• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh pada Ibu Hamil

Begini Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh pada Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Begini Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh pada Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta - Sakit saat hamil pasti menjadi hal yang sangat tidak menyenangkan. Pasalnya, sakit saat hamil membuat ibu memiliki kekhawatiran tambahan tentang kesehatan bayi. Selain itu, sistem kekebalan tubuh ibu selama hamil pun secara alami berkurang untuk mengakomodasi bayi yang sedang tumbuh.

Untungnya, kebanyakan bayi tidak akan terpengaruh jika ibunya terkena infeksi selama kehamilan. Meski begitu, tetap ada saja beberapa infeksi yang dapat ditularkan ke bayi melalui plasenta atau selama proses persalinan kelak. Sayangnya, ibu juga tidak bisa menghindari semua sumber infeksi saat hamil. Cara terbaik untuk melindungi diri selama kehamilan adalah dengan menghindari orang yang mengidap infeksi, mencuci tangan secara teratur, dan berhati-hati dengan apa yang ibu makan.

Ada juga beberapa gaya hidup sehat yang bisa ibu lakukan sebagai langkah meningkatkan imunitas tubuh selama hamil. Berikut adalah beberapa hal yang bisa ibu lakukan: 

Baca juga: 5 Hal Ini Menunjukan Tanda Kehamilan yang Sehat 

Tetap Berolahraga

Selama dokter atau bidan mengatakan bahwa ibu aman untuk berolahraga selama kehamilan, ibu harus mencoba melakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit setiap hari. Para ahli yakin bahwa olahraga akan membantu meningkatkan kekebalan dengan beberapa cara berbeda. Pertama, kenaikan suhu tubuh untuk sementara dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri. Kedua, antibodi dan sel darah putih akan dilepaskan lebih cepat ke aliran darah saat ibu berolahraga, yang memungkinkan tubuh mendeteksi penyakit lebih awal. Selain itu, olahraga adalah pereda stres alami, yang mengurangi kemungkinan ibu terkena penyakit.

Namun, berolahraga sampai kehabisan napas tidak disarankan, coba lakukan olahraga ringan hingga sedang, setidaknya ibu masih bicara mengobrol selama olahraga. Dengarkan tubuh sendiri dan sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, jika ibu terbiasa berjalan kaki hingga satu jam sebelum hamil, sebaiknya kurangi hingga 30-45 menit pada tahap akhir kehamilan.

Minum Banyak Air

Pastikan ibu tetap terhidrasi dengan baik untuk membantu tubuh berfungsi dengan optimal dan sebagai langkah meningkatkan imunitas tubuh. Usahakan untuk minum sekitar delapan gelas air sehari dan ini akan membantu tubuh mengeluarkan racun dan melawan dehidrasi.

Baca juga: Waspada, Ini Kelainan dalam Kehamilan

Banyak Tidur

Kurang tidur dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan membuat ibu semakin berisiko terserang penyakit. Usahakan tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi untuk membantu mengatur pola tidur.

Kehamilan dapat memengaruhi tidur, dari bangun beberapa kali dalam semalam, seperti bikin ibu harus bolak-balik ke toilet atau karena ibu terus berusaha menemukan posisi tidur yang nyaman. Untuk mengatasinya, gunakan bantal badan untuk membantu ibu memosisikan diri dengan nyaman di tempat tidur. Ibu juga perlu biasakan diri untuk buang air kecil sebelum tidur. 

Jaga Kebersihan

Pastikan untuk sering mencuci tangan dan hindari kontak langsung dengan siapa pun yang sedang sakit. Penyakit selama kehamilan biasanya tidak memengaruhi bayi, tetapi bisa serius dan menyebabkan komplikasi seperti persalinan prematur. Jika ibu tidak enak badan atau mengalami gejala pilek atau flu, segera hubungi dokter. 

Makan Makanan Sehat dengan Baik

Selama kehamilan, sebetulnya makan untuk dua orang tidak diperlukan. Kebutuhan energi hanya akan meningkat pada trimester kedua dan ketiga karena bayi akan berkembang pesat. Ibu mungkin perlu makan sedikit lebih banyak, seperti segelas susu ekstra dan sepotong roti sudah cukup.

Ibu juga bisa mendapatkan kalori ekstra dari makanan sehat seperti biji-bijian, buah-buahan dan sayuran, daging dan kacang-kacangan, dan produk susu. Jangan pernah melewatkan sarapan dan mencoba ngemil makanan sehat. Makan banyak buah dan sayuran akan memastikan ibu dan bayi mendapatkan nutrisi yang beragam dan pastinya meningkatkan imunitas tubuh.

Baca juga: Tips Berhubungan Intim Sesuai Trimester Kehamilan 

Konsumsi Vitamin Kehamilan

Selama hamil, ibu akan sangat membutuhkan asam folat, kalsium, dan zat besi tambahan. Cara terbaik mendapatkannya adalah melalui makanan sehat. Namun, ibu juga mungkin harus mengonsumsi vitamin atau suplemen prenatal yang disarankan oleh dokter. Beberapa wanita hamil mungkin memerlukan suplemen untuk mengatasi kekurangan vitamin, seperti zat besi atau B12. 

Tidak perlu khawatir, kini ibu juga bisa beli obat atau vitamin kehamilan di Halodoc. Ada banyak pilihan suplemen kehamilan yang bisa ibu pilih, dan pastinya akan langsung segera dikirimkan kurang dari satu jam! Praktis bukan? Yuk, manfaatkan semua fitur yang memudahkan kamu dalam menjaga kesehatan selama kehamilan hanya di Halodoc

Referensi:
Everymum. Diakses pada 2020. How To Strengthen Your Immunity In Pregnancy.
The Peggy V. Helmerich Women's Health Center. Diakses pada 2020. Pregnant? Boost Immune System During Winter Months.