Begini Cara Tepat Memilih Obat untuk Radang Tenggorokan

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 Juni 2021
Begini Cara Tepat Memilih Obat untuk Radang TenggorokanBegini Cara Tepat Memilih Obat untuk Radang Tenggorokan

“Radang tenggorokan jelas akan membuat kamu merasakan gejala yang sangat tidak nyaman, dan kondisi ini bisa dialami siapa saja, anak-anak maupun orang dewasa. Penyebab radang tenggorokan bisa karena bakteri atau virus, sehingga pengobatan yang tepat perlu disesuaikan. Di samping itu, pengobatan rumahan juga perlu dipertimbangkan karena mereka juga ampuh meringankan dan mengurangi gejala.”

Halodoc, Jakarta – Kamu pasti pernah sesekali mengalami radang tenggorokan dan gejalanya pasti sangat membuatmu tidak nyaman. Sensasi gatal dan rasa terbakar bukanlah hal yang menyenangkan, apalagi jika disertai gejala pilek yang membuat kondisi menjadi lebih tidak nyaman. 

Saat radang tenggorokan terjadi, obat yang dijual bebas sering kali merupakan langkah mudah untuk mengatasinya dalam waktu singkat. Namun, memilih obat terbaik itu sulit karena sering kali sakit tenggorokan disertai dengan gejala lain, seperti demam atau kesulitan menelan.

Baca juga: Cara Tepat Memilih Obat Radang Tenggorokan Berdasarkan Penyebabnya

Obat Tepat untuk Radang Tenggorokan

Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya berlangsung selama lima hingga tujuh hari dan biasanya tidak memerlukan perawatan medis. Antibiotik juga tidak membantu mengobati infeksi virus. Untuk meredakan nyeri dan demam, banyak orang beralih ke acetaminophen atau pereda nyeri ringan lainnya.

Jika radang tenggorokan dialami oleh anak, pertimbangkan juga untuk memberi anak obat pereda nyeri yang dijual bebas yang dirancang untuk bayi atau anak-anak, seperti acetaminophen atau ibuprofen untuk meredakan gejala.

Namun ingat, jangan pernah memberikan aspirin kepada anak-anak atau remaja karena mereka telah dikaitkan dengan sindrom Reye, yakni suatu kondisi langka tetapi berpotensi mengancam jiwa yang menyebabkan pembengkakan di hati dan otak.

Jika sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter biasanya juga akan meresepkan antibiotik. Kamu harus minum antibiotik sepenuhnya sesuai resep bahkan jika gejalanya sudah hilang. Tidak patuh untuk mengikuti dosis yang diberikan dapat mengakibatkan infeksi memburuk atau menyebar ke bagian lain dari tubuh. Selain itu, tidak menyelesaikan antibiotik sepenuhnya untuk mengobati radang tenggorokan juga dapat meningkatkan risiko demam rematik atau radang ginjal serius pada anak.

Jika kamu sudah mendapatkan resep obat dari dokter, kini kamu bisa dengan mudah tebus obat di Halodoc. Apalagi dengan layanan antar, kamu bisa dapatkan obat tanpa keluar rumah dan pesananmu akan tiba di tempatmu kurang dari satu jam!

Baca juga: Kapan Sebaiknya Sakit Tenggorokan Diperiksakan ke Dokter?

Pengobatan Rumahan Atasi Sakit Tenggorokan 

Terlepas dari penyebab sakit tenggorokan, ada beberapa strategi perawatan di rumah yang dapat membantu meringankan gejala. Caranya antara lain: 

  • Beristirahat. Perbanyak tidur dan istirahatkan suaramu juga. Kamu juga harus tetap di rumah sampai tidak lagi sakit. Ini dapat membantu melindungi orang lain dari penularan flu atau virus lainnya. 
  • Minum Cairan. Cairan menjaga tenggorokan tetap lembab dan mencegah dehidrasi. Hindari kafein dan alkohol, yang dapat membuat tubuh dehidrasi.
  • Makanan atau Minuman Sesuatu yang Menenangkan. Cairan hangat seperti kaldu, teh bebas kafein atau air hangat dengan madu adalah makanan yang cocok. Selain itu, es loli juga dapat meredakan sakit tenggorokan. 
  • Kumur Air Garam. Berkumurlah dengan air garam, dengan komposisi 1/4 hingga 1/2 sendok teh (1.250 hingga 2.500 miligram) garam meja hingga 4 hingga 8 ons (120 hingga 240 mililiter) air hangat untuk meredakan sakit tenggorokan. Anak-anak yang lebih tua dari 6 tahun dan orang dewasa dapat berkumur dengan larutan tersebut dan kemudian meludahkannya.
  • Melembabkan Udara. Gunakan pelembap udara dingin untuk menghilangkan udara kering yang dapat semakin mengiritasi sakit tenggorokan, pastikan untuk membersihkan pelembap secara teratur agar tidak menumbuhkan jamur atau bakteri. Atau duduk selama beberapa menit di kamar mandi beruap.
  • Pertimbangkan Pelega Tenggorokan. Permen ini dapat meredakan sakit tenggorokan, tetapi jangan berikan kepada anak-anak berusia 4 tahun ke bawah karena berisiko tersedak.
  • Hindari Iritasi. Jauhkan rumah dari asap rokok dan produk pembersih yang dapat mengiritasi tenggorokan.

Baca juga: Ketahui 6 Penyebab Umum Terjadinya Radang Tenggorokan

Jika cara di atas masih belum pauh atasi radang tenggorokan, sudah saatnya kamu untuk segera menghubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Help for Sore Throats.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Sore Throats.
Very Well Family. Diakses pada 2021. The 9 Best Sore Throat Medicines of 2021.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan