04 February 2019

Penambah Nafsu Makan Anak, Inilah 5 Manfaat Kencur

Penambah Nafsu Makan Anak, Inilah 5 Manfaat Kencur

Halodoc, Jakarta - Kencur adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan anak. Pemanfaatan kencur untuk anak-anak telah dilakukan sejak dahulu kala. Manfaat kencur yang didapatkan dapat berbeda-beda, tergantung cara kencur tersebut diolah. Contohnya, kencur dapat diolah dalam bentuk minuman atau dioleskan pada luka.

Manfaat kencur untuk kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Kencur adalah sebuah tanaman yang sangat baik untuk digunakan sebagai obat alami dalam tubuh. Selain itu, beberapa orang menyukai kencur dikarenakan rasanya yang khas. Pun, kencur sangat mudah untuk didapatkan, baik dalam bentuk utuh ataupun olahan.

Baca Juga: Menambah Nafsu Makan, Cari Tahu 6 Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Manfaat Kencur

Kencur dapat memberi banyak manfaat. Walau begitu, ibu tidak dapat memberikan kencur pada bayi yang masih di bawah 6 bulan. Hal tersebut dikarenakan hanya susu ibu yang harus dikonsumsi oleh anak tersebut. Berikut adalah manfaat kencur yang dapat memberi dampak baik bagi tubuh anak:

  1. Menghangatkan Tubuh Anak

Salah satu manfaat dari kencur adalah menghangatkan tubuh anak. Kandungan minyak atsiri pada kencur dapat menjaga tubuh anak agar tetap hangat. Penggunaan kencur sebagai penghangat tubuh sudah dilakukan sejak dahulu. Caranya adalah dengan hanya mengambil kandungan minyak atsirinya

Cara penggunaannya pun mudah. Ibu hanya menumbuk kencur hingga halus merata, lalu ampas hasil tumbukan tersebut diperas hingga keluar cairan yang mengandung minyak tersebut. Oleskan cairan tersebut ke tubuh anak, sehingga ia tetap merasa hangat saat cuaca sedang dingin.

  1. Menambah Nafsu Makan Anak

Manfaat kencur lainnya adalah dapat menambah nafsu makan anak. Kencur tersebut diperas, sehingga menghasilkan air. Kemudian, cairan tersebut dicampur dengan minuman lain. Ekstrak dari kandungan kencur dapat meningkatkan nafsu makan anak. Jika kamu melihat anak mulai kesulitan untuk menghabiskan porsi makanan yang biasa diberi, cobalah untuk memberi asupan kencur untuk mengatasinya.

Baca Juga: Berbagai Jamu yang Baik untuk Wanita

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seseorang dapat meningkatkan daya tahan tubuh hanya dengan mengonsumsi kencur. Air perasan kencur dapat dicampurkan dengan makanan ataupun minuman. Hal tersebut disebutkan dapat meningkatkan sistem imun pada anak, sehingga anak tidak mudah sakit.

Cobalah untuk memberikan kencur secara rutin dan bertahap porsinya. Hasilnya, daya tahan tubuh Si Kecil akan lebih kuat menghadang serangan virus, bakteri, hingga parasit. Penyakit-penyakit seperti flu, diare, muntah, hingga infeksi pada kulit dapat dicegah dengan tanaman tersebut.

  1. Mencegah Kelelahan

Anak yang mengalami kelelahan dapat dicegah dengan memberikan kencur melalui campuran makanan atau minumannya. Anak yang merasa lelah akan mudah rewel, badannya lemas dan loyo. Selain itu, anak akan terlihat kurang ceria dan bersemangat tidak seperti biasanya. Coba campurkanlah air perasan kencur ke minumannya sedikit demi sedikit, untuk menghilangkan rasa lelahnya.

  1. Membersihkan Darah Kotor

Salah satu manfaat dari kencur adalah membersihkan darah kotor. Cara membuat ramuan ini sangat mudah, yaitu cukup gunakan satu buah kencur, dua butir cengkeh kering, daun fistula cassia, dan biji adas seperlunya. Semua bahan ini kemudian direbus dalam 1 liter air. Biarkan mendidih, lalu saring dan diamkan hingga dingin sebelum dikonsumsi. Ramuan ini dapat diminum dua kali sehari untuk hasil yang lebih baik.

Baca Juga: Spa Tradisional Unik dari Berbagai Pelosok Nusantara

Itulah beberapa manfaat dari kencur. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal tanaman tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter bisa dilakukan dengan mudah melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa beli obat di Halodoc. Praktis tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan diantarkan sampai tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!