Langsung

Bila kamu batuk, cobalah kunyah kencur mentah yang sudah dicuci dan dikupas kulitnya. Kunyahlah sekitar 2 sampai 3 siung kencur hingga halus dan telan sarinya.

Lakukan cara ini satu sampai dua kali sehari. Rasanya mungkin sedikit aneh, tetapi cara ini dipercaya ampuh untuk menyembuhkan batuk dengan cepat.

2. Minum Air Perasan Kencur

Bila kamu enggan mengunyah kencur secara langsung, kamu bisa membuat minuman dari perasan kencur. Caranya adalah parut kencur atau haluskan dengan ditumbuk, kemudian saringlah dan campur air perasannya dengan air hangat, lalu minum.

Cara untuk membuat ramuan kencur tersebut, kamu cukup menggunakan 3–5 siung kencur berukuran sedang. Dengan meminum air kencur hangat, tenggorokan akan terasa hangat dan saluran pernapasan menjadi lega.

3. Campuran Kencur dan Jahe

Kencur biasanya juga diolah bersama dengan jahe untuk dimanfaatkan sebagai obat batuk. Caranya, tumbuk beberapa siung kencur dan jahe, lalu campurkan dengan 2 gelas air dan rebus sampai hanya tersisa satu gelas air saja. Saring kedua bahan tersebut dan minumlah airnya selagi hangat. Kamu juga bisa menambahkan madu atau gula aren agar rasanya lebih manis.

Baca juga: Penambah Nafsu Makan Anak, Inilah 5 Manfaat Kencur

4. Campuran Kencur dan Madu

Untuk rasa yang lebih enak, kamu bisa mengombinasikan air perasan kencur dengan beberapa sendok madu murni. Campur 3 sendok makan air kencur dengan satu sendok makan madu, lalu minum ramuan tersebut sebanyak dua kali dalam sehari. Ramuan ini dipercaya ampuh mengusir batuk.

Mau tahu lebih jauh mengenai manfaat dan cara mengolah kencur untuk mengatasi batuk dan kesehatan lainnya? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc

Manfaat Kencur Lainnya

Selain membantu mengatasi batuk dan gatal pada tenggorokan, kencur juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya. Contohnya seperti:

1. Menangkal Radikal Bebas

Tanaman herbal ini mengandung antioksidan yang disebut flavonoid. Nah, zat ini yang membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dari polusi atau asap rokok. Senyawa flavonoid juga mampu meredakan peradangan tubuh. 

2. Menurunkan Tekanan Darah

Menurut beberapa studi, kencur dapat dimanfaatkan untuk membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini berkat kandungan kalium, antioksidan, dan senyawa yang bersifat diuretik dalam kencur. Selain itu, tanaman herbal ini juga dapat membantu memperlancar sirkulasi darah.

3. Membunuh Kuman

Ekstrak kencur diduga mengandung minyak esensial yang bersifat antibakteri. Menurut beberapa studi, sifat antibakteri dalam kencur dapat membunuh kuman di gigi, gusi, kulit, dan saluran pernapasan. 

Baca juga: Kencur bisa Mengobati Batuk pada Bayi, Benarkah?

4. Membantu Meredakan Stres

Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, kencur juga memberikan efek menenangkan pada pikiran, sehingga dapat meredakan stres dan rasa cemas. Efek ini bisa diperoleh jika kamu mengonsumsi daun dan batang kencur sebagai jamur, aromaterapi, atau suplemen.

Nah, itulah beberapa manfaat kencur lainnya yang perlu diketahui. Jika batuk-batuk dan gatal pada tenggorokan tidak membaik setelah mengonsumsi kencur, tanyakan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Atau kamu juga bisa memeriksakan diri ke rumah sakit pilihan. Sebelumnya, buatlah janji terlebih dahulu dengan dokter di aplikasi Halodoc, sehingga tidak perlu mengantre sesampainya di rumah sakit.


Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Galangal Root: Benefits, Uses, and Side Effects.
US National Library of Medicine National Institutes of Health - Pub Med. Diakses pada 2021. Phytochemistry, pharmacological activities and uses of traditional medicinal plant Kaempferia galanga L. - An overview
IndoIndians. Diakses pada 2021. Kencur: The Wonderful Herb with