Kencur bisa Mengobati Batuk pada Bayi, Benarkah?

mengobati batuk

Halodoc, Jakarta - Kencur merupakan tanaman yang berkhasiat bagi kesehatan yang masih satu keluarga dengan jahe. Orang awam mungkin akan keliru membedakan keduanya, karena bentuknya yang hampir sama. Meski bentuknya sama, kencur dan jahe mempunyai manfaat yang berbeda. Salah satunya adalah mengobati batuk pada bayi. 

Baca juga: Penambah Nafsu Makan Anak, Inilah 5 Manfaat Kencur

Kencur bisa Mengobati Batuk pada Bayi, Benarkah?

Kencur dapat dijadikan obat batuk alami untuk bayi pada bayi yang berusia di atas enam bulan. Jika ingin memberikan obat herbal yang satu ini, ada baiknya diskusikan terlebih dulu dengan dokter. Pasalnya, pada bayi yang baru berusia 0-6 bulan masih harus mengonsumsi ASI eksklusif.

Perasan air kencur ini berkhasiat dalam meredakan batuk pada bayi. Selain meredakan batuk, kencur dapat mengeluarkan dahak pada bayi saat batuk. Batuk sendiri akan menyebabkan bayi sesak napas, serta merasa tidak nyaman pada tenggorokan. Untuk hasil yang maksimal, ibu dapat memberikan ekstrak atau perasan kencur secara rutin guna meredakan batuk pada bayi.

Selain dapat meredakan batuk secara alami, khasiat kencur lainnya bagi kesehatan bayi, antara lain:

  • Mencegah Bayi Rewel Akibat Kelelahan

Bayi menjadi sering rewel dan menangis karena kelelahan. Akibatnya, bayi menjadi pendiam dan kurang aktif. Jika sudah begini, ibu bisa mengatasinya dengan memberikan air perasan kencur yang ditambahkan ke dalam makanan atau susu bayi guna mengembalikan stamina Si Kecil, agar Si Kecil kembali bersemangat.

  • Meningkatkan Nafsu Makan

Memberikan air perasan kencur juga dapat meningkatkan nafsu makan Si Kecil. Menurunnya nafsu makan Si Kecil akan berakibat Si Kecil menjadi malas makan dan minum, akhirnya anak menjadi lemas dan kurang aktif. Ibu bisa mencampur air perasan kencur dengan sedikit air perasan kunyit ke dalam susu atau makanannya guna menambah nafsu makan anak.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Memberikan sedikit perasan air kencur ke dalam susu atau makanan mampu meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Bahkan, dengan pemberian bahan-bahan alami ini secara teratur dapat menghindarkan Si Kecil dari serangan bakteri, virus, jamur atau parasit. Dengan begitu, bayi dapat aktif dan sehat tanpa adanya serangan penyakit.

Baca juga: Menambah Nafsu Makan, Cari Tahu 6 Manfaat Kencur untuk Kesehatan

  • Menghangatkan Tubuh

Kencur mengandung minyak atsiri yang sangat bermanfaat bagi bayi. Minyak ini dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh bayi. Bayi sangat rentan mengalami penurunan suhu, dan hal ini bisa saja membahayakan Si Kecil. Untuk menghangatkan tubuh Si Kecil, ibu dapat menumbuk kencur sampai halus, kemudian peras air dan balurkan perasan air pada tubuh bayi secara merata. Dengan begitu, bayi akan selalu hangat dan akan merasa nyaman, sehingga terhindar dari rewel. 

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu khasiat kencur adalah mampu menjaga kulit bayi agar tetap halus dan tampak bersih. Selama mengkonsumsi kencur, bayi juga tidak mudah terserang penyakit kulit. Bayi umumnya akan rentan mengalami pengelupasan kulit, dan ruam pada kulit, terutama pada daerah pipi. Dengan pemberian air perasan kencur, hal tersebut dapat dicegah. Dengan pemberian secara rutin, ekstrak kencur mampu menjaga kesehatan kulit bayi.

Baca juga: Berbagai Jamu yang Baik untuk Wanita

Penggunaan bahan alami seperti kencur memang baik untuk kesehatan. Namun, ada baiknya sebelum memberikan Si Kecil obat alami ini, diskusikan terlebih dahulu dengan dokter guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, jika sudah melakukan pengobatan secara alami menggunakan kencur, tetapi batuk pada Si Kecil tidak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter, ya! Jangan menunggu sampai gejala bertambah parah. Dalam hal ini, ibu bisa berdiskusi langsung dengan membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan melalui Halodoc. Yuk,  download aplikasinya segera!